Pengen Kenal Klaten? Kunjungi Event di Tahun 2015 Ini

Dikategorikan dalam #LBI2015, Event, Kota

Jika Anda menanyakan dari mana asal saya, maka akan saya jawab dengan tegas dan penuh percaya diri, KLATEN. Ya, Klaten memang tanah kelahiran saya. Kabupaten yang memiliki luas 665 kmΒ² ini telah melekat di nurani saya dan saya pun tak kuasa tuk meninggalkannya.

Jika Anda belum mengetahui Klaten, saya rasa Anda kurang piknik. Secara beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Klaten sempat menjadi trending topik di beberapa kalangan pecinta air, khususnya yang demen snorkeling.

Karena ada sebuah umbul yang saat ini telah dikunjungi ribuan wisatawan lokal maupun luar daerah hanya untuk menikmati sensasi snorkeling di Umbul Ponggok bersama ikan-ikan lucu yang berenang menemani para wisatawan.

Umbul%2BPonggok
Credit Foto : Sunaryo Haryo Bayu / Berenang Bersama Ikan / Umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten / 30/01/2014

Kabupaten Klaten itu letaknya timur Jogja. Kalau Anda dari Jogja mau ke Solo pasti akan melewati Kabupaten Klaten. Kabupaten yang masih memiliki hamparan persawahan yang luas, apalagi di daerah Delanggu yang terkenal dengan produksi beras Delanggunya.

Nah, di tahun 2015 ini Kab. Klaten memiliki beberapa event baik event rutin maupun event yang sengaja diagendakan khusus pada tahun ini. Dari hasil penelurusan saya melalui beberapa pihak terkait, ternyata saya kurang mendapatkan detail event yang akan ada pada tahun 2015 ini. Namun jangan khawatir, saya berhasil mendapatkan beberapa informasi event Klaten yang rencanakan akan digelar pada tahun ini.

Agustus 2015

Berdasarkan hasil Rapat RAPBD Klaten dengan Dinas Pariwisata, di bulan Agustus 2015 akan diadakan Event Klaten Lurik Carnival. Event ini sebenarnya sudah diagendakan tahun-tahun sebelumnya, namun belum terealisasi. Akhirnya di Tahun 2015 ini, Event Klaten Lurik Carnival bisa diagendakan. Event ini akan mempromosikan produk lokal yaitu Tenun Lurik. Selain itu juga akan ada Lomba Lari Jombor 10K

November 2015

Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, khususnya setiap Bulan Sapar. Yaitu Event Tradisi Budaya Upacara Sebaran Apem Yaqowiyu (Saparan), yang diselenggarakan di Jatinom tepatnya di menara selatan masjid yang berlokasi di kompleks pemakaman Ki Ageng Gribig.

Upacara%2BYaqowiyu%2BJatinom
Credit Foto : Chusna Rofiqoh / Klampeyan (Kompleks Makam Ki Ageng Gribik), Jatinom / 19/10/2014

Makam%2BKi%2BAgeng%2BGribig
Fotografer: M Faisal El Anshori / JANGAN SALAH NIAT / Makam Kyahi Ageng Gribig, Jatinom / 30 Oktober 2014

Nah, dikarenakan sampai tulisan ini dibuat saya masih kesulitan mencari sumber informasi detail event yang akan terlaksana di Kabupaten Klaten pada Tahun 2015 ini. Maka status tulisan ini akan selalu diperbaharui jika sudah mendapatkan detail informasi Event lengkapnya, baik waktu maupun lokasi.

Sehingga para penikmat wisata yang ingin mengenal Kabupaten Klaten bisa mempersiapkan waktunya untuk bertandang ke Kota kelahiran saya ini. Dan jangan lupa calling-calling kalau ke Klaten.

Baca Artikel Lainnya :

17 komentar

  1. Kabupaten Klaten memiliki bawah laut yang oke punya, Maju terus pariwista klaten πŸ™‚

  2. wah ada agenda Klaten bikin mudah berwisata nih! Apakah saya bisa kesana yak nanti? menarik!
    oh iya masukan : Kabupaten Klaten itu letaknya timur Jogja
    harusnya Kabupaten Klaten itu letaknya di timur Yogjakarta

    salam
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com
    @guru5seni8

  3. bukan bawah laut sih mas πŸ˜€ soalnya nggak ada laut di sini. Itu semacam Umbul atau mata air

  4. Ki Ageng Gribig itu cucu Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Nah, asal mula Upacara Yaa Qawiyyu gini. Dulu kan Ki Ageng Gribig sepulang dari tanah suci (naik haji) pulang bawa oleh-oleh berupa kue. Nah, waktu itu yang minta banyak namun kuenya tidak mencukupi. Lantas istri dari Ki Ageng Gribig disuruh buatkan kue apem lalu dibagikan ke masyarakat. Nah sampai sekarang tradisi tersebut masih.

  5. Mas adi, kapan-kapan ajak saya gih ke Umbul, plus ajari saya diving, terus foto-foto di dalam air, udah gitu sharing ilmu blog bareng, ditraktir juga, dianter pulang. Bisa? πŸ˜€

    @IfanAndriP #LBI2015

  6. kalau mau ke umbul.e tak anter, tapi aku nggak mau ngajari, lha wong aku orange anti air alias ora iso renang hahaha.

  7. Wah, klaten ternyata ada wisata snorkeling juga, aku kok baru tahu ya? (Efek jarang baca) . Kalau upacara di makam Nyi Ageng Gribig itu orang dari luar daerah situ boleh ikut nggak Di?

  8. Iya, tapi ini buka laut ya kak πŸ˜€ ini cuma umbul ataau mata air, namanya umbul ponggok. Jadi ini air tawar πŸ˜€

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.