Ngeblog? Jangan Hanya Fokus Pada Tulisan

Artikel kali ini saya khususkan untuk teman-teman blogger yang rutin mengupdate blognya dengan tulisan-tulisan berharga miliknya.

Banyak hal yang melatarbelakangi seorang blogger mampu menciptakan konten artikel yang sangat kreatif. Entah itu dari ide lingkungan sekitar ataupun pengalaman pribadi.

Sayangnya, saya masih menjumpai blogger-blogger yang kurang memperhatikan struktur tampilan websitenya. Khususnya dalam struktur layout artikel utama.

Pentingnya Mengatur Layout Artikel

Menurut saya ini sangat penting. Mengatur layout konten artikel perlu diperhatikan secara khusus mengingat ini berhubungan dengan pembaca artikel di blog kita. Mudahnya begini, kita tidak tahu siapa saja yang menjadi reader blog kita dan bagaimana kondisi penglihatannya.

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik blog hendaknya mengatur layout blog khususnya layout konten artikel agar artikel kreatif kita tidak hanya berbobot dari segi isi, namun juga menimbulkan kenyamanan serta kemudahan ketika artikel di baca oleh pengunjung blog kita.

Saya sendiri terkadang malas membaca artikel dari sebuah blog dikarenakan layout artikelnya kurang nyaman di mata, padahal saya sudah tertarik dengan judul artikelnya. Lantas saya pun kerap menutup halaman tersebut dan tak jadi membacanya. 😀 I’m Sorry…!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang blogger dalam menata layout konten artikel-nya, diantaranya :

1. Jenis Font

Pilihlah jenis font yang mudah untuk dibaca. Kalau saya suka menggunakan font Verdana dan juga Georgia.

2. Ukuran Font

Penting untuk mengatur ukuran font. Ukuran font ini tentu harus diselaraskan dengan jenis font. Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Kalau saya di blog ini menggunakan ukuran font 13px.

3. Spacing

Space antar baris juga perlu diperhatikan. Jika terlalu rapat maka membuat mata menjadi jenuh membacanya. Kasihankan mata pembaca blog kita. Spacing ini bisa diatur melalui CSS dengan line-height.

4. Panjang Paragraf

Hendaknya dalam satu paragraf jangan terlalu banyak kalimat. Usahakan dalam satu paragraf 2-3 kalimat. Jika ingin lebih juga tidak apa namun jangan semua paragraf. Intinya kasih jeda bagi mata pembaca untuk istirahat.

5. Warna Font

Warna font harus diselaraskan dengan background layout konten artikel Anda. Jangan sampai font terlihat kontras dan justru pembaca akan kesulitan membaca artikel kreatif Anda. Selain itu juga beri format bold atau italic terhadap kata yang penting atau butuh penekanan. Sehingga ini juga membuat pembaca merasa nyaman ketika membaca.

6. Posisi Gambar

Penyisipan gambar pada sebuah artikel itu perlu. Karena pembaca lebih menyukai tulisan dengan gambar. Namun, penggunaan gambar di sini haruslah dalam posisi yang tepat. Ukuran tampilan gambar serta letak jangan sampai mengganggu pandangan pembaca. Kalau saya lebih menyukai gambar dengan ukuran full lebar layout artikel. Sehingga orang lebih nyaman melihat gambarnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para blogger dalam menyajikan artikel kreatif miliknya. Jika Anda teman-teman blogger yang memiliki masukkan lain, silahkan sharing melalui kolom komentar.

Yang perlu digaris bawahi adalah artikel kita tidak hanya dibaca oleh kita. Namun akan dibaca oleh orang-orang dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda. Lebih baik berikan tempat yang nyaman agar pembaca betah berada di blog kita.

Terima kasih. Mari Belajar. Ditunggu masukkannya.

Baca juga:



2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *