Merawat Ikan Air Tawar Dengan Garam Ikan

VIRMANSYAH.info – Jika teman-teman saat ini ada yang memelihara ikan hias air tawar, tentu perlu adanya perawatan dan pemeliharaan yang rutin agar si ikan tidak terkena penyakit. Karena jika perawatan tidak diperhatikan dengan betul, maka ikan hias akan sangat berpotensi terkena berbagai penyakit yang dapat membuat ikan hias mati. Tidak ingin kan tentunya?

(baca juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar)

Ada dua macam orang mengapa memilihara ikan hias, yang pertama karena memang orang tersebut suka dengan ikan dan yang kedua hanya ingin menghiasi ruangan dengan ikan hias. Nah, biasanya yang kedua ini adalah orang kurang memiliki pengetahuan tentang ikan dan cara merawatnya. Oleh karena itu, artikel berikut ini ingin sedikit membantu bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan ikan hias air tawar peliharaan Anda.

Ikan Hias Air Tawar
Ikan Hias Air Tawar / anekaaquarium.blogspot.com

Garam Ikan

Salah satu cara merawat ikan hias air tawar adalah dengan Garam Ikan. Garam ikan ini sebenarnya seperti garam pada umumnya yang ada di dapur. Dari segi bentuk fisik dan warna sama. Namun, yang membedakan antara garam ikan ini dengan garam dapur adalah kandungannya. Ya, Garam ikan ini murni memiliki kandungan NaCI saja dan tidak ada kandungan lain. Jika Garam Dapur sudah tercampur dengan berbagai kandungan seperti Iodium dan lainnya.

Karena yang berguna adalah Garam yang memiliki kandungan NaCI saja, sebenarnya masih ada sedikit pro kontra seputar garam dengan kandungan iodium yang juga tidak masalah digunakan untuk ikan. Namun, untuk menjaga keamanan dan cari jalan pastinya saja maka disarankan memakai garam yang hanya memiliki kandungan NaCI saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada ikan.

Manfaat Pemberian Garam Pada Ikan

Pemberian garam pada ikan air tawar sangatlah membantu dalam menjaga kondisi tubuh ikan. Namun perlu diperhatikan juga bahwa pemberian garam dalam air ini tidak boleh lebih besar dosisnya daripada kadar garam darah pada ikan. Karena dapat membuat ikan menjadi dehidrasi dan akan mati.

Garam ini sebagai sebagai penyeimbang proses osmoregulasi pada ikan dan menjaga daya tahan tubuh ikan ketika si ikan sedang terjangkit penyakit. Sehingga dengan pemberian garam pada air, akan membantu proses penyembuhan.

Selain itu pemberian garam ini juga akan membunuh parasit-parasit dan juga jamur maupun bakteri yang dapat membuat penyakit pada ikan.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *