Jokowi Akhirnya Umumkan Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

BBM naik
Ilustrasi POM Bensin / bisniskeuangan.kompas.com

VIRMANSYAH.info – Setelah beberapa minggu sempat bimbang akan kepastikan harga BBM Bersubsidi, akhirnya malam ini (17/11), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikan harga BBM Bersubsidi.

“Harga BBM baru yang akan berlaku pukul 00.00 WIB terhitung sejak tanggal 18 November 2014,” kata Jokowi di Istana Negara,sebagaimana dilansir detikNews, Senin (17/11).

BBM yang diresmikan naik adalah jenis Premium dan Solar. Untuk premium dari yang semula Rp 6.500/liter sekarang naik Rp 2.000,- menjadi Rp 8.500/liter, sedangkan untuk solar dari yang awalnya Rp 5.500/liter menjadi Rp 7.500/liter.

Kenaikan harga BBM ini tentunya membuat sejumlah kalangan masyarakat timbul pro kontra dalam menanggapi keputusan pemerintah ini. Ada yang khawatir jika nanti berdampak pada kenaikan barang-barang lain untuk kebutuhan sehari-hari, ada juga yang menerima dengan pasrah atas keputusan pemerintah ini.

Saya sendiri sebagai masyarakat yang setiap harinya juga menggunakan BBM Premium Bersubsidi sangat mendukung dengan segala keputusan pemerintah. Ya mau bagaimana lagi, kalau saya demo minta turun ya percuma.

Justru dengan kenaikan harga BBM ini, saya menjadi termotivasi untuk berkarya dengan sebaik mungkin agar mendapatkan penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah meningkatnya harga bahan-bahan pokok nantinya dan juga harga BBM tentunya.

Namun, salah satu teman saya justru mengajak teman lainnya untuk beralih ke sepeda. “piye, wis mundak? ayo do nggowes”, ujar Ardhi Wijayanto di akun Facebook nya.

Kita pun dapat mengambil sisi positifnya, tidak perlu kita manja akan apa yang akan Pemerintah berikan dengan menaikkan harga BBM ini, tetapi kita justru harus bisa lebih bekerja keras. Saya rasa masyarakat Indonesia saat ini tengah menurun etos kerjanya. Masyarakat masih banyak yang malas dan membuang waktunya dengan sia-sia. Berbeda dengan masyarakat Negara Jepang yang sangat disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi. Dan apa yang hasilnya? Negara Jepang pun menjadi negara yang maju.

Mari kita sikapi kenaikan harga BBM ini dengan intropeksi ke dalam diri kita masing-masing agar lebih giat bekerja dan mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Saya yakin, jika setiap masyarakat Indonesia ini memiliki etos kerja yang disiplin dan pantang menyerah, pasti Indonesia akan cepat maju seperti yang kita impikan selama ini. Jadi, negara yang maju itu bukan hanya pemerinta saja yang kerjanya bagus, tetapi negara yang maju itu adalah cerminan dari masyarakat negara tersebut.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *