Hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Wanita Hamil

Adalah sebuah kebahagiaan bagi pasangan suami istri apabila mendapatkan kehamilan. Tentu itu adalah anugerah yang luar biasa dari Tuhan, sehingga dalam mempersiapkan dan menjalani kehamilan pun seorang wanita sangat teliti betul demi calon buah hatinya nanti.

Masa-masa kehamilan adalah masa yang paling merepotkan tetapi membahagiakan. Selain menunggu dari bulan ke bulan untuk dapat melihat calon buah hatinya, terkadang dalam proses kehamilan juga sangat menguras tenaga bagi seorang wanita.

Bagi seorang wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan pasti akan merasa berat dalam menjalaninya. Ya, itu wajar karena memang perlu perhatian khusus agar mampu menjalani dengan lancar.

wanita hamil

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi wanita yang sedang hamil.

Atur Pola Makan

Pola makan bagi wanita hamil harus diperhatikan betul, agar perkembangan bayi di dalam rahim juga dapat berkembang dengan baik karena mendapat asuman gizi yang diperoleh dari sang ibu. Hindari juga makanan-makanan instan seperti makanan kaleng. Lebih baik mengkonsumsi sayuran-sayuran segar dan makanan yang memang memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Jangan Memakai Sepatu Ber-Hak Tinggi

Sepatu dengan Hak Tinggi memang membuat kelihatan tinggi, namun bagi wanita hamil memakai sepatu dengan hak tinggi akan membuat otot-otot daerah pinggang menjadi meregang. Sehingga ini akan berdampak pada rasa sakit yang dirasakan sekitar daerah pinggang. Lebih baik memakai sandal atau sepatu yang memiliki dasar yang datar.

Jangan Lewat Jalan Rusak

Apabila sedang berpergian baik menggunakan sepeda motor atau mobil lebih baik mencari jalan yang normal dan tidak rusak. Jalanan yang rusak atau berlubang akan membuat guncangan pada sehingga dapat menyebabkan kontraksi otot bagian punggung dan pinggang.

Hindari Minum Obat-Obatan

Minum obat-obatan yang dimaksud adalah obat-obatan yang tidak memiliki resep dari dokter. Hal ini dikhawatirkan adalah berpengaruh pada janin. Jika merasakan sakit apapun saat kehamilan, lebih baik dikonsultasikan kepada dokter kandungan, sehingga mendapatkan obat yang sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan aman untuk kandungan.

Jangan Cepat Emosi

Sering kali wanita hamil cepat emosi. Sebaiknya hindari dan jangan mudah emosi. Marah-marah ketika hamil akan membuat depresi dan itu tidak baik bagi bayi, karena dapat berpengaruh pada pertumbuhan psikis janin.

Masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil agar dapat menjalani kehamilannya dengan lancar dan aman.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *