Selfie Foto, Kurang Bantuan atau Kurang Perhatian ?

VIRMANSYAH.info – Salah satu aktifitas yang disukai orang dengan gadgetnya adalah melakukan foto-foto dari objek yang menurutnya patut untuk dijepret.

Tak heran jika di memori ponsel pasti banyak file-file foto hasil jepretan dari kamera ponsel. Ya, inilah salah satu kemudahan adanya gadget, kita tak perlu lagi memiliki sebuah kamera pocket atau pun DSLR mewah untuk mengabadikan sebuah moment.

Selfie Foto Mulai Ngetrend

Selfie ini merupakan aktifitas mengambil foto diri sendiri dengan tangan sendiri. Sebenarnya gaya foto yang satu ini sudah berlangsung sejak lama, bahkan sejak penulis masih duduk di bangku SMA, karena memang dulu juga sering foto Selfie. Tapi dulu foto seperti itu biasa-biasa saja dan wajar tak ada komentar apapun.

Namun karena faktor media, saat ini gaya foto ‘selfie‘ menjadi trending topic yang sedang in dibicarakan diberbagai media. Seperti kasus beberapa waktu lalu, yang orang nomor satu di Amerika, Barrack Obama juga melalui ‘selfie foto’ saat upacara pemakaman Mandela. Waktu itu Obama tertangkap kamera melakukan foto ‘selfie’ bersama PM Inggris (David Cameron) dan PM Denmark (Helle Thorning-Schmidt)

Foto Selfie Obama
Presiden AS Barack Obama mengambil foto diri sendiri (selfi) dengan PM Inggris, David Cameron, dan PM Denmark, Helle Thorning-Schmidt saat upacara mengenang Nelson Mandela di Afrika Selatan, Selasa (10/12). / Foto by ROBERTO SCHMIDT/AFP

Melihat adanya fenomena ‘selfie foto‘ ini, mari kita tinjau lebih jauh, sebenarnya orang-orang melakukan selfie ini untuk maksud apa, dan apakah memang kurang bantuan tenaga untuk menjepret atau untuk mencari perhatian?

Foto Selfie
Foto by fimela.com

Apapun latar belakang alasan ‘selfie‘ , semua itu hanyalah salah satu bentuk ekspresi dari diri manusia untuk berusaha menghargai dirinya sendiri. Entah apapun dan bagaimana pun pose selfie nya itu termasuk seni berfoto. Kita tidak bisa menyalahkan maupun mengatakan itu ‘jelek‘, karena itu memang hal yang keluar dari diri manusia (ekspresi jiwa) yang dituangkan dalam bentuk mimik wajah yang beraneka ragam.

Bahkan, kita pun sebagai orang yang melihatnya, terkadang merasa aneh jijik kurang nyaman apabila melihat seseorang upload foto ‘selfie‘. Tapi itulah yang namanya ekspresi jiwa, mungkin kita sebagai orang yang melihat merasa risih, tetapi bagi orang yang melakukan selfie itu sendiri akan muncul kepuasan dari dalam diri.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *