Upacara Adat Yaqowiyu di Jatinom Klaten

Upacara Adat Yaqowiyu di Jatinom Klaten | Yaqowiyu merupakan salah satu upacara adat yang ditunggu-tunggu masyarakat Klaten, Jawa Tengah. Upacara Adat Yaqowiyu ini diadakan di Lapangan Sendang Plampeyan di Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten.
Upacara Adat ini diselenggarakan setiap bulan Jawa pada Safar, masyarakat Klaten sering menyebutnya dengan Saparan.
Upacara Yaqowiyu merupakan upacara adat yang ditandai dengan penyebaran kue apem. Kue yang terbuat dari tepung beras dan potongan kelapa di tengahnya ini akan disebarkan dari atas menara Masjid Gedhe Jatinom. Puncak acara ini dimulai dengan Shalat Jum’at bersama di Masjid Gedhe Jatinom, setelah selesai sholat Jum’at, arak-arakan Gunungan Lanang dikenal dengan nama Ki Kiyat dan Gunungan Wadon dikenal dengan nama Nyi Kiyat yang disemayamkan semalam di dekat Masjid, diarak menuruni tangga menuju panggung di tepi sungai tepatnya di sebelah selatan Masjid Gedhe Jatinom dan makam Ki Ageng Gribig.
Arak-arakan ini diawali dengan rombongan kesenian rodat, peraga Ki Ageng Gribig, Bupati, Muspida, kedua gunungan, putri domas, dan para pengawal.
Kemudian peraga Ki Ageng Gribig memimpin doa bersama. Selanjutnya, dia menyerahkan apem yang ditempatkan dalam panjang ilang (keranjang terbuat dari janur) kepada Bupati Klaten H Haryanto.

Bupati mengawali upacara penyebaran dengan melempar apem dalam panjang ilang kepada pengunjung. Kemudian, petugas penyebar berada di dua menara segera mengikutinya dengan melemparkan ribuan apem. Secara serentak para pengunjung pun bergegas saling ingin mendapatkan apem ini.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bagi siapa yang mendapatkan apem ini akan mendapatkan kesejahteraan

Upacara Yaqowiyu dimulai sejak kembalinya Kyai Ageng Gribig dari menunaikan ibadah Haji di Tanah Suci Mekah. Yaqowiyu berasal dari bahasa Arab.

Dan pada bulan ini, Upacara Adat Yaqowiyu akan diselenggarakan pada Jum’at 28 Desember 2012 dan akan disiapkan kurang lebih 4 ton kue apem atau sekitar 240.000 apem.
Mulai hari ini Kamis, 20 Desember 2012, di Alun-alun Kelurahan Jatinom akan diadakan Pasar Malam hingga Jum’at 28 Desember 2012. Tetapi untuk tanggal 23-25 Desember 2012 tidak dibuka.
Bagi masyarakat Klaten maupun luar Klaten yang ingin menyaksikan Upacara Adat Yaqowiyu ini, silahkan merapatkan barisan 🙂

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *