Ujian Tertulis SNMPTN Sudah Resmi Dihapus

Jakarta – Bagi calon mahasiswa angkatan 2013 nanti setidaknya bisa sedikit lega karena Ujian Tulis Masuk SNMPTN sudah resmi ditiadakan, namun adanya keputusan ini juga ada komentar-komentar negatif yang menyoroti keputusan ini.
Bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memutuskan untuk menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dimulai pada tahun 2013 nanti. Dan sebagai gantinya SNMPTN akan digelar hanya melalui jalur undangan.
Ilustrasi SNMPTN 2012. (Foto: Rifa Nadia N/Okezone)
Dikutip Informasi dan Review dari Okezone Kampus, Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yang diterapkan pada SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dalam SNMPTN 2013. “Seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Kemendikbud belum berpikir untuk mengubah pola UN,” kata Akhmaloka dalam acara Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam.
Ada 61 PTN di seluruh Indonesia yang akan turut serta dalam SNMPTN 2013 ini.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menyatakan, pola seperti ini sebenarnya memberikan kemudahan bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu, implementasi kebijakan integrasi UN dengan SNMPTN secara tidak langsung memberi pengakuan dari “kakak”, dalam hal ini PTN, kepada “adik”, yakni SMA/sederajat. 
“Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas antara jenjang yang di bawah dengan di atasnya,” kata Nuh. 
Berdasarkan jadwal yang disusun panitia SNMPTN 2013 dengan Kemendikbud, seleksi akan dilakukan pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013
Bagaimana menurut Anda atas keputusan Kemendiknas mengenai penghapusan Ujian Tertulis SNMPTN ini ?
sumber : http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/373/730166/ujian-tulis-snmptn-resmi-dihapus

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *