Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Bercocok Tanam

Dikategorikan dalam Gaya Hidup

Keberadaan tanaman dan pepohonan itu sangatlah penting untuk keseimbangan ekosistem. Jika tanaman tidak ada, maka akan berdampak pada perkembangan fauna yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kita sebagai manusia pun juga akan terkena dampaknya yang justru lebih parah, seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan.

Tak ada salahnya jika mulai sekarang kita tidak perlu gengsi untuk melakukan budaya menanam. Apapun jenis tanaman itu mari kita tanam di sekitar lingkungan kita akan memberikan dampak dan manfaat yang baik untuk kehidupan di sekitar kita.

Kita bisa memulai budaya menanam mulai dari lingkungan rumah kita. Jika tidak memiliki pekarangan yang luas, bisa dilakukan di halaman depan maupun belakang rumah. Meski ukurannya kecil lakukannya, karena menanam tidak harus dengan tanaman yang besar. 🙂

Tanaman Sayur

Sayuran Dan Buah-Buahan Bisa Menjadi Pilihan

Manfaatkan secuil pekarangan atau halaman rumah dengan menanam tanaman yang memiliki manfaat. Jenis tanaman sayuran dan buah-buahan bisa dijadikan pilihan yang simple. Lagi pula menanam berbagai jenis sayuran tidaklah sulit, sayuran seperti bayam, sawi, cabai, terong, brokoli, tomat, wortel adalah jenis sayuran yang sangat mudah ditanam dan memiliki perawatan yang mudah.

Anda bisa memulai dengan membeli Bibit Tanaman lalu menanamnya di media tanam polybag.

Di rumah, ibu saya pun sudah mempraktekannya. Hanya dengan halaman ukuran 3×5 bisa ditanam berbagai sayuran dan buah. Pernah ibu saya menanam sawi, seledri, cabai, bayam, kemangi, tomat, ada juga buah naga 🙂 Media tanamnya hanya memanfaatkan polybag karena halaman sudah di cor semen.

Sebenarnya halaman kecil itu bisa dimanfaatkan lagi untuk menanam lebih banyak tanaman jika mau membuat tempat seperti ini 😀 Tapi saya belum sempat buat.

Sayuran Polybag
(c) kompasiana.com

Kalau dibuat seperti itu tentu akan lebih rapi dan hasilnya juga akan lebih banyak. Karena disusun dengan lebih rapat dan hemat ruang.

Nggak Harus Beli Sayur

Manfaatnya adalah jenis menanam berbagai sayuran, kita tidak perlu membeli sayur dan tentunya lebih hemat duit. Pas harga cabai mahal pun tidak khawatir, karena tinggal metik sendiri. Mau bikin jus tomat tinggal metik. 😀 Pokoknya serba hemat.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan kalau menanam sayuran sendiri adalah aman dari pestisida. Jangan kaget, kalau sayuran yang Anda beli sekarang itu pasti sudah terkena pestisida kimia. Si petani melakukan itu untuk menjaga tanamannya agar tidak di makan hama dan bisa tumbuh baik. Nah, kalau tanam sendiri kan sudah jaminan aman dari pestisida.

Ayo mulai manfaatkan pekarangan dan halaman rumah dengan menanam tanaman yang bermanfaat. Biar udara di rumah tambah segar dan tentunya kita akan mendapat hasil dari tanaman tersebut. 🙂

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Gaya Hidup

Baca Artikel Lainnya :

1 komentar

  1. Keren banget….. kalau di halaman depan rumahku ku kasih kolam lele dari terpal hehehe

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *