Saturday, August 04, 2012

Cara Menjadikan Samsung Galaxy Mini Sebagai Modem

Cara Menjadikan Samsung Galaxy Mini Sebagai Modem – Bagi Anda yang tidak memiliki modem untuk media koneksi internet dirumah jangan khawatir karena dengan gadget Samsung Galaxy yang Anda miliki, Anda sudah dapat berinternet via laptop atau komputer PC anda dengan bantuan Ponsel Samsung Galaxy Mini Anda sebagai modem.

Dalam contoh kali ini saya menggunakan contoh Samsung Galaxy Mini yang seperti nya memang banyak dipakai oleh penggila gadget saat ini. Tapi sebenarnya cara ini bisa digunakan untuk semua Gadget Samsung Android tetapi harus memiliki spesifikasi yang saya jelaskan nanti.

Samsung Galaxy Mini ini sudah memiliki transfer data hingga 7,2Mbps jadi jika digunakan sebagai modem tidak akan lelet tapi tentunya didaerah Anda juga sudah ada jaringan minimal 3G.

Untuk menjadikan Samsung Galaxy Mini sebagai modem ada 2 cara, yaitu :

1. Dengan WiFi Tethering
Jika Anda menggunakan pilihan ini, tentunya komputer Anda juga sudah ada WiFi Adapter nya, kalau tidak ada ya harus beli dulu kalau mau . Bagi yang belum tahu WiFi Tethering itu, WiFi Tethering itu semacam portable hotspot sehingga ponsel Anda nanti bisa digunakan sebagai router Wifi yang dapat diakses sebagai hotspot oleh komputer atau laptop bahkan hp lain yang ada fasilitas WiFi nya.

Caranya sebagai berikut :

a. Buka Ponsel Samsung Android Anda dan masuk ke Setting > Wireless and Network > Tethering and Portable Hostpot
 


b. Pilih Portable Wi-Fi hotspot


c. Ikuti panduan (lihat gambar)

 

d. Centang “Portable Wi-Fi hotspot” > OK . (Jika sudah Aktif maka akan ada icon Wi-Fi Tethering nya)


e. Untuk keamanan login ke hotspot Anda ini, silahkan pilih Configure portable Wi-Fi hotspot.


f. Beri nama Network SSID (Nama Hotspot/koneksi Anda nanti di client), Security pilih WPA2 PSK, Masukkan password minimal 8 karakter. Lalu save.

g. Jika sudah silahkan Buka laptop / komputer Anda lalu pastikan Wi-Fi dalam keadaaan ON.

h. Cek Wi-Fi yang nyantol, dan pastikan nama Portable hotspot Anda tadi sudah terdeteksi. (lihat gambar)



i. Jika sudah terdeteksi tinggal Connect dan selesai. Silahkan berinternet.



2. USB Tethering
USB Tethering ini tentu dengan menggunakan Kabel USB. Anda harus install dulu Driver nya (Samsung Kies). Download di sini dulu.
Jika sudah diinstall selesai selanjutnya silahkan ikuti langkah berikut :
a. Tancapkan dulu Kabel USB Anda ke komputer dan ponsel Anda.
b. Jika sudah terdeteksi kabel USB Anda, silahkan masuk sama seperti pada Wi-Fi Tethering, masuk ke Setting > Wireless Anda Network > Tethering and Portable Hostpot
c. Pilih USB Tethering, tunggu sampai terkoneksi.


d. Jika sudah silahkan langsung berinternet di laptop atau PC Anda.
e. Jika Anda menggunakan Windows XP, silahkan download tetherxp.inf di sini > http://www.android.com/drivers/tetherxp.inf atau ikuti panduannya di sini >  http://support.google.com/mobile/bin/answer.py?hl=en&answer=182134#usb


Mudah bukan cara menjadikan Samsung Galaxy Mini sebagai modem. Sekali lagi, cara ini bisa digunaka untuk segala ponsel Android yang jelas harus ada fitus portable hotspot atau USB/Wi-Fi Tethering nya. Selamat mencoba.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It
Cara Menjadikan Samsung Galaxy Mini Sebagai Modem, Informasi dan Review menyajikan sebuah informasi untuk bersama. 5 S. Adi Firmansyah Saturday, August 04, 2012Saturday, August 04, 2012 Cara Menjadikan Samsung Galaxy Mini Sebagai Modem

Artikel Terkait

4 comments:

  1. kartu ap yg murah nih tuk pkai thetering

    ReplyDelete
  2. terserah mau kartu apa :D kan banyak pilihannya nanti ndak dikira promosi saya :D

    ReplyDelete
  3. pake axis aja gan, soalnya pilihannya banyak yg murah

    ReplyDelete