Arti Vlogger & YouTuber Menurut Saya!

Sekarang ini banyak anak-anak muda yang ingin membuat vlog di YouTube. Entah memang karena untuk menuangkan passion nya atau karena ketertarikan dari ‘hasil’ yang didapatkan oleh vlogger-vlogger sukses yang berhasil meraup puluhan juta per bulan.
Ah sudahlah, biarkan itu menjadi alasan mereka sendiri…
Kalau saya sendiri hingga saat ini belum ada keinginan untuk membuat vlog. Karena memang keterbatasan skill dan waktu untuk editing, juga dikarenakan masih pengen fokus di blog dulu saja.
Oke langsung saja ke inti dari artikel ini, yakni apa itu Vlogger? apa itu YouTuber? Apakah keduanya sama?

#Apa Itu Vlogger?

vlogger
image via socialmatter.net
Menurut saya, Vlogger itu adalah orang yang membuat Video Blog. Sama halnya dengan blogger, yang merupakan orang yang memiliki & mengelola blog.

Namun untuk masalah konten, vlog lebih personal misalnya kehidupan sehari-hari atau video tanpa konsep. Dan biasanya vlog dikelola oleh personal.
Seorang yang disebut vlogger tidak ada kaitannya dengan situs berbagi video YouTube. Jadi vlogger tidak bisa dikatakan mereka yang mengunggah videonya di YouTube saja. Karena vlogger ini adalah orangnya atau creator-nya.
Vlogger bebas untuk mempublikasikan videonya di situs manapun, baik itu YouTube, Vevo, Vidio.com atau lainnya.

Baca juga yuk : 6 Persiapan Membuat Vlog (Video Blog)

#Apa Itu YouTuber?

Youtubers
image via parabuenosaires.com
Sedangkan Youtuber, menurut saya adalah vlogger / orang yang memiliki akun di YouTube. Jadi YouTuber itu bisa dikatakan pengguna aktif (creator) dan pengguna pasif (penonton/subcriber).
Konten dari YouTuber ini pun tidak terbatas dan tidak ada klasifikasi tertentu.
Jadi mereka yang mengunggah video di YouTube otomatis dinamakan YouTuber. Dan apabila kontennya lebih ke personal berarti dia masuk dalam kategori vlogger.
Nah bingung kan? 😀
Tapi itu arti vlogger dan youtuber menurut saya.
Intinya adalah vlogger itu bukan saja orang yang mengunggah video di YouTube saja. Dan YouTuber pasti ada yang membuat vlog.
Kalau menurut kamu, kira-kira bagaimana perbedaan antar keduanya? Silahkan tulis di kolom komentar…

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *