Apa Sih Untungnya Pakai Software Berbayar Yang Legal?

Hayo siapa yang di sini masih pakai software legal? Hehehe, saya ngacung dulu deh. ^^. Yeaps, buat yang punya perangkat komputer, baik itu PC (Personal Computer) atau Notebook pastinya sudah nggak asing lagi soal install menginstall software di perangkatnya. Tapi, saat ini sayangnya masih banget ya budaya menginstall software illegal. Hehehe.

Software Legal
Image via http://www.infosertec.com.ar/blog/wp-content/uploads/soft-pirata.jpg

Sebenernya kalau saya lihat, ada dua faktor yang menyebabkan seseorang menginstall software illegal.

Yang pertama, Orang tersebut memang tidak tahu kalau software yang akan digunakan di komputernya itu adalah software legal harus membeli licensinya terlebih dulu. Orang seperti ini biasanya tak paham soal installasi komputer dan hanya menyerahkannya kepada orang lain.

Yang kedua, Orang tersebut sudah tahu kalau software yang akan dipakai itu harus membeli licensi dulu, tapi ia tidak kuat membelinya dan memilih menggunakan software illegal atau bajakan.

Dari banyaknya software yang ada, biasanya yang sering di illegalkan itu sistem operasi, khususnya Sistem Operasi dari Microsoft Windows. Bahkan, memang bagi orang awam, tidak tahu menahu kalau OS ini sebenarnya berbayar.

Okelah, saya tidak akan membahas lebih jauh mengapa orang memilih menggunakan software illegal daripada menggunakannya secara legal. Tapi, saya akan sedikit memberitahu kepada kita semua tentang keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan software legal.

Dan berikut ini beberapa diantaranya :

1. Terbebas dari Ancaman Hukum

Rasa aman akan menyelimuti Anda ketika memakai software yang legal. Menggunakan software legal yang berlicensi tentu akan membuat kita lebih aman ketika ada pemeriksaan software oleh pihak berwenang pada perangkat komputer kita. Apabila menggunakan software illegal bisa jadi kita kena denda. Yang jelas, kita tidak melanggar UU yang ada.

2. Keamanan Sistem Lebih Terjaga

Meskipun tidak 100% Aman dari virus, tapi dengan menggunakan software legal kita akan mendapatkan update pembaharuan sistem secara rutin. Dan apabila ada bugs pada software tersebut bisa segera ditutupi dengan mengunduh update terbarunya.

3. Data Pribadi Lebih Aman

Masih ada hubungannya dengan poin kedua. Dimana dengan menggunakan software yang legal maka peluang untuk diretas semakin minim karena selalu terproteksi dan mendapat pembaharuan sistem untuk menutup bugs yang ada. Dengan begitu, tidak hanya sistem yang aman tapi dari sisi data pribadi kita di komputer juga aman.

Saya sendiri saat ini masih membiasakan diri untuk menggunakan software yang legal. Tapi bukan yang berbayar ya, tapi software open source, yakni menggunakan Sistem Operasi Linux. Karena Linux OS sendiri memang software open source yang legal. Dan kita tidak perlu membayar untuk mendapatkan dan menggunakannya. 🙂 Nah, ini juga cocok untuk kalian yang ingin beralih menggunakan software legal yang gratis.

Tapi jika ingin menggunakan software berbayar ya silahkan, asal pakai secara legal dengan membayar. hihihi.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *