Tagihan Listrik Jebol? Tips Menghemat Listrik Ini Akan Membantu Anda

Di rumah kalau tanpa listrik rasanya hampa. Ya, listrik seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Tanpa kita sadari, dengan adanya listrik mampu membantu mempermudah kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya, untuk komunikasi, menyetrika, dan masih banyak lagi lainnya.

Hemat Listrik

Akan tetapi, dengan adanya listrik juga membuat pengeluaran ekonomi kita semakin bertambah. Ya, hal ini dikarenakan untuk bisa menggunakan listrik kita harus membelinya dari pemerintah yakni PLN. Beban biaya yang diberikan kepada kita tergantu dari pemakaian yang kita gunakan.

Untuk itu, sebaiknya kita perlu menggunakan listrik secara bijak dan hemat. Agar kebutuhan listrik kita tetap terjaga namun juga tidak membebani pengeluaran rumah tangga.

Ada baiknya kita semua mulai menghemat listrik mulai dari sekarang. Dan itu bisa kita lakukan mulai dari :

1. Hidupkan Lampu 4 Jam 

Artinya, kita bisa menghidupkan lampu rumah hanya 4 jam saja dalam sehari, yakni pada pukul 18.00 sampai 22.00. Selebihnya, lampu bisa dimatikan. Sehingga beban listrik dari lampu bisa kita kurangi. Dan usahakan memakai lampu jenis LED agar lebih hemat listrik.

2. Cabut Charger Ponsel

Usahakan setelah selesai melakukan pengisian ulang baterai ponsel, segera cabut charger dari terminal. Karena meski tidak dipakai, charger yang masih menempel tetap menyedot daya listrik.

3. Pasang Tangki Air

Jika Anda memiliki sumur di rumah, pasanglah tangki air sebagai penampung air. Sehingga Anda tidak perlu menghidup matikan saklar pompa air untuk mengambil air. Karena itu bisa membuat boros listrik.

4. Gunakan Penghemat Listrik

Jika Anda memiliki tagihan listrik yang besar, dan penggunaan listrik yang tinggi, Anda bisa menggunakan Alat Penghemat Listrik untuk dipasang di rumah Anda. Sehingga Anda bisa menghemat listrik hingga 40%. Akan tetapi, dalam memilih Alat Penghemat Listrik, harus benar-benar yang ORI dan legal. Sehingga aman untuk instalasi listrik rumah Anda.

Alat Penghemat Listrik

5. Ubah Gaya Hidup

Dari semua tips di atas, semuanya memang tergantung dari gaya hidup kita. Untuk itu perlunya kita mengubah gaya hidup menjadi hemat. Gunakan listrik jika perlu.

Listrik memang sangat penting untuk kehidupan kita. Namun, jangan juga menggunakan listrik semena-mena kita. Ingat, saat ini pasokan listrik di Indonesia masih belum menyeluruh sampai ke pelosok Indonesia. Ini artinya pasokan masih kurang. Lebih baik kita mulai berhemat agar pasokan listrik bisa dioptimalkan sampai menyeluruh ke berbagai penjuru Indonesia.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *