Internet Gratis ‘Facebook Indosat’ Bukan Yang Pertama di Indonesia

Kemarin Bos Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan Internet.org sudah bisa digunakan di Indonesia. Salah satu kelebihannya adalah bisa mengakses beberapa situs dalam jaringannya secara gratis. Akan tetapi pengguna harus menggunakan provider Indosat.

Internet Gratis 'Facebook Indosat' Bukan Yang Pertama di Indonesia

Saya sendiri sudah mencobanya, dan ternyata ada beberapa situs yang bisa diakses secara gratis melalui Internet.Org.

Ada 15 website yang bisa diakses gratis melalui layanan yang diinisiasi oleh Facebook ini.

  1. AccuWeather
  2. Ask.com
  3. BabyCenter & MAMA
  4. Bola.net
  5. Facebook
  6. Girl Effect
  7. JobStreet.com
  8. KapanLagi
  9. Kelase
  10. Merdeka.com
  11. OLX
  12. Penuntun Hidup Sehat – UNICEF
  13. Tokopedia
  14. Wattpad
  15. Wikipedia 

Semua konten tersebut memang bisa diakses secara gratis, namun pada kenyataannya hanya terbatas saja, seperti teks berita dan gambar yang terbatas. Karena memang ini bukan ditujukan untuk orang yang sudah fasih dalam berselanjar di dunia maya, tetapi untuk masyarakat pelosok agar mengenal internet.

Dengan adanya layanan internet gratis ‘Facebook Indosat‘ ini bisa dijadikan pemicu agar masyarakat pinggiran lebih mengenal dan mudah mengakses internet. Sehingga ke depannya jika sudah mengetahui manfaatnya bisa beralih ke layanan internet berbayar.

Sebenarnya, layanan internet gratis ‘Facebook Indosat‘ ini bukan yang pertama di Indonesia. Sebelum telah ada layanan serupa dari provider lain yaitu 3 (Three). Ya, provider 3 melalui produknya 3 Aon sudah lama memberikan akses internet gratis juga ke 11 situs website yang dalam jaringannya, diantaranya BBM, Twitter, Facebook, Google, Detik, Kaskus, Klik BCA, Kompas, OLX, Vivanews, dan Okezone.

Kalau ‘Facebook Indosat’ ini harus masuk ke Internet.org untuk bisa mengakses 15 situs secara gratis, untuk Three tanpa perlu mengarah ke situs manapun, cukup menggunakan perdana GSM 3. Dan bisa akses secara penuh tidak ada batasan.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *