Merasakan Ledakan Dari Malon Halilintar Cupuwatu Resto

Biasanya kalau orang desa seperti saya ini ketika melihat orang asing (luar negeri) mereka pada menyebutnya “Wong Londo“. Padahal orang luar negeri itu belum tentu dari Londo (Belanda) 😀 Ya, namanya orang desa biar mudah menyebutnya. Bicara “Wong Londo” biasanya memiliki postur tubuh yang besar tinggi, beda jika dibandingkan dengan orang-orang kita yang mayoritas memiliki postur tubuh yang sedang.

Bicara masalah “Wong Londo” ternyata tidak hanya orang saja yang memiliki sebutan “Londo“. Hewan pun juga punya sebutan londo. Ya, jika Anda singgah ke Kota Jogja pasti akan menemukan hewan dengan nama “Manuk Londo“. Namun, Anda tidak akan menemukannya dalam keadaan hidup, tetapi sudah dalam keadaan siap disantap.

Manuk Londo, itulah sebutan dari kuliner jogja yang saat ini menjadi buruan para pemburu kuliner. Manuk Londo ini dapat ditemukan di CUPUWATU RESTO salah satu restoran di Yogyakarta yang menyediakan berbagai masakan khas Jawa yang tentunya dikombinasikan dengan Manuk Londo ini. CUPUWATU Resto ini terletak di Komplek Grand Cupuwatu, Jl. Solo Km. 11,8 Kalasan, Yogakarta.

Mengapa MALON (Manuk Londo)?

Seperti orang desa yang menyebut orang luar negeri itu dengan sebutan “Wong Londo“, maka hal ini sama juga seperti kuliner yang satu ini. Karena “Manuk Londo” ala CUPUWATU RESTO ini didatangkan secara khusus dari Perancis. Jenis unggas ini di Perancis bernama Franch Quail kalau di Indonesia hampir mirip dengan puyuh, namun Franch Quail ini memiliki ukaran yang lebih besar. Kalau di tempat kita sih seperti burung puyuh, tapi beda lho. Bedanya baik segi fisik dan dagingnya. Manuk Londo ini memiliki ukuran yang besar. Di Yogyakarta, Manuk Londo ini dikembangkan oleh PT. Peksi Gunaraharja. PT Peksi Gunaraharja ini merupakan Group Perusahaan dari PT. Cupuwatu Kaya Rasa (Cupuwatu Resto). Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

Menu MALON CUPUWATU RESTO

Meskipun menu utamanya terbuat dari Manuk Londo, akan tetapi dalam hal penyajian dan menu-menu yang ada sangat mengedepankan ciri kuliner khas yogyakarta. Manuk Londo ini dimodifikasi dengan berbagai bumbu-bumbu khas Jawa yang kaya rempah untuk dijadikan sebuah masakan Istimewa.

Kebetulan Hari ini, Minggu 21 September 2014, saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba masakan-masakan Manuk Londo Ala CUPUWATU RESTO ini. Ada beberapa menu yang dapat dicoba diantaranya adalah :

  • MALON BBQ
  • MALON Ala Peking
  • MALON Bakar Klaten
  • MALON Bumbu Kuning
  • MALON Halilintar
  • Mie MALON
  • Gudeg MALON
MALON Halilintar CUPUWATU RESTO

Nah, saya mencoba untuk mencicipi MALON Halilintar. Meskipun saya belum pernah mencoba, tetapi saya sudah bisa menebak kalau menu yang satu ini sangat cocok untuk lidah saya yang doyan pedas. Dan ternyata benar, setelah disajikan, dan diicip sedikit bumbunya sangat nendang pedasnya. Kalau dulu makan pedas ini biar cepet gede, itu kata orang tua jaman dulu. Dan saya pun tersugesti oleh itu untuk mencoba sensasi pedasnya MALON Halilintar ini agar bisa gede kayak “Wong Londo“, secara saya sekarang kurus.

Sensasi Pedasnya Meledak

Sesuai dengan namanya MALON Halilintar, ternyata rasa dan nikmatnya sungguh meledak. Awalnya saya mencicipi bumbu yang menutupi Manuk Londo ini, baru sedikit saja efek pedas sudah terasa. Bumbunya selain pedas, ternyata juga Jawa-ni banget, karena dibuat dari berbagai rempah-rempah yang sangat terasa. Yang paling saya rasakan adalah rasa jahe dan beberapa rempah yang tidak bisa saya sebutkan karena lupa namanya. Pokoknya bikin ketagihan.

Bumbunya sangat weleh banget, apalagi dagingnya. Mulai aku makan dikit dagingnya supaya bisa menikmati rasa dan teksturnya. Ternyata dagingnya meskipun agak garing tapi lembut, empuk dan bumbunya meresap. Pokoknya bagi yang doyan pedas, wajib mencoba MALON Halilintar CUPUWATU RESTO ini.

Tak hanya makanan saja yang saya cicipi, tetapi minumannya pun aku juga merasakan kenikmatan dan kesegarannya.

Segarnya Es Campur Cupuwatu

Es Campur Cupuwatu Resto

Karena kekepoanku, akhirnya aku memilih menu minuman yang satu ini, Es Campur Cupuwatu. Es Campur Cupuwatu ini isinya komplit banget, dari hasil pengamatan saya Es Campur Cupuwatu ini berisi :

  • Melon
  • Degan / Kelapa Muda
  • Semangka
  • Cerry
  • Alpukat
  • Gula Jawa
  • Nata decoco

Es Campur Cupuwatu ini memang khas banget, segernya pas buat meredam ledakan pedasnya MALON Halilintar. Manisnya pas dan tentunya menyehatkan karena isinya buah-buahan yang menyegarkan.

Ngomong-Ngomong Bagaimana Masalah Kualitasnya?

Jangan ditanya untuk kualitas masakannya. Karena proses pengembangbiakan Manuk Londo ini dilakukan sendiri hingga pemotongan malonnya. Bagi yang sedang menurunkan kolesterol jangan khawatir, manuk londo ini memiliki kadar kolesterol sekitar 68.11 mg/100g, lebih rendah dari daging bebek. Dan yang paling membuat nyaman untuk makan adalah sudah tersertifikasi Halal.

Mmmm…hhh… MANUK LONDO memang BESAR dan TAHAN LAMA…….lezatnya….!!!

Cupuwatu Resto
CUPUWATU RESTO
Komplek Grand Cupuwatu
Jl. Solo Km.11,8 Kalasan, Yogyakarta
Telp. (0274) 446 9261 – (0274) 446 9262
FB : https://www.facebook.com/CupuwatuResto.Official
Twitter : @CupuwatuResto
www.cupuwaturesto.com

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *