Kepercayaan Konsumen Adalah Modal Berbisnis Online. Ini Tipsnya !

Dikategorikan dalam Bisnis Online
Membangun Kepercayaan Konsumen

Salah satu kekurangan dalam berjualan secara online adalah calon konsumen tidak dapat melihat langsung dan memegang produk yang ditawarkan oleh penjual. Oleh karena itu, pentingnya bagi penjual untuk mengemas produk dalam bentuk foto yang menarik, jelas dan sesuai dengan aslinya. Sehingga konsumen tidak merasa dirugikan apabila telah menerima produk yang dibelinya.

Selain dari faktor display produk yang berupa foto, yang menjadi kekurangan dalan berjualan melalui toko online adalah keberadaan dari toko online itu sendiri.

Saat ini masih banyak calon konsumen yang ragu saat membeli secara online. Mereka mengira toko online itu menipu. Padahal tak semua toko online itu menipu.

Di sinilah sebuah kepercayaan konsumen menjadi modal utama dalam berbisnis online. Ketika calon konsumen tak percaya dengan toko online Anda, seketika itu juga ia tak akan kembali ke toko online Anda. Berbeda dengan mereka yang percaya dengan toko online Anda namun mereka tak menemukan produk yang diinginkannya di toko online Anda, pasti suatu saat ia akan kembali ke toko online Anda.

Membangun sebuah kepercayaan konsumen tidaklah mudah. Namun, sangat mudah apabila Anda jujur dalam menjalaninya.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan konsumen

Toko Online Anda Hidup

Konsumen akan percaya dengan toko online Anda apabila toko online anda hidup. Sesuatu yang hidup pasti akan menimbulkan pergerakan. Toko online Anda juga seperti itu.

Apabila toko online anda selalu diupdate baik dari sisi konten maupun sosial media dan selalu berinteraksi dengan calon konsumen maka secara tidak langsung ini akan menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda.

Berbeda dengan toko online yang sepi sunyi tak ada aktifitas apapun, ini justru membuat persepsi konsumen menjadi buruk.

Informasi Kontak Yang Jelas

Anda dapat memberikan informasi detail informasi kontak yang dijelas di laman toko online Anda. Informasi seperti alamat Anda, no.telp, email dan nomor rekening akan membuat calon konsumen merasa aman ketika berbelanja di toko online Anda.

Foto Produk Yang Asli

Fotolah produk Anda dengan sedetail dan sejelas mungkin sehingga akan meminimalisir calon konsumen terhadap kecurigaan produk Anda.

Berikan Jaminan/Garansi

Anda dapat memberikan garansi atau jaminan uang kembali apabila produk tidak sesuai atau produk tidak sampai. Bentuk garansi semacam ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen Anda.

Testimonial Pelanggan

Apabila anda sudah memiliki pelanggan, anda dapat meminta testimonial dari pelanggan Anda. Namun jangan memaksa. Testimonial akan memberikan rasa aman terhadap calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Gunakan Jasa Review

Ini salah satu cara yang jarang dilakukan pemilik toko online. Dengan menggunakan jasa review, maka toko online dan produk Anda akan direview di website mereka sesuai sudut pandang mereka dan yang jelas sisi positifnya. Sehingga ini akan bermanfaat lebih terhadap toko online Anda, selain dapat meningkatkan kredibilitas toko online Anda, juga akan membantu Anda dalam segi online marketing. Karena secara tidak langsung pihak jasa review akan mempromosikan produk dan toko online Anda. Salah satu Jasa Review Berkualitas dengan biaya yang murah adalah RumahReview.com. Anda dapat menggunakan jasa review ini untuk mempromosikan toko online dan produk Anda.

Lalu, apakah Anda masih mengabaikan kepercayaan konsumen untuk bisnis online Anda ?

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *