5 Langkah Menulis Konten Yang Baik Untuk Blog Anda

Apakah konten benar-benar penting untuk sebuah blog ? Ya mungkin itu benar. Namun, tak sedikit yang masih mengabaikan kualitas konten dalam blognya sehingga hanya mengandalkan strategi optimalisasi mesin pencari untuk mendongkrak pengunjung ke blognya.

Membuat sebuah konten artikel yang berkualitas tidaklah mudah jika tidak dicoba dan sangat mudah apabila terus dicoba. Ya, menulis konten yang baik memang butuh kesabaran dan sedikit kreatifitas untuk menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang menggugah minat pembaca.

Artikel dalam sebuah blog itu adalah nyawa dari blog itu sendiri. Dengan adanya artikel yang berkualitas maka akan banyak menarik minat pembaca untuk membacanya.

cara menulis yang baik

Ada beberapa point yang dapat Anda lakukan untuk dapat menulis konten yang baik :

Headline Yang Menarik


Yang pertama dilihat orang sebelum membaca artikel Anda adalah judul/headline. Oleh sebab itu, buatlah headline semenarik mungkin yang dapat menarik pembaca untuk membaca artikel Anda. Berikan point penting dari inti artikel Anda pada headline tersebut. Headline merupakan intisari dari artikel, dan artikel adalah penjabaran dari headline anda. Timbulkan rasa keingintahuan dalam sebuah headline, sehingga pembaca ingin mengetahuinya lebih lanjut dengan membaca artikel Anda.

Hindari Kesalahan Dalam Penulisan


Apabila Anda telah menulis sebuah artikel, jangan langsung menerbitkannya. Pastikan artikel yang Anda tulis sudah terbebas dari kesalahan-kesalahan gramatikal yang akan mengganggu pembaca dalam memahami tulisan Anda. Baca terlebih dahulu tulisan Anda sebelum diterbitkan dan posisikan diri Anda sebagai pembaca bukan penulis. Meskipun itu sulit, tapi paling tidak itu akan membantu Anda dalam menilai hasil tulisan Anda.

Berikan Referensi Yang Dijelas


Anda menulis mungkin tidak hanya berpatokan pada apa yang anda pikirkan. Namun, juga membutuhkan referensi-referensi tulisan yang akan Anda kembangkan. Referensi juga dapat sebagai penguat tulisan Anda, apabila tulisan Anda berkaitan dengan hasil survey maupun sejenisnya. Berikanlah Referensi yang jelas sehingga ini akan meyakinkan pembaca dalam menilai tulisan Anda.

Kualitas Standart Penulisan Yang Tinggi


Bagi seorang blogger untuk dapat menulis yang baik tentunya butuh proses. Namun, itu dapat Anda lakukan sejak awal dengan memberikan standart penulisan yang baik. Kualitas penulisan yang baik akan berdampak pada kenyamanan pembaca saat menguraikan setiap makna kalimat pada tulisan Anda.

Cobalah Mengerti Apa Yang Pembaca Inginkan


Mencoba untuk menurunkan ego kita dalam menulis dan mencoba untuk mengerti apa yang pembaca inginkan. Sehingga pembaca akan dapat menikmati tulisan yang memang dia perlukan dan sesuai dengan yang mereka harapkan.

Selamat mencoba dan terus mencoba untuk menghasilkan konten yang baik dan berkualitas.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


15 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *