Fulltime Blogger, Apakah Akan Masuk Dalam Jenis Pekerjaan di KTP?

Dikategorikan dalam Bisnis Online, Blog, Informasi
fulltime blogger
Ilustrasi Foto : http://www.carefulcents.com/wp-content/uploads/2013/07/freelance-dreams.jpg
Di postingan sebelumnya (Pengen Punya Blog? Baca ini dulu.) aku sudah memberikan sedikit informasi bagi yang ingin punya blog. Karena untuk memiliki sebuah blog itu tidak gampang, yang gampang itu membuatnya, tetapi untuk memaintenance konten atau isinya agar blog itu awet dan memiliki fungsi itu yang sulit.
Nah, artikel kali ini masih ada hubungannya dengan artikel sebelumnya. Jika kamu memiliki ingin memiliki blog karena memang ingin mencari penghasilan berarti kamu termasuk dalam Aliran Blog Monetize. Dan apabila aliran tersebut kamu tekuni dan fokus, maka kamu akan menjadi Full Time Blogger. Yaitu kamu memang mencari penghasilan untuk menghidupi kamu, keluargamu dan anak cucumu melalui blog. Hah? Apa bisa? Ya…mungkin bagi kamu yang masih awam tentang dunia seperti ini tentu akan kaget dan merasa aneh dengan sebutan Fulltime Blogger. Tapi itu mungkin dan sudah banyak yang melakukan hal ini, justru malah penghasilan mereka jauh lebih besar dari orang-orang yang bekerja sebagai pegawai yang menurut orang itu yang patut dikerjakan oleh orang, bukan Fulltime Blogger.

Oke, Fulltime Blogger, ngapain saja sih kerjanya? Terus apa ya emang dapat penghasilan?

Ingat, Tuhan memberikan rejeki kepada hamba-Nya melalui berbagai cara, jadi jangan kaget jika menemui seseorang yang pekerjaan utamanya adalah Fulltime Blogger, yang penting itu Halal jika dalam Agama Islam, betul kan? Oke, kita tak akan bahas agama di sini, jadi berabe nantinya.
Full Time Blogger itu kerjanya ya ngeblog sodara-sodara, tapi ngeblognya tidak asal ngeblog, dia ngeblog ada tujuan dan targetnya, istilahnya ada visi misinya. Kalau Fulltime Blogger cuma update blog personal seputar curhat pribadi dan pengalaman pribadi itu namanya Blogger Pengangguran, bukan Fulltime Blogger.
Dalam dunia blog khususnya Aliran Blog Monetize, kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui berbagai cara, yang paling ngetrend adalah PPC seperti Google Adsense, lalu ada Paid Review (Kita dibayar jika mereview), dll.
Para Fulltime Blogger ini biasanya sudah memiliki blog khusus yang ia gunakan untuk monetize, dan kita bahkan tidak diberi tahu apa alamat blog tersebut, dan mayoritas adalah berjenis portal berita, karena portal berita saat ini masih banyak dicari pengunjung dan memiliki prospek bagus untuk dimonetize, khususnya PPC.
Sebenarnya pekerjaan seorang FullTime Blogger tidak hanya mengelola blognya sendiri, ada juga yang memiliki job untuk update konten web blog orang, dan ia dibayar, atau istilahnya Content Writer.
Jika berbicara penghasilan, aku sendiri juga tak mau memberikan berada detailnya karena menjadi Fulltime Blogger juga hampir sama seperti pengusaha, yaitu penghasilannya tidak bisa diukur, beda seperti pegawai yang penghasilannya dapat diukur tiap bulannya yang sering disebut gaji.
Tapi jangan salah, seorang Full Time Blogger memilih pilihan pekerjaannya itu salah satu faktornya selain passion juga penghasilan, karena penghasilan dari adverting itu lumayan besar, dengan asumsi blog yang digunakan untuk monetize memiliki pengunjung yang banyak. Apabila pengunjung sudah banyak, untuk mendapatkan peluang-peluang kerjasama pun semakin besar, karena permainan di media itu sangatlah ketat dan nilai setiap spot pun juga sangat besar.
Namun, rata-rata yang aku temui, mereka yang Fulltime Blogger masih bekerja secara individu, maksudnya hanya dikelola seorang diri, lantas yang menjadi korban adalah dirinya sendiri, pagi siang malam terus mantengin blog untuk mendapatkan earning, jadi meskipun ia dapat penghasilan besar, tapi ia tidak sadar kalau hidupnya terkikis oleh pekerjaannya sendiri dan rata-rata masih dikerjakan dirumah.
Seorang FullTime Blogger apabila mampu memanage pekerjaan dengan benar, ia bahkan bisa membangun sebuah kantor mini yang ia gunakan untuk bekerja, dan ia mencari partner untuk membantunya. Sehingga pekerjaan Fulltime Bloggernya akan dinilai menjadi sebuah pekerjaan yang “wah“. Namun, yang masih dipertanyakan dan menjadi problem, adalah jenis pekerjaan ini tidak masuk dalam list jenis pekerjaan di KTP. Ya semoga saja nanti pemerintah mulai memperhatikan blogger-blogger yang memiliki pekerjaan Fulltime sebagai blogger, sehingga mereka dapat mendapatkan pengakuan.
Baiklah, mungkin itu dulu informasi yang dapat aku berikan mengenai jenis pekerjaan baru dan asing ditelingan kalian ini, semoga apa yang aku share ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi buat kalian.
Saran saja, apapun jenis pekerjaannya asal itu menghasilkan dan halal, lakukan saja demi anak cucu kita.

Baca Artikel Lainnya :

3 komentar

  1. Tergantung gan kalau ngeblognya sudah punya pendapatan bisa di cantumkan sebagai pekerjaan di KTP

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *