Ubuntu Touch OS, Siap Meramaikan Jagat Smartphone

Ubuntu Touch OS, Siap Meramaikan Jagat Smartphone – Kabar gembira bagi pengguna Sistem Operasi Linux Ubuntu, karena sebentar lagi akan diluncurkan Sistem Operasi Ubuntu namun untuk smartphone, yaitu Ubuntu Touch OS.
Kabarnya, Ubuntu Touch OS dengan perusahaan yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth ini, akan meluncurkannya pada 17 Oktober 2013 mendatang.
Sebelumnya anda mungkin sudah mendengar kabar soal smartphone Ubuntu Edge, ya, Canonical pernah meluncurkan proyek smartphone ini dengan sistem operasi Ubuntu Touch OS, namun Smartphone Ubuntu Edge ini boleh dikatakan gagal dan tidak dikembangkan lagi. Namun, Canonical tidak berhenti begitu saja, dengan semangat baru ia mengembangkan sistem operasi Ubuntu Touch OS ini, dan marketnya tak lain adalah perangkat tablet dan smartphone. 
ubuntu-edge
Ubuntu Edge
Ubuntu Touch OS ini nanti akan tersedia di seluruh perangkat Nexus, seperti Samsung Galaxy Nexus, Nexus 7, Nexus 4, tablet Nexus 10.

Fitur dan Kelebihan

Ubuntu Touch OS ini menawarkan fleksibilitas dan integrasi yang kuat dengan sistem operasi Ubuntu versi desktopnya. Jadi, hal ini memungkinkan perangkat smartphone dengan Ubuntu Touch OS ini dapat menjalankan aplikasi desktop Ubuntu.
Dari sisi tampilannya pun, Ubuntu Touch OS ini menawarkan antarmuka yang sangat khas seperti Sistem Operasi Ubuntu pada desktop. Sehingga, bagi yang sudah terbiasa menggunakan Sistem Operasi Ubuntuk Desktop akan mendapatkan kemudahan disaat menavigasikan Ubuntu Touch OS ini.
Tampilan Ubuntu Touch OS
Selain itu, Ubuntu Touch OS ini juga mempunyai kelebihan yaitu mampu untuk terhubung dengan layar yang berukuran lebih besar melalui konektivitas MHL atau kabel HDMI.
Dilansir dari Slashgear (19/09/2013), sistem operasi Ubuntu Touch OS ini akan meramaikan pasar tablet dan smartphone bersama dengan sistem operasi baru lainnya, seperti Firefox OS dan Jolla Sailfish OS, Ubuntu Touch OS Rilis Pada 17 Oktober 2013.
Namun sangat disayangkan, karena Ubuntu Touch OS ini hanya dapat digunakan diperangkat Nexus saja. Hal ini dikarenakan untuk menjalankan Ubuntu Touch OS ini menimal RAM adalah 4GB dan media penyimpanan 128GB. Hal ini dapat kita ketahui dari spesifikasi pada Ubuntu Edge yang pernah dikembangkan dulu. Dan memang sepertinya, Ubuntu Touch OS ini hanya dikhususkan untuk smartphone High End.

Dan kabar gembira lagi buat pengguna Ubuntu, Canonical juga akan segera merilis Ubuntu versi terbarunya yaitu Ubuntu 13.10.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *