Aku Ingin Jogja Sebagai Entrepreneurs City

Aku Ingin Jogja Sebagai Entrepreneurs City | Jogja Jogja Jogja, sebuah kota sekaligus provinsi yang menyandang Daerah Istimewa. Namanya saja sudah “Istimewa” tentunya juga memiliki banyak keistimewaan di kota ini.
Meskipun saya bukan orang asli dari Jogja dan belum pernah tinggal atau menetap di Jogja namun hanya sebatas sebagai “Tempat Bermain” di Jogja saya merasa hawa dan gairah yang berbeda dengan kota-kota lainnya. Ok, mungkin ini karena faktor sejarah dari Kota Jogja itu sendiri.
Jogja Istimewa, tak hanya orangnya tetapi juga lingkungan dan perkembangannya. Jogja memiliki keistimewaan yang sangat berbeda dengan kota lain, tentunya kita sudah banyak mendengarkan, seperti Jogja Kota Pelajar, Jogja Kota Gudeg, dan lain sebagainya.
Jadi, tak heran jika banyak sekali masyarakat Indonesia yang dari luar Jogja bahkan luar Jawa rela singgah di Jogja untuk mencari sebuah pelajaran hidup entah itu pendidikan maupun dalam berkarya, karena selain Jogja memiliki berbagai macam media sarana dan prasana pendidikan yang banyak, di Kota yang terkenal dengan Gudeg (Makanan Khas yang terbuat dari Nangka yang dimasak dengan rempah-rempah khas Jawa), Jogja juga masih kental dengan adat istiadat dan budayanya. Tak heran wisatawan juga banyak yang melancong ke Jogja, Aku pun juga sering ke Jogja karena selain aku ikut salah satu Komunitas yang ada di Jogja yaitu Komunitas Blogger Jogja, aku juga senang dengan kota ini karena memang beda saja dengan kota lain dan tak bakal jenuh main ke sini.
Meskipun aku bukan orang Jogja dan tidak tinggal di Jogja, tetapi aku cukup mengamati perkembangan kota ini, khususnya aku dapatkan dari teman-teman yang menempuh pendidikan di Universitas-universitas di Jogja, dari pengalaman-pengalaman orang lain juga. Dari hasil pengamatan aku, aku melihat kota Jogja ini memiliki sebuah perkembangan yang baru khususnya di kalangan mahasiswa yang kuliah di Jogja. Perkembangan ini aku melihatnya dari sisi ekonomi. Tidak hanya satu atau dua teman saja, tetapi banyak teman-teman aku yang kuliah di Jogja mereka sudah memiliki bisnis, ya meskipun belum besar tetapi rata-rata mereka konsisten dan fokus dalam menjalankan bisnis mereka.
Mahasiswa yang berwirausaha di Jogja saat ini tidak hanya satu dua mahasiswa saja, seakan berwisausaha sudah menjadi “Gaya Hidup” para mahasiswa di Jogja. Aku pun tak tahu apa dasar mereka tiba-tiba berwirausaha, mungkin karena dari faktor lingkungan kuliah atau pun yang lainnya, tetapi yang terpenting bagi aku, ini adalah sebuah pergerakan dan perkembangan yang sangat bagus dan patut untuk menjadi contoh bagi kota lain.
Memang benar, kita utamanya Indonesia masih banyak membutuhkan seorang Entrepreneur, seorang yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sehingga hal ini secara tidak langsung akan membantu Negara Indonesia dalam memajukan perekonomian negara.
Aku Ingin Jogja
Aku Ingin Jogja Sebagai Entrepreneurs City, Ya… itu adalah keinginanku, meskipun aku tidak ada darah Jogja, tetapi boleh kan aku memimpikan hal itu, keinginanku itu tak semata-mata untuk Yogyakarta saja, tetapi lebih untuk Negara Indonesia. Jika Jogja mampu menjadi kota Entrepeneur, yang memiliki banyak pengusaha di 5 Tahun ke depan saja, mungkin Indonesia akan lebih baik, atau paling tidak sudah turut berkontribusi untuk perekonomian Indonesia.
Dan yang terpenting adalah sebagai “percontohan” kota-kota yang lain, sehingga nanti banyak kota-kota yang lain akan menghasilkan entrepreneur-entrepeneur muda yang mampu menghidupkan bangsa untuk maju dan bersaing dengan negara lain. Insya Allah.
Bagi aku ini adalah kolaborasi yang bagus jika Jogja dijadikan Entrepenuers City, yaitu Kolaborasi antara Kota Pelajar dan Kota Wirausahawan, maksudnya jika 20%-30% saja mahasiswa yang kuliah di Jogja dididik untuk menjadi Wirausahawan, nanti paling tidak lulusan-lulusan Sarjana yang kuliah di Jogja akan menjadi wirausahawan dan bagi mereka yang bukan warga Jogja asli akan pulang ke kampung halamannya dengan membuka lapangan pekerjaan, tentunya efek ini akan sangat baik.
Aku ingin Jogja Jadi Kota Entrepreneur, lalu siapa yang bisa menjadikan ini jadi kenyataan? Pemerintah Jogja saja tidak cukup, Pihak Universitas saja tidak cukup, tetapi yang lebih penting adalah kesadaran dan kemauan dari pribadi masing-masing, tentunya dalam hal ini adalah warga Jogja, baik yang asli Jogja maupun bukan. Paling tidak saat ini sudah ada pergerakan bagus dalam bidang wirausaha di Jogja, hal tersebut juga sudah terbukti dengan adanya Komunitas Pengusaha Jogja, seperti Komunitas TDA (Tangan Di Atas) yang merupakan komunitas pengusaha jogja yang mayoritas malah dari kalangan Mahasiswa Jogja, selain itu kita juga tahu sendiri, di Jogja sudah banyak muncul Wirausahawan yang sudah sukses lahir batin, tidak perlu aku sebut namanya tetapi paling tidak hal tersebut dapat menjadikan sebuah motivasi sendiri dan rekan dalam mengembangkan usaha di Jogja khususnya. Ayo dukung Jogja untuk Jadi Entrepreneurs City 🙂

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *