Pasar Triwindu, Tempat Asik Mencari Barang Antik

Pasar Triwindu, Tempat Asik Mencari Barang Antik | Bagi yang suka berburu barang-barang antik, wajib mengunjung pasar yang satu ini. Yaps, Pasar yang terletak di Jalan Diponegoro, Solo ini memang dikhususkan untuk sarana jual beli barang-barang Antik, bahkan jika anda beruntung, anda akan mendapatkan Pusaka Keraton lho.
Pasar Triwindu sekarang berubah nama menjadi Pasar Windujenar. Pasar ini merupakan pasar barang antik yang populer di Jawa.
Namun, meskipun disebut sebagai Pasar barang antik, di Pasar Triwindu ini tidak semua barang yang dijual merupakan barang yang benar-benar antik. Meskipun penjual mengatakan barang yang dijualnya memiliki usia yang ratusan tahun, tetapi bisa saja baru dibuat beberapa minggu sebelumnya.
Namun jika beruntung dan teliti, Anda bisa mendapatkan pusaka yang dulunya adalah milik kraton. Berbagai spekulasi berkembang mengenai keberadaan benda-benda milik kraton di pasar ini. Namun pihak kraton mengatakan bahwa benda-benda itu kemungkinan adalah benda yang dihadiahkan pada abdi dalem dan kemudian dijual, atau didapatkan oleh orang yang membeli dari kerabat kraton. Berbelanja di Pasar Triwindu sungguh membutuhkah ketelitian dan keahlian tawar-menawar, jadi jangan ragu untuk menawar setengah harga.
Nah, uniknya, jika anda ingin memiliki barang yang ada di Pasar Triwindu ini tetapi tidak memiliki uang, Anda juga dapat melakukan barter dengan penjual, karena sampai saat ini, Pasar Windujenar masih melayani sistem barter. Anda bisa saling tukar dengan barang koleksi anda, tetapi juga harus dengan negosiasi yang matang jika anda pada akhirnya tidak mau menyesal menukar barang antik anda.
Di Pasar Windujenar ini juga sebagai tempat pusat oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Solo.
Ketika masuk ke lorong-lorong kios Pasar Triwindu ini, anda akan menemukan berbagai barang antik mulai dari barang yang kecil hingga besar, seperti aneka koleksi kain batik, uang dan koin kuno, cap batik, gramofon tua dari Eropa, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua, sepeda dari tahun 1930an, hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba dari Sangiran bisa ditemukan disini. 
Selain itu juga ada lukisan-lukisan tua, lampu minyak, patung-patung Budha, hingga setrika arang jaman dahulu.
Jika anda penggila barang antik, anda wajib datang ke Pasar Triwindu (Pasar Windujenar) ini yang terletak di Jalan Diponegoro, Solo.
Pasar Triwindu buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Dan ketika malam, disepanjang Jalan depan Pasar Triwindu ini juga sebagai area keramaian masyarakat yang disebut dengan Ngarsopuro.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *