Event Klaten Lurik Carnival

sumber http://luriklaten.blogspot.com/

Event Klaten Lurik CarnivalKota Klaten, kota yang terletak antara dua kota Besar yaitu Solo dan Yogyakarta dan diantara empat keraton yaitu Kasunanan, Mangkunegaran, Kasultanan dan Pakualaman, merupakan sebuah kota yang mempunyai ciri khas tersendiri di banding kota-kota di Indonesia.

Kota Klaten memiliki arti tersendiri bagi pribadi saya, karena Kota Klaten adalah Kota Kelahiran saya dan saya tinggal.
sumber http://www.rumahidamanku.com

Mungkin banyak yang belum mengenal Kota Klaten, apalagi disisi pariwisata dan budaya Kota Klaten. Mungkin yang paling diminati orang-orang adalah Wisata Kuliner dari Kota Klaten yaitu Warung Apung Rowo Jombor. Warung Apung ini menyediakan aneka kuliner olahan ikan.

Kebudayaan di Kota Klaten juga sangat banyak, antara lain dalam seni dan kerajinan kain. Kain Lurik dalam sejarahnya tidak lepas dari kota Klaten dan khususnya daerah Kecamatan Pedan. Sehingga masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia akan memandang Kota Klaten apabila bicara tentang Lurik.
Dari sisi budaya inilah, maka tercetuskan ide untuk mengadakan sebuah Event Akbar di Kota Klaten dengan Brand Klaten Lurik Carnival. Event ini dikemas untuk lebih memposisikan lurik sebagai icon Kota Klaten, Jawa tengah dan umumnya Indonesia.
Selain untuk melestarikan lurik sebagai Warisan Indonesia, Klaten Lurik Carnival ini juga sebagai bentuk aplikatif seni budaya dan haritage Lurik, dan disisi perekonomian dapat meningkatkan Sumber Daya hasil dari pengrajin Lurik. Dan diharapkan Lurik dapat menjadi icon Kota Klaten sebagai penghasil lurik Indonesia.
Kegiatan ini direncankan akan diadakan pada akhir tahun ini, namun karena ada beberapa faktor yang masih belum clear maka tahun ini digunakan untuk wacana publik dan persiapan beberapa unsur yang pelaksanaannya akan diadakan pada tahun depan.
Kegiatan ini sendiri didukung baik oleh Masyarakat Kota Klaten, khususnya bagi pengrajin Lurik di Kota Klaten. Dan diharapkan dengan kegiatan Klaten Lurik Carnival ini dampak akhirnya akan membuat Kota Klaten lebih dikenal secara luas dan dapat membangun Kota Klaten yang lebih Bersinar dan dapat mensejahterakan masyarakat Klaten.
Mari dukung Klaten sebagai Kota Penghasil Lurik di Indonesia.
Dukung Klaten Lurik Carnival dengan mengunjungi Page Facebook Klaten Lurik Carnival

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *