Bagaimana GPS di Android Bekerja ?

Dikategorikan dalam Android, Informasi, Teknologi
Memahami Arsitektur GPS di Android | Bagaimana GPS di Android Bekerja ? Adalah sebuah pertanyaan yang harus kita ketahui jawabannya,khususnya bagi pengguna gadget Android.
Ponsel Android kita umumnya sudah memiliki fitus GPS, yaps, GPS bagi kita sebagai orang awam hanya sebagai penunjuk lokasi, misalnya akan berpergian ke suatu tempat dan belum tahu lokasinya, maka kita bisa menggunakan fitur GPS ini untuk memandu jalan kita.
Nah, lalu bagaimana GPS ini bekerja di Android kita, mari simak informasi berikut :
Sebelum membaca penjelasan di bawah silahkan lihat bagan Arsitektur Komponen GPS berikut :
GPS dapat bekerja karena ada hubungan dari beberapa komponen seperti :
1.GPS Chip
2.GPS Driver
3.GL Engine
4.Android Framework
5.User Applications
Mari kita pahami masing-masing komponen tersebut.

GPS Chip

Merupakan sebuah chip atau radio penerima frekuensi yang secara langsung berkomunikasi dengan GPS Satelit.

GPS Driver

GPS Driver merupakan sistem perangkat lunak yang menggunakan API tingkat rendah yang berkomunikasi dengan GPS Chip, pada tingkat sistem itu dapat terdiri dari file tunggal atau beberapa file yang terletak di /System/Lib/hw/ atau /Vendor/Lib/hw/ nama file biasanya dimulai dengan Prefix gps. dan Postfix .so (misalnya gps.default.so atau gps.aries.so dll) tergantung pada versi Android dan platform Smartphone.

GL Engine

GL Engine sebenarnya inti dari sistem secara keseluruhan. Pada tingkat sistem itu terdiri dari file pada path /system/bin dengan nama-nama seperti glgps atau gpsd (Platform Spesifik).Ia bekerja menggunakan Parameter Konfigurasi yang terdiri dari .xml dan .conf file (misalnya glconfig.xml, gps.xml, Jupiter.xml, gpsconfig.xml dan gps.conf, secgps.conf, dll). Untuk lokasi file dan nama file tergantung pada versi Android dan platform, tetapi mereka sebagian besar berada di path  (/system/etc, /system/etc/gps, /vendor/etc/,  /data/gps dll), tergantung pada Konfigurasi dan Platform, dibutuhkan Informasi Lokasi awal dari jaringan seluler, maka akan membaca NVRAM, hal ini sangat penting karena di sini menyimpan data bantuan dari GPS Lock, dan juga dapat menggunakan data xtra.Informasi NVRAM sebagian besar lokasi di /data/gps dalam sebuah file dengan .sto misalnya (gldata.sto) dan xtra file data (lto.dat, xtra.bin, epo.dat dll,tergantung platform).
Menggunakan semua informasi dari GL Engine dan dibantu GPS Driver, GL Engine mampu mendeteksi beberapa satelit GPS yang merupakan GPS driver yang telah diprogram, tetapi untuk menguncinya membutuhkan beberapa informasi tambahan (Timing, Alm. / Emp. dll) yang bisa didownload dari satelit GPS (Jika menggunakan Mode Standalone kecepatan sangat lambat dengan kecepatan bit/detik) atau bisa menggunakan internet untuk mengakses SUPL/NTP server (kecepatan bisa sampai MB/detik).
Setelah semua sistem tersebut dikerjakan, lalu semua data disimpan dalam NVRAM untuk kemudian digunakan lebih lanjut.

Android Framework

Terdiri dari beberapa Class Android Framework seperti Location Manager yang memberikan pelayanan kepada penggunaan aplikasi dengan menggunakan GL Engine. 
 

User Aplications

Merupakan komponen yang sering kita pakai dan kita gunakan, Aplikasi layanan seperti Google Maps, Sygic, Navigon, TomTom dll. Itu merupakan aplikasi antar muka agar kita dapat menjalankan GPS.

Itulah sedikit gambaran tentang komponen-komponen yang ada dalam proses GPS di Android.
sumber

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *