Internet Media Aksi Untuk IndonesiaKu

Internet Media Aksi Untuk IndonesiaKu, Pengguna internet di Indonesia sampai saat ini, tahun 2012 telah hampir 45 juta orang. Dan dari data yang didapatkan Lintas.Me bahwa 50% dari total penduduk Indonesia adalah berumur 27 tahun, ini menandakan bahwa Indonesia memiliki generasi muda yang sangat banyak.

Dari data di atas, yaitu pengguna Internet yang sudah 45 juta orang dan generasi muda yang hampir 50% , apakah sudah mampu untuk merubah dan berkontribusi untuk memajukan negeri ini? Jawabannya tentu ada di diri pribadi masing-masing yang harus didasari dengan kesadaran untuk memajukan negeri ini.
Kita lihat saja saat ini yang menduduki kursi wakil rakyat mayoritas kalangan orang tua (yang berumur diatas 30 atau 40 tahun), kesempatan untuk generasi muda masih sedikit sedangkan permasalahan di negeri ini terus datang silih berganti. Untuk itu dibutuhkan sebuah semangat baru dari generasi muda untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik.
Kembali ke jumlah pengguna internet, jika kita melihat banyaknya jumlah pengguna internet yang setiap tahun  bertambah tentunya kita juga harus melihat dampak apa yang terjadi, apakah penggunaan internet tersebut juga sudah berdampak baik bagi negeri ini atau belum. 
Sayangnya, dari banyaknya pengguna internet tersebut, mereka belum maksimal dalam penggunaan fasilitas internet ini. Mereka hanya lebih menggunakan dalam chatting, jejaring sosial, game dan penggunaan internet sampai saat belum sepenuhnya produktif dan berdampak baik untuk sesama.
Melihat hal tersebut, dan kamudahan akses internet, saya pun kemarin-kemarin telah melaunching program charity sederhana yaitu Kaos Amal (kaosamal[dot]blogspot[dot]com). Saya melihat karena saat ini pengguna internet sangat banyak yang hampir 45 juta orang dan kemudahan akses internet yang dapat dilakukan melalui telepon genggam dan smartphone yang telah beredar saat ini, maka saya berinisiatif untuk membuat sebuah program sederhana tersebut untuk dapat saling berbagi dengan saudara kita yang membutuhkan. Sehingga penggunaan internet di sini tidak sia-sia, dan dengan internet kita pun dapat beraksi untuk membangun negeri ini untuk menjadi lebih baik.
Sebenarnya tidak hanya itu saja yang dapat dilakukan melalui internet, saat ini penggunaan internet juga sudah digunakan untuk memasarkan dan berjualan produk atau jasa. Banyak sekali penjual menengah bawah yang sudah menggunakan internet untuk memasarkan produknya, artinya hal ini dapat menaikkan nilai produksi mereka dan membantu menaikkan nilai ekonomi mereka.
Kedepannya ingin sekali membentuk sebuah persatuan onliner yang setiap daerah minimal Provinsi atau Kota melalui media sebuah website khusus,yang mana disetiap daerah itu ada perwakilan yang mencari data warga yang kurang mampu lalu mempublisnya ke website tersebut. Selain itu juga mencari donatur dengan menggunakan fasilitas internet, bisa melalui seperti kaos amal seperti diatas,toko online yang keuntungannya didonasikan, advertising di blog (bagi blogger), atau donasi umum dan masih banyak lagi.
Anggota persatuan tersebut adalah anak muda, karena anak muda masih memiliki semangat yang tinggi, selain itu untuk mengajak generasi muda di negeri ini untuk peduli sesama.
Ada beberapa alasan mengapa menggunakan internet untuk program ini :
1. Dengan internet komunikasi akan cepat diterima dan disebarluaskan
2. Dalam hal mencari donatur akan menjadi lebih mudah dan tidak hanya dari dalam negeri bahkan luar negeri sekali pun.
3. Sebagai bentuk informasi global bahwa masih ada saudara kita yang masih membutuhkan
4. Menghubungkan daerah-daerah lain yang notabene Indonesia adalah Negara Kepulauan.
5. Dengan internet juga dapat mengedukasi masyarakat yang belum tahu tentang internet.
Dan jika ini berjalan maka akan sangat berdampak baik sekali bagi generasi muda maupun masyarakat di negeri ini, diantaranya :

  1. Generasi muda akan lebih peduli dengan sesama
  2. Mempersatukan generasi muda di Indonesia melalui program sosial untuk Indonesia
  3. Mengajak dan mengedukasi Generasi Muda Indonesia untuk lebih memaksimalkan penggunaan Internet
  4. Membantu Pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan di negeri ini. Karena kalau Pemerinta saja yang bekerja tanpa ada dukungan dari warganya itu tidak akan tercapai.
  5. Menjalin komunikasi yang efektif dan cepat melalui internet antar masyarakat yang tersebar di pulau-pulau Indonesia.
  6. Mengajak seluruh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri untuk saling membantu sesama.
  7. dan masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan.
Mungkin saat ini kendala satu-satunya adalah perangkat, baik perangkat komputer maupun fasilitas internet. Namun jika kita memiliki semangat kebersamaan yang itu akan bisa didapatkan dengan mudah.
Tulisan ini selain bentuk Ekspresi Untuk Indonesia yang dilaksanakan dalam sebuah kontes blog dari Lintas.Me (http://lintas.me/) juga sebagai bagian dari mimpi saya ke depannya untuk Negeri ini agar tercipta negeri yang tidak harus kaya namun damai dan sejahtera.

sumber gambar : (http://blog.swagbucks.com/wp-content/uploads/2012/02/lens1933113_1236450523Global_Charity_Awareness.jpg)

Baca juga:



6 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *