#Blogging for Human

Sabtu, 10 Juni 2017

Mengenal 3 Tipe Movement pada Jam Tangan. Apa Saja Itu?

Artikel ini disponsori oleh Arlojikita.com, sebuah toko online yang menjual jam tangan original di Indonesia.
Jam tangan
Banyak dari anda pasti setuju kalau mengenakan jam tangan bagi pria itu penting. Terlebih bagi anda yang menggemari jam tangan, setiap detil pada jam tangan pasti menjadi pertimbangan anda untuk mengkoleksinya. Walaupun banyak yang melihat jam tangan dari ekseriornya saja, tapi anda yang suka pasti akan mengapresiasi mekanisme yang ada di dalam jam tangan.

Tentu anda tahu jika jam tangan itu tak sembarang bisa bergerak. Ada movement yang membuat jam tangan yang anda kenakan bisa menjadi penanda waktu. Nah, movement ini ada 3 jenis yaitu quartz, mechanical, dan automatic.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli jam tangan online maupun di toko ada baiknya anda mengetahui lebih lanjut soal perbedaan ketiga jenis jam tangan ini. Lalu apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya berdasarkan blog realmenrealstyle.com!

1. Quartz Movement

Quartz Movement
Pada tahun 1969, Seiko, sebuah produsen jam tangan asal Jepang memperkenalkan quartz movement. Peluncuran teknologi baru ini menantang para watchmaker tradisional yang mengandalkan mechanical movement untuk jam tangan yang mereka buat.

Sebagai response, kebanyakan dari perusahaan jam tangan kemuddian ikut merilis versi jam tangan quartz mereka sendiri. Tren ini kemudian mematahkan kejayaan jam tangan mekanis.

Tapi sebenarnya bagaimana cara kerja jam tangan quartz? Sebuah jam tangan quartz didukung daya baterai yang berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristalkuarsa. Kristal kuarsa ini kemudian bervibrasi selama 32768 kali per detik dan menciptakan sinyal dengan frekuensi yang presisi. Vibrasi ini kemudian diukur oleh sirkuit dan dikonversi menjadi detak setiap detik.

Kolektor jam tangan mewah biasanya lebih menyukai jam tangan mekanik, sedangkan jam tangan quartz cenderung dipilih untuk dipakai secara reguler karena akurasi dan reliabilitasnya yang tinggi. Jam tangan ini juga awet, cenderung lebih murah, dan berdaya tahan tinggi.

2. Mechanical Movement

Mechanical Movement

Pergerakan waktu pada jam tangan mekanik diukur dengan mekanisme semi-driven. Di dalamnya terdapat per yang harus di singgungkan secara periodik agar jam selalu berdetak.

Jam tangan mekanik, tak seperti quartz, menggunakan energi dari per yang bergerak untuk memberikan daya pada jam tangan. Per ini kemudian mentransfer energi melalui per dan gear, memberikan daya pada jam tangan.

Kabar baiknya, saat mengenakan jam tangan ini kita tak perlu memusingkan soal barterai. Jam tangan mekanik yang memiliki kualitas tinggi juga akan bertahan lama awetnya. Satu lagi, orang cenderung mengkoleksi jam tangan ini karena estetikanya yang tak ditemukan di jam tangan lain. Banyak jam tangan mekanik memiliki casing dari safir yang membuat anda dapat melihat dengan jelas proses mekanik di dalamnya.

3. Automatic Movement

Automatic Movement
Jam tangan automatic ini sma dengan mechanical, tak memakai daya baterai. Anda yang tak paham pada sistem mesin jam tangan pasti kebingungan. Apa bedanya?

Jam tangan automatic identik dengan self-winding. Jam tangan ini memanfaatkan energi kinetik dari gerakan alami pergelangan tangan pemakainya sebagai daya geraknya.

Mekanisme internalnya pun sama seperti jam tangan mekanik. Di alamnya terdapat sebuah rotor yang mana akan bergerak bebas saat kita bergerak. Kemudian mentransfer energi ke per sehingga menghasilkan getaran detak yang menjadi penanda waktu.

Anda tak perlu repot mengganti baterai, sama seperti jam tangan mekanik. Meskipun sama-sama tanpa baterai, body jam tangan authomatic biasanya ebih tipis, membuat anda lebih nyaman. Hal ini karena ada rotor di dalamnya.


Mengenal 3 Tipe Movement pada Jam Tangan. Apa Saja Itu? 4.5 5 S Adi Firmansyah Sabtu, 10 Juni 2017 Artikel ini disponsori oleh Arlojikita.com, sebuah toko online yang menjual jam tangan original di Indonesia. Artikel ini disponsori oleh Arlojikita.com , sebuah toko online yang menjual jam tangan original di Indonesia. Banyak dari anda pasti s...
Sabtu, 10 Juni 2017Sabtu, Juni 10, 2017

Mengenal 3 Tipe Movement pada Jam Tangan. Apa Saja Itu?

Artikel ini disponsori oleh Arlojikita.com, sebuah toko online yang menjual jam tangan original di Indonesia. 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews: