#Blogging for Human

Senin, 21 Desember 2015

PlayStation Dari Generasi ke Generasi, Kamu Pernah Pakai Yang Mana?

Coba tebak, untuk sekarang ini PlayStation sudah memiliki generasi berapa? Tiga? Empat? Salah semua!

Nah, pasti bingung kan kok empat salah? Teruskan baca aja...

Tapi sudah tahu kan ya PlayStation itu apa? Kalau nggak tau berarti masa kecil kamu kurang 'nakal'.

PlayStation itu atau yang kerap disapa "PS" merupakan sebuah konsol game yang paling populer di dunia. Ingat, di dunia. Jadi kalau sampai nggak tau kebangetan banget deh kamu.

PS ini dikembangkan oleh perusahaan Sony Computer Entertainment asal Jepang. Nah, PS ini mulai populer sejak tahun 2000-an.

Sebelum ada PS ini sebenarnya udah ada konsol permainan serupa, yakni Nintendo. Seperti gambar di bawah ini. Ada yang udah pernah nyoba juga? Kalau aku sih udah, soalnya dulu punya, dan Mario Bros adalah game andalan.

Nintendo NES
Nintendo seperti ini yang pernah aku miliki / image via tvtropes.org
Tapi tau nggak kalau PS itu sebenarnya dirilis sejak tahun 1994.

Seiring perkembangan jaman dan tingkat pengguna yang semakin cerdas, maka PlayStation pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tidak hanya dari segi sisi kualitas game yang ada tetapi juga perangkat PlayStation itu sendiri.

Nah, jika penasaran berikut ini PlayStation dari generasi ke generasi :

1# PlayStation (PS)

PlayStation 1

Inilah generasi pertama dari PlayStation (PS). Diluncurkan pada 3 Desember 1994 tapi penjualannya hanya di Jepang. Setelah satu tahun berjalan, pihak Sony akhirnya merilisnya ke seluruh dunia. Sehingga membuat PlayStation semakin populer.

Di era ini sudah ada konsol game serupa tapi dari segi teknologi masih kurang. Sony hadir dengan PlayStation 1 yang dikemas dengan lebih canggih.

Media game menggunakan keping disc padahal di waktu itu umumnya masih menggunakan model cartridge. Tampilan grafis dari PlayStation 1 pun juga sudah 3D sehingga banyak pecinta game yang lebih tertarik untuk memainkan PS1 dibanding konsol game lain.

Di Indonesia sendiri PS1 juga sempat booming dan ini dibuktikan dengan banyaknya rental game PS1.

Game yang paling populer di PlayStation 1 ini adalah Winning Eleven, Tekken, Final Fantasy, Tomb Raider, Crash Bandicoot, Gran Turismo dan Metal Gear Solid.


2# PlayStation 2 (PS2)

PlayStation 2

Akhirnya setelah beberapa tahun, Sony mengumumkan pengembangan PlayStation 2 pada April 1999. Dan pada 4 Maret 2000 akhirnya PS2 dipasarkan di Jepang. Sedangkan untuk luar negeri baru mulai 26 Oktober 2000.

Banyak yang berubah di PlayStation 2 ini dari generasi sebelumnya. Dari segi fisik pun memiliki desain yang lebih modern dengan balutan warna hitam.

Awalnya PlayStation 2 didesain dengan model Fat menggunakan tray yang digunakan untuk Disc Game. Tapi ternyata model ini tidak bertahan lama, hanya berlangsung selama 4 tahun saja. Setelah itu tepat pada tahun 2005, Sony merubah tampilan PlayStation 2 menjadi lebih slim.

Salah satu kelebihan dari sisi teknologi, PS2 ini sudah bisa membaca game yang ada di HDD namun harus menggunakan perangkat tambahan.

Game populer di PlayStation 2 ini diantaranya Grand Theft Auto (GTA) San Andreas, Resident Evil 4, God of War, Devil May Cry, Prince of Persia, Guitar Hero, Silent Hill.

3# PlayStation Portable (PSP)

PSP

Melihat pengguna PlayStation semakin banyak, akhirnya Sony merilis konsol game PlayStation generasi selanjutnya. Namun kali ini bukan seperti generasi sebelumnya, melainkan membuat PlayStation Portable atau yang dikenal dengan PSP.

Diluncurkan pada 2004 dengan ukuran yang cukup tebal. Karena melihat body PSP yang kurang nyaman di tangan pengguna, akhirnya tahun 2007 PSP dirubah dari segi fisik menjadi lebih slim

Di PSP ini antara layar dengan tombol memang menyatu dan pada tahun 2009, Sony akhirnya merilis model PSP baru yang diberikan PSP Go. Terjadi perubahan yang cukup signifikan di PSP Go ini, yakni antara layar dan tombol dipisah.

Di Tahun 2011, akhirnya lahir kembali PSP model teranyar. Namanya 'PlayStation Vita', ya memang tidak ada nama 'Portable'-nya. Di PlayStation Vita ini sudah tersedia tombol kontrol analog (JoyStick) dan memiliki ukuran layar yang lebih luas, yakni 5 inci.

4# PlayStation 3 (PS3)

PlayStation 3

Semakin ke sini semakin banyak juga kompetitor di dunia konsol game, seperti hadirnya Xbox 360 dan Nintendo Wii. Sony pun tak mau ketinggalan sehingga membuat PlayStation 3 sebagai generasi selanjutnya.

Dirilis mulai 11 November 2006 di Jepang. PS3 ini memiliki teknologi yang lebih canggih dari generasi sebelumnya. Penggunaan cell prosessor serta GPU dari NVidia membuat PS3 semakin gahar untuk memainkan game-game terbaru.

Selain itu teknologi yang dihadirkan di PS3 ini adalah penggunaan kontroler DualShock 3 Wireless. Tapi tanpa meninggalkan kontroler versi kabel.

Media game di PlayStation 3 ini pun sudah menggunakan kepingan Blu-ray. Kualitas grafis pun tidak diragukan lagi, karena pengguna bisa menikmati grafis kualitas HD.

Ada beberapa game yang populer di PlayStation 3 ini, diantaranya : FIFA Soccer, Assassin's Creed, Grand Theft Auto (GTA) IV, Call of Duty Modern Warfare, Uncharted.

5# PlayStation 4 (PS4)

PlayStation 4

Ini dia generasi PlayStation yang saat ini masih populer dan terbaru. PlayStation 4 hadir pada tahun 2013. Semakin ke sini, teknologinya pun semakin canggih.

Prosesor menggunakan APU x86-64 AMD, dan GPU-nya sendiri masih belum diketahui secara pasti. Tapi dari kabar yang tersiar, PlayStation 4 ini menggunakan GPU sekelas Radeon HD 7870 (Versi Komputer).

Dengan menggunakan memori GDDR5 membuat PlayStation 4 semakin gahar.

Nah yang menarik lagi, di PlayStation 4 ini sudah menggunakan harddisk berkapasitas 500GB sebagai media gamenya.

Game yang populer di PlayStation 4 ini adalah Battlefield 4, InFamous Second Son, Watch Dogs, NBA 2K14, Call of Duty : Ghost.

***
Nah, bagaimana dari banyaknya generasi PlayStation di atas mana yang pernah kamu coba atau miliki? Karena aku bukan game addict, jadinya aku nggak punya semua :D


loading...
PlayStation Dari Generasi ke Generasi, Kamu Pernah Pakai Yang Mana? 4.5 5 S Adi Firmansyah Senin, 21 Desember 2015 Konsol game PlayStation selalu menghadirkan yang terbaru di setiap generasi berikutnya. Coba tebak, untuk sekarang ini PlayStation sudah memiliki generasi berapa? Tiga? Empat? Salah semua...
Senin, 21 Desember 2015Senin, Desember 21, 2015

PlayStation Dari Generasi ke Generasi, Kamu Pernah Pakai Yang Mana?

Konsol game PlayStation selalu menghadirkan yang terbaru di setiap generasi berikutnya. 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.