#Blogging for Human

Selasa, 27 Oktober 2015

Begini Cara Menjaga Umur Baterai Laptop ASUS A455LD Agar Lebih Tahan Lama

Ada yang punya laptop Asus A455LD? Jika ada toss dulu, berarti kita sama. :D Ini bukan promosi lho ya, tapi hanya sekedar ingin berbagi saja terutama soal cara menghemat baterai laptop Asus A455LD ini.

ASUS A455LD
Image via Kaskus.co.id

Aku yakin pasti yang baru aja punya laptop ini akan bertanya-tanya, lhoh kok baterainya nggak ada?

Hehe, tenang baterai Notebook Asus A455LD ini ada kok, cuma model baterainya nggak kayak laptop-laptop jaman dulu. Sekarang ini modelnya emang tanem baterai, jadi kalau mau ngelepas baterai ini ya harus bongkar laptopnya. :D

Baca juga: Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Tapi jangan khawatir, meskipun baterainya tanem tapi banyak banget keunggulannya. Owh ya, baterai tanem seperti ini bahasa kerennya adalah Baterai Non-Removable sob. Sedangkan baterai yang bisa dicopot itu namanya Baterai Removable. Biasanya, baterai non-removable ini sudah menggunakan baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer.

Sudah ada yang tahu karakteristik Baterai Li-Po (Lithium Polymer)?

Salah satu karakteristiknya yakni bisa memiliki Discharge Rate yang lebih tinggi. Ini artinya baterai Li-PO memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding Li-ion yang sebelumnya banyak dipakai di perangkat notebook.

Di laptop ASUS A455LD ini menggunakan baterai Li-Po. Tentu untuk perawatannya juga berbeda dan yang lebih penting adalah bagaimana menjaganya agar umur baterai laptop bisa bertahan lebih lama (tidak ngedropan).

Baterai ASUS A455LD
Konfirmasi dari Technical Support ASUS
Setelah aku memiliki laptop ini, mulai aku pelajari penggunaan baterai ini. Karena aku punya pengalaman buruk soal perawatan baterai laptop yang salah sehingga malah bikin ngedrop.

Oke, jika kamu ingin menjaga umur baterai laptop Asus A455lD agar lebih tahan lama, bisa mencoba cara ini.

1. Kalau Ada Sumber Listrik, Colok Saja Chargernya

Kalau kalian pas mau make laptop ini, dan di dekat kamu ada colokan listrik, pakai saja. Soalnya kalau sering dipakai dalam keadaan tanpa charging dan menunggung baterai sampai habis dulu, justru itu akan memperpendek umur baterai. Wear Levelnya cepet meningkat. Cek wear level pakai software Baterai Care.

2. Kalau Udah 100% Nggak Usah Dicabut

Kalau pas charging dan ternyata kapasitas baterai Asus A455LD ini sudah 100% Fully Charged, nggak perlu kamu lepas. Colok aja terus sampai kamu matiin laptop. Lhoh apa nggak malah Overcharge? Tenang aja sob, di Asus seri baru termasuk A455LD ini sudah ada fitur Auto Cut-off. Yang artinya ketika kapasitas baterai (dalam keadaan charging) 95%-100%, arus listrik tidak lagi masuk ke baterai (tidak ngisi baterai lagi). Jadi proses charging sudah terputus secara otomatis dan listrik yang digunakan langsung dari colokannya.

Kalau nggak percaya coba kamu praktekan. Ketika baterai sudah 100% Fully Charged, cabut saja adaptornya hingga kapasitas berada diantara 93% - 99%. Kalau sudah dalam range itu, kamu colok lagi adaptornya (charging) lalu arahkan kursor mouse ke atas ikon baterai. Pasti akan muncul tulisan (Plugged in, not charging). Kamu juga bisa cek pakai software Baterai Care.

Baterai Asus A455LD


3. Colok Dulu Baru Dihidupin, Matiin Dulu Baru Dilepas

Maksudnya, kalau mau pakai laptop ini sambil di charging. Usahakan langkah pertama laptop di colok adaptornya dulu jika sudah baru hidupin laptopnya. Sedangkan ketika waktu matiin, ya laptopnya dimatiin dulu baru colokan dilepas.

4. Jangan Sering Di Charging

Maksudnya gini, kan ada yang pakai laptop kalau baterai sudah 100% ya udah nggak di charging, nanti di charging kalau udah 10-20%. Nah, seperti ini sebenarnya nggak bagus. Pokoknya ikuti seperti poin 1 di atas.

5. Lakukan Kalibrasi

Kalibrasi ini gampangannya merefresh ulang baterai. Biasanya kalibrasi dilakukan jika sudah dilakukan pengisian ulang sebanyak lebih dari 30 kali, atau Wear level menunjuk angka yang tinggi. Atau indikasi lainnya adalah jika indikator baterai tidak bisa 100% meski sudah lama di charging.

Beli notebook ASUS yang sudah ada fitur auto-cut off di sini.

Lalu Bagaimana melakukan kalibrasi ini?

Karena aku belum pernah melakukan kalibrasi baterai di Asus A455LD ini, jadi aku share dari pengalaman orang lain saja. Berikut caranya :

Ada yang mengatakan kalau beberapa jenis laptop ASUS memiliki pengaturan BIOS yang digunakan untuk kalibrasi baterai. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa reboot laptop lalu tekan F2, lalu cari pilihan "Start Battery Calibration". Maka BIOS akan melakukan pengisian baterai hingga penuh, lalu kamu akan disuruh untuk melepas power adaptop laptop dan membiarkannya untuk proses pengosongan baterai. Jika baterai telah habis, maka proses kalibrasi selesai dan Restart laptop masuk ke sistem operasi seperti biasanya.

Namun, jika di BIOS laptop ASUS kamu tidak memiliki fitur ini, terpaksa harus melakukan secara manual. Begini caranya :
  1. Lakukan pengisian baterai hingga penuh.
  2. Setelah benar-benar penuh, cabut power adaptor dan lakukan reboot.
  3. Setelah kamu ke power option untuk mematikan semua notifikasi alarm baterai ketika baterai menunjuk level low.
  4. Biarkan laptop Anda mati sendiri karena baterai benar-benar habis.
  5. Setelah itu lakukan pengisian ulang sampai penuh kembali dan jika sudah lakukan reboot lagi. Maka laptop bisa digunakan kembali seperti semula.
Nah, itu sedikit sharing soal menjaga umur baterai ASUS A455LD agar lebih awet. Ada pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar.


loading...
Begini Cara Menjaga Umur Baterai Laptop ASUS A455LD Agar Lebih Tahan Lama 4.5 5 S Adi Firmansyah Selasa, 27 Oktober 2015 Jika kamu memakai laptop ASUS A455LD, coba pakai cara menjaga umur baterai laptop ini agar lebih awet Ada yang punya laptop Asus A455LD? Jika ada toss dulu, berarti kita sama. :D Ini bukan promosi lho y...
Selasa, 27 Oktober 2015Selasa, Oktober 27, 2015

Begini Cara Menjaga Umur Baterai Laptop ASUS A455LD Agar Lebih Tahan Lama

Jika kamu memakai laptop ASUS A455LD, coba pakai cara menjaga umur baterai laptop ini agar lebih awet 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

175 komentar:

  1. tips penting nih~ apakah berlaku untuk laptop jenis lain juga? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku untuk jenis laptop yang pakai baterai Lithium Polymer :D tapi nggak tahu apakah merk lain ada fitur Auto Cut-off nya kalau udah 100%

      Hapus
    2. Apakah Asus A455LB dan Asus A455LF juga punya fitur auto cut-off?
      Cara tahunya dari mana ya?
      Terima Kasih

      Hapus
    3. Cara mengetahuinya sudah saya sebutkan di atas. Tandanya ada tulisan "Plugged in, not charging". Silahkan baca lagi artikelnya di bagian tengah.

      Hapus
    4. Mas punya saya kok sekarang fitur auto cut off nya gak aktif ya?, padahal kemarin masih aktiv kalau udah 90persen

      Hapus
  2. gan laptop ane baru beli (tipe a455lb) tapi wear level udah 2.61% wajar kaga?

    BalasHapus
  3. Kalau baru beli usahakan di charge dulu kurang lebih 8 jam, baru setelah itu dipakai. Dan dilihat wear levelnya.

    BalasHapus
  4. bateraiku dah rusak,, mau beli mahal

    BalasHapus
  5. klw main pes 2015 kagak papa kah gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman mas, saya pun sering main PES 2015 pakai laptop ini :D Tapi rekomendasi saya di upgrade dulu RAM nya, minimal 4GB lah.... terus kalau ngegame tetep di colok listrik (charger) aja, biar baterai awet.

      Hapus
    2. Di charge tapi baterai nya di lepas apa jangan bang?

      Hapus
    3. emang baterainya bisa dilepas?

      Hapus
  6. Hmmm... laptop saya ASUS seri A455L (Tanpa ada kata D-nya) apakah baterainya lithuim polimer kah? Ada fitur Auto Cut-off kah? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sama aja gan ada D atau tidak... laptop sekarang ini khususnya ASUS pakainya baterai Li-Po. Untuk Auto Cut-Off ada. Di cek aja, kalau pas kapasitas baterai 98% coba dicolok chargernya, nanti pas muncul "Plugged in, not charging"

      Hapus
    2. Wah mantap langsung di bales komentar saya, padahal baru beberapa menit yang lalu saya komentar :D

      Oke gan terima kasih banget udah ngejawab pertanyaan saya, sukses selalu gan blognya :D

      Hapus
  7. Maaf gan tanya lagi, kok setelah sudah 98 persen baterai saya tidak ada notif "Plugged in, not charging" ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Notifnya emang nggak muncul sendiri, tapi taruh kursor di atas indikator baterai, nanti muncul gini >> http://prntscr.com/9f6959

      Hapus
  8. Gan kalo chargernya panas itu gapapa? Soalnya kalo saya pake gaming suka panas chargernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai stabilizer. Mungkin listrik rumah mu nggak stabil.

      Hapus
  9. gan punya ane A455LD WX110D kok plugged in, charging terus ya ? padahal udh sampai 100% tetep saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek pakai Software BatteryCare, lihat gambar ini http://prntscr.com/9idlhm

      Hapus
  10. gan, ,minta kontaknya boleh ga? mau nanya2 nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan tanya lewat komentar ini saja, biar pertanyaan kamu juga bisa dibaca yang mungkin punya masalah seperti pertanyaan kamu. Pasti aku jawab, kalau aku bisa jawab. Thx

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kirim pertanyaan lewat kolom komentar ini.

      Hapus
  12. gini laptop saya asus A455L udah di cek wear levelnya dan udah 12,44% itu harus di kalibrasi atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dipakai berapa bulan itu laptop? dan penggunaan sehari-hari gimana? apa selalu dicolok ke listrik atau kalau pas baterai habis terus colok?

      Saran pertama sebaiknya lakukan pengisian baterai selalu ketika dipakai. Isi full dulu, lalu lepas colokan, gunakan hingga persentase 80-95% lalu colok lagi. begitu terus sampai wear level turun.

      Kalau nggak turun-turun, lakukan kalibrasi.

      Hapus
    2. Tapi sebaiknya kalau mau kalibrasi, cek dulu pakai BatteryCare, apakah sudah disarankan untuk dilakukan kalibrasi >> cek gambar ini http://batterycare.net/images/ss/ssbc06.png

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Bang, laptop saya a455l pas saya cek wear level nya sudah 10,56% . Laptop sudah digunakan 6 bulan lebih . Apa itu normal atau tidak ?
    Terus kalo misalkan cara turun wear level kan full charge terus cabut , lalu colok lagi jika sudah 80-95% . Cabut charging setiap full atau gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan, sering2 dicabut, kalau ada sumber listrik colok aja chargernya, meskipun baterai udah 100%. Baca artikel ini : http://www.virmansyah.info/2015/12/tentang-wear-level-cycle-baterai-kalibrasi.html

      Hapus
    2. Terus kalo misalkan wear level nya udah 12,92% gimana ?

      Hapus
  15. mau tanya, caranya agar bisa tau wear level itu gmn ?

    BalasHapus
  16. bro mau nanya, kalo dari SS berikut betrai laptop saya apakah normal ?
    http://prntscr.com/9lx4z5

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wear Level udah gede, sepertinya sudah saatnya dilakukan Kalibrasi. Coba dicek juga pakai BatteryCare. Itu baterainya pakai Lithium Ion ya? Ini laptop keluaran lama apa baru sih

      Hapus
  17. nah ini bro beda ama pake betray care waer level nya --> http://prntscr.com/9lxcut

    keluaran 2015 bro , pke Li-Ion

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal-normal saja. Sekarang gini, kalau ente ngerasa baterainya boros, coba buat di kalibrasi. karena ente yang merasakannya sendiri

      Hapus
  18. Mas mau nanya, kemarin laptop saya A455LD dibongkar terus batrenya dicopot. Pas dipasang kembali laptop langsung hidup sendiri, setelah itu ada tulisan plugged in, not charging padahal gak di charge, pas di charge gak mau ngisi. Gimana cara ngatasinnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngatasinya ya dibongkar lagi, pastikan masangnya bener, kemungkinan itu ada yang salah. (Jangan tanya salahnya dimana, saya bukan tukang servis). Lebih baik bawa ke tempat service kalau emang dirimu nggak yakin bisa memperbaiki sendiri.

      Hapus
  19. Gan kok Asus A455l ane batre nya Lithium Ion bukan Li-Po ?? Fast Respond ya gan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar bos, saya nggak online terus, jadi nggak bisa Fast Respond.

      Silahkan liha saja konfirmasi dari pihak ASUS nya >> http://prntscr.com/9qcjr5

      Hapus
  20. bang punyaku sudah 100% kok nggak not charging ya? padahal kmaren ada notifnya not charging,,
    kalo misalnya nggak aku cabut casnya gpp ta? >>http://prntscr.com/9sg1l2

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cabut dulu, terus biarin sampai 95-99% baru dicolok, nanti muncul Plugged in not charging gak

      Hapus
  21. gan.. laptop ane baru pakai 1 bulan.. tpi wear levelnya udh 6%.. laptop ane asus jg merk a455lf.. itu wear level ane tinggi gr2 pemakaian ane salah.. ane baru tau kalo cara charge nya seperti yg agan sebutin diatas.. kira2 wear lvl ane bisa nurun gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digunakan dengan cara yang benar dulu saja, nanti wear level turun sendiri

      Hapus
  22. mas ini termasuk seri laptop A455LF juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hampir sama speknya. kalau nggak salah bedanya cuma di prosesornya

      Hapus
    2. berarti punya sanya ada cut offnya juga? a455lf

      Hapus
  23. Asus a455l hbis instalasi windows dan program2nya d tinggal bentar tiba2 mati dan gk bisa menyala, knp gan? Windows 8.1

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin windows-nya atau program2nya atau drivernya ada yang corrupt....

      Hapus
  24. gan ane ada laptop kayak ente. itu kok di kardusnya tulisannya Li-ION tanpa ada tambahan polymer ya? apa karena perbedaan tahun ya? saya beli di tahun 2014. kalo saya ganti baterai gitu yang harusnya pake Li-ion tapi beli yang Li-Po bisa ga? makasih :D

    BalasHapus
  25. Gan, laptop ane juga sama kayak ente a455l, tp dah 100% kok tetep plugged in,charging ya ?

    BalasHapus
  26. bang, ada resikonya gk kalo kita salah pas waktu proses kalibrasi ?

    BalasHapus
  27. Kalo asus k401lb ada auto cut offnya ga?

    BalasHapus
  28. wear level itu apa ya maksudnya?

    BalasHapus
  29. Mas klo wear levelnya seperti ini apakah masih normal atau tidak? Bagaimana cara menurunkan wear levelnya?
    http://prnt.sc/abuqpj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru menggunakan laptop itu sekitar 2 minggu, apakah wear level baterai laptop saya normal mas?

      Hapus
  30. mau tanya, saat laptop saya mau matikan baterai laptop 49% beberapa jam kemudian saya nyalakan kok tiba tiba baterainya 100% lalu saya restart lagi dan baterai kembali seperti saatmau dimatikan, ini kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai OS apa mbak? Windows 7/8/10? Kemungkinan cuma masalah windowsnya saja.

      Hapus
  31. gan saya mau tanya laptop saya asus a455ld , kenapa ya gan klo habis pemakaian lama trus di shut down, lampu indikatornya tidak mau mati.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan matikan semua program yang berjalan dulu sebelum di shutdown

      Hapus
  32. Mas mau tanya baterai laptop lipo tapi saat saya liat pas 93% keatas kok gak not charging ya? Padahal kemarin kemarin not charging, oh ya mas tolong bales pertanyaan saya kemarin please

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin chargernya perlu di copot terus pasang lagi

      Hapus
    2. udah, tapi tetep charging, kemarin kemarin kalo dirange sekitaran itu mesti not charging, gimana ya?

      Hapus
    3. waduh apa nya, coba pakai baterai sampai habis dulu, terus di charger sampai full.

      Hapus
  33. sudah gan , tapi tetap ngga mau mati lampu indikatornya

    BalasHapus
  34. Bray , mau nanya notebook asus A455LF-wx039t , baterainya Non-Removable , tipe yg digunakan baterai nya apa ya ??
    kalau ngecesh baterainya, apa notebook posisi mati Atau pas waktu nyala / dipakai sambil ngeces ??? lebih baik yang mana ??

    maklum newbie saya...
    Terima Kasih....

    BalasHapus
  35. Bray , mau nanya notebook asus A455LF-wx039t , baterainya Non-Removable , tipe yg digunakan baterai nya apa ya ??
    kalau ngecesh baterainya, apa notebook posisi mati Atau pas waktu nyala / dipakai sambil ngeces ??? lebih baik yang mana ??

    maklum newbie saya...
    Terima Kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya pakai tipe Li-Po, kalau dipakai usahakan tetap dicolok adaptor saja. selama masih ada sumber listrik.

      Hapus
  36. mas kalau mau ngecek wear level dmananya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai software "Battery Care", googling aja, ada kok

      Hapus
  37. kalau wear levelnya 1.97% pemakaian bru 2 minggu wajar gk?

    BalasHapus
  38. laptop asus a455lf dh ada fitur auto cut-offnya blm? klw digunakan sambil dicharge full sampai 100% ada bacaan not charging, v pas cek di batterycare ,charge/discharge rate: +1.1 w

    BalasHapus
  39. mas laptop saya pas dipake sambil dicolok adaptor wear levelnya malah naik dri 1.7%- 2,33%. gmana cara nurunin wear levelnya, asus a455lf. makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Colok adaptor ke sumber listri dulu,
      2. Colokan ke laptop
      3. Hidupkan listrik (adaptor)
      4. Hidupkan laptop.

      ---
      Cara mematikan laptop sebaliknya.

      ---
      Usahakan ketika dipakai, jangan cabut pasang charger.

      ---
      pakai laptop tanpa di charger dulu sampai indikator 70-80%, setelah itu dicharger sambil dipakai, hingga 100%.

      ---
      saya gak tau persis gimana cara menurunkannya, pengalaman saya beberapa waktu yang lalu wear level 3% nan, tapi sekarang aku cek udah 0,xx%.

      ---
      Intinya cara penggunaan harus diperhatikan.

      Hapus
  40. wear levelku 3.66 % wahhh wes mulai lelahh padahal lagi 1 bulan lebih

    http://prntscr.com/aknxiv

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, berarti itu cara penggunaannya ada yang salah

      Hapus
    2. kwkw naik nehh iki :v
      http://prntscr.com/aly064

      Hapus
    3. dicolok charger terus wae nek nganggo, ojo cabut lepas cabut lepas

      Hapus
  41. Thanks gan
    Ilmunya mantap kebetulan aku punya sama dengan yang mas punya.....
    Laptop maksud nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, kenapa nggak beli yang agak keren aja

      Hapus
  42. ini laptop punya aku wear levelnya 16% udah, sudah dipake 1 tahun setengah, gimana cara menurunkan wear levelnya?

    BalasHapus
  43. Ada solusi gan aplikasi buat widow 10, ane cek batterycare supportnya win 7/8...

    BalasHapus
  44. tempat ane kagak mau om win 10, dia minta net framework 3.5 .... padahal win 10 net framework 4.61...
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  45. Saya mau nanya nih,kalo batre yang udah ada sistem auto cut off nya amanya sehari di pake berapa jam ya? Atau apakah bisa sampe 24 jam sehari? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman, tapi kalau terus-terusan ya mengurangi umur laptop, kalau mau dipakai 24 jam ya pakai PC aja.

      Hapus
    2. Saya pakainya paling sehari itu cuman 4-7 jam an,jadi apakah amankan jika pake fitur ini setiap hari ?

      Hapus
  46. mas kok wear level saya 16,45% gimana ya
    itu normal gak
    klo gak normal bisa gak kembali k normal mas
    cara nya gimana biar bisa normal lagy mas

    BalasHapus
  47. mau nanya, bukankah jika laptop di gunakan sambil di cash akan berbahaya karena menimbulkan radiasi yang tinggi dari aliran listrik? bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, tapi untuk jenis baterai Li-Po tidak

      Hapus
  48. min laptop ane asus A455LF tipe baterainya Li-ion Pol apakah sama cara perawatannya min, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pakainya Li-ion apa Li-Polymer? kalau Li-Po sama kayak di atas

      Hapus
  49. Sekedar membantu orang yang kesulitan menginstall net 3.5
    Cara install net 3.5 ada 2 macam yaitu Demand / Enable. Prosedur yang diberikan oleh batterycare itu Demand. Pakai cara enable untuk menginstall net 3.5 100% work. ud ane tes.
    Silahkan buka link ini untuk panduannya tapi english.
    https://msdn.microsoft.com/library/hh506443%28v=vs.120%29.aspx

    Saran saja, sekali-kali coba klik solve problem atau troublesolving yang ada di windows ketika gagal menginstall sesuatu.

    BalasHapus
  50. Min. Pemakain 1.5 bulan wear level 4% normal ga? Kasusku sama sperti yang diatas. Tidak tau klo ad fitur auto-cut. Taunya dari sini malahan. Best deh review dan tipsnya.

    BalasHapus
  51. Brarti gakbisa soak atau kembung kan batrainya?

    BalasHapus
  52. kalo untuk battre Li-ion bagaimana tips merawatnya gan? apa kebalikan dari Li-po?

    BalasHapus
  53. Gan kan saya baru beli notebook asus x454w, tipe batterynya sama li-po. Sebenernya lebih baik chargernya dicabut pas 100% terus dicharger lagi pas 20% atau dicharger terus karna udah ada auto cut-off nya? Karna saya masih ragu harus pakai cara yang mana. Kalau battery li-po dicharger terus gak akan ngerusak battery kaya type li-ion kan gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada fitur auto-cut off nya lebih baik dicharger terus aja meski udah 100%

      Hapus
  54. asus saya tipe a455ln pas ud 100% tulisan nya full charged 100% tanpa tulisan Plugged in, not charging apakah sama saja???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lepas dulu, kalau sudah 99% ke bawah, baru colok charger, cek apakah tulisannya sudah "Plugged in, not charging"

      Hapus
  55. Saya baru beli laptop model ini, Trs saya nyalakan dan sambil say cas, tp status powernya "pluged in not charging" kl itu kenapa ya mas? Apakah ini krn istruksinya hrs d cas dl 3 jam sblm pemakaian pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status tsb muncul karena ada fitur auto-cut off, bisa dibaca2 artikel terkait soal ini.

      Hapus
  56. harga baterei non-removable berapaan ya gan yg asus? pernah ganti gak? tadi nanya CS sih bisa, cuman lupa nanya harga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah ganti, Notebook masih baru

      Hapus
  57. Kak, laptop saya asus x453s dan baterainya non removeable. nah stelah saya baca artikel kakak, saya praktekkan dan keluar tulisan plugged in, not charging.
    Itu aman kan Kak utk laptop dlm jangka panjang kalo dipraktekkin terus?
    Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kamu pasti fast reading nih, :D coba baca dan pahami artikel di atas, pasti tahu maksudnya 'plugged in not charging'.

      Maaf, bukannya nggak mau jawab langsung, tapi biar bener paham sama artikel di atas :D #HappyReading

      Hapus
    2. Yang aku tangkep, aman Kak.. Iya kan? :D

      Hapus
  58. kenapa ya min laptop asus A455L saya pas ngeca sudah penuh gak ada bacaan nya (Plugged in, not charging)saat batrai nya udah penuh apakah aman di pakai sambil main

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya wajar g muncul, lha pas ngisinya dibawah 90%, coba kalau udah 100% dicabut bentar, terus pasang lagi, pasti nanti muncul.

      Hapus
  59. Kak, mau nanya..
    Saya baru beli laptop yg sama serinya kayak kakak cuman saat saya cas kok gk naik2 ya baterainya? Mohon masukkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha ada arus listrik masuk nggak :D Jangan-jangan belum dicolok ke listrik. Coba check pakai "battery care" terus lihat arus masuknya. kalau ada arus tapi indikator g naik, mungkin cuma OS nya.... btw pakai OS apa? Win 7 ?

      Hapus
  60. Kemarin coba kalibrasi tp kok wear level ga turun ya? Malah naik. Skrg jd 5%. Trs ane baca2 diatas kalo wear level bisa turun. Pny ane ga perna turun. Tetap aja alias konstan. Padahal ud ikutin cara diatas.

    BalasHapus
  61. laptop saya asus A456U pasti ada gak sih auto-cut off nya? soalnya ini terbaru dari A455LD/A455L . thanks

    BalasHapus
  62. Kak mw tanya, saya brsn beli a555lb, itu termasuk lipo dan ada fitur cuoffnyakan? Kan a555lb sodara ma a455l cuman beda ukuran layar. Brt kalau misa di kos2an buat ngegame gt mending lgsg colok trus aja br nyalain n mainan ya kak? Tolong jawab kak, mksh

    BalasHapus
  63. Min saya mau nanyak, laptop saya itu pass ngecas udah ada sih tulisan not changering tapi tam cek di battrecare kok charger nya 1.1mhz gitu gimana itu min?? Atau boleh dicas terus kalau udah 100% itu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kenapa ya, kurang tau kalau ini. punya ku selama ini baik-baik saja

      Hapus
    2. Batrenya udah polymer kok boleh itu /charger nya yang gak auto cut ya??

      Hapus
  64. mas ane mau tanya,laptop ane asus X455L batterai wear levelnya udah 6% padahal baru 3 bulan beli gimana cara turuninnya mas?

    BalasHapus
  65. Mas ane baru beli laptop dgn batre Li-PO. Berapa lama waktu ngecharge awalnya ya, sampai batre penuh atau sampai 8 jam. thx

    BalasHapus
  66. Min, mau nanya.

    1. Status baterai laptop gue kaya begini http://prnt.sc/bol6gg
    itu fine gaa ya?

    2. Di screenshot tersebut "Charge/discharge rate: -6.1w" itu wajar min?

    3. Kadang kalau udah 100% status baterai "fully charged" terus. Jadi perlu dicabut sampai 96% abis itu dicolok lagi baru "plugged in, not charging" namun seperti pertanyaan no. 2 charge/discharge rate nya selalu bernilai negatif. Apa itu ga masalah?

    Sudah min itu aja, penggunaan laptop masih baru min sekitar tgl 16 juni 2016 hingga sekarang dan modelnya Asus a455lb.

    Terima kasih min, mohon dijawab min. Please dijawab hehe.

    BalasHapus
  67. mas.. kalau update ke windows 10 tapi ram cuman 4 gb , apakah ada masalah mas? suwun

    BalasHapus
  68. gan mau tanya, charger laptop ane hilang terus pake charger merk lain aman gk?

    BalasHapus
  69. Kak misal baterai laptop tinggal 80% di charge gapapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa, selama laptop sudah ada fitur auto-cut off.

      Hapus
    2. Kak kmren abis beli laptop Asus a455ld tapi ga lgs tek charge 8 jam, itu ntar ada pengaruhnya ga?

      Hapus
    3. Karena sudah terlanjur, ya berdoa saja semoga tidak ada pengaruh buruknya.

      Hapus
  70. Mau tanya laptop sy asus x450cc pmakaian 1thnan wear level 20% sy mnanyakan ko battery sy mentok di 89 persen tdk bs full dan indikator hijau ?

    BalasHapus
  71. Gan kalau kita memakai laptopnya cuma sebentar misal 15-30 menitan, sebaiknya di colok chargenya atau ga usah ?

    BalasHapus
  72. Gan laptop saya ASUS X555DG dan kalo cursor di arahkan ke baterai kayak gini -> http://prntscr.com/c3wcjn

    Tapi kalo di klik ada tulisan not charging nya
    Di cek pake BatteryCare charge/discharge rate nya 0 W

    Ada masalah ga tuh?

    BalasHapus
  73. Asus X540SA-XX001D itu mempunyai fitur auto cut-off tidak ? rencana mau beli itu

    BalasHapus
  74. Sore gan, mau nanya nih. Batere laptop ane kalo full tulisannya fully charged, udah ane coba pake sampe 93% tapi tetep fully charged ketika 100%. Ketika ane cek di battery care ada daya yg masuk sekian watt. Lalu ane close battery care dan masuk lagi ternyaya charge/discharge rate jadi 0 W. Apakah laptop ane udh ada fitur auto cut off dan apakah statistik di battery care ga realtime? Maksudnya harus di refresh dulu supaya dapet statistik yg pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merek/Tipe laptopnya apa?

      Battery Care realtime.

      Hapus
    2. Wah kurang tahu kalau HP. Aku cuma pakai Asus.

      Hapus
  75. Gan mau tanya nih battery saya udah 100% masih ngecharge, tipe laptop saya ASUS 456UR, apa laptop saya belum ada fitur autocutoff ??? saya sudah pakai app battery care buat monitoring battery saya. meski udah 100% masih g berhenti ngecharge. apa perlu app / settingan buat autocuttoffnya gan ???
    mohon bantuannya gan...

    BalasHapus
  76. Kang...mo tny nih....

    wear level : 6.21%
    Baterai : Li-Po
    Discharge cycle : 11/30
    Pemakaian : +- 2 bulan..

    1. Kira2 kondisi batere saya wajar ato tidak ?
    2. Gimana cara turunin wear level ?
    3. Apakah perlu dilakukan kalibrasi ?


    Tnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Wajar/Tidaknya tergantung dari cara pemakaian masnya sendiri, jadi saya tidak bisa menyimpulkan.
      2. Coba jangan sering lepas pasang charger. Kalau ada colokan, selalu pasang saja ketika digunakan.
      3. Belum perlu, jika sudah 30/30 baru perlu dilakukan.

      Hapus
  77. asus A455LF dalam keadaan di colok tapi battery gak sampe full 100% cuma sampai 99% dan ada tulisan not charging ? itu gimana masbro ,biasa nya sampe 100% baru cut-off auto

    BalasHapus
  78. Gan,, saya baru beli laptop belum ada seminggu. Kata tokonya udah di cas tapi kalau udah 10% dicas 3 - 4 jam tanpa dimainkan, itu maksudnya suruh dihabiskan dlu baru dicas apa gpp dimainkan sambil dicas?? *typeX540L

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksudnya waktu beli baru, lebih baik dilakukan pengisian ulang terlebih dahulu tanpa dipakai (dinyalakan).

      Hapus
  79. Klo pas 95% sya colok adaptor tulisannya tetep "plug in, charging" itu gmna ? Dibaterai care jg ada arus masuk. Leptop ane klo dicas cuma bisa sampai 99% gk bisa 100% itu knpa ya ? Mohon balasan nya

    BalasHapus
  80. bg sya rencanya mau belli asus a455lb itu baterai nya sma kyk laptop abg apa bukan, dan satu lagi guna kalibrasi itu untuk ap y

    BalasHapus
  81. jenis baterai sama.

    BalasHapus
  82. Gan mau nanya, ane laptop asus a455ld di charger udah 100% tapi di battery care masih ada +1.1w gimana yah ? Kalau di logo battery ada tulisan not charge 😂

    BalasHapus
  83. Nggak masalah mas

    BalasHapus
  84. bg maksud proses pengosoongan itu gimana y, apa harus sampai habis total?

    BalasHapus
  85. sama gan, udah nemu solusi nya belum?

    BalasHapus
  86. Ridho WidyatmokoKamis, 20 Oktober, 2016

    bang cara" diatas sama juga ngga kalo buat yg series A456U ?

    BalasHapus
  87. Ahmad Narendra RendyKamis, 24 November, 2016

    kalo udah 100% tapi di batterycare charge/discharge rate nya masih +1,2W itu udah auto cut off apa belum ya gan, laptop ane asus a456ur

    BalasHapus
  88. fitur auto-cut off sudah ada mas.

    BalasHapus
  89. Tidak masalah.

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.