#Blogging for Human

Sabtu, 29 Agustus 2015

Alasan Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE Lebih Kecil Daripada Download

Kemarin Kamis (27/8/2015) saya melakukan network Drive Test Smartfren 4G LTE di Solo. Nah, dari hasil drive test tersebut sudah saya simpulkan di artikel sebelumnya (Ini Hasil Drive Test Jaringan Smartfren 4G LTE Di Solo). Jika Anda melihat beberapa hasil speed test yang saya upload, tentu akan ada yang aneh. Bagian mananya? Yaitu dibagian kecepatan Upload nya.

Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE


Dari beberapa hasil test jaringan Smartfren 4G LTE yang saya lakukan di Solo maupun di kota saya, Klaten, semuanya memiliki hasil kecepatan Upload yang kecil jika dibanding kecepatan Downloadnya.

Nah, bagi yang kurang tahu tentang hal ini tentu akan mengira bahwa kecepatan 4G LTE Smartfren kecil. Tetapi, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu Download apa itu Upload. Agar nantinya muncul pemahaman yang benar tentang kecepatan ini.

Download, adalah proses mengambil data dari server ke komputer kita. Contohnya, ketika kita membuka halaman website, membuka streaming video, mengambil games dari sebuah website ke komputer kita, dll.

Upload, adalah proses mengirim data (request) dari komputer kita ke server. Contohnya, ketika kita melakukan klik link pada sebuah website, mengirim foto ke media sosial, mengirim file dari komputer ke email, dll.

Itu perbedaan Download dan Upload.

Lalu kenapa hasil speed test jaringan 4G LTE Smartfren untuk Upload kecil sekali?

Dari hasil penjelasan Bp. Munir Syahda Prabowo selaku Head of Network Special Project Smartfren setelah melakukan Drive Test Network Smartfren 4G LTE kemarin adalah penggunaan pelanggan Smartfren lebih banyak melakukan kegiatan Download katimbang Upload.

Kegiatan download seperti browsing (membuka laman web), streaming video, download file, lebih banyak dilakukan sehingga alokasi bandwidth Download memang diberikan ruang yang lebih besar.

Kecepatan Upload Smartfreen 4G LTE dari yang saya test memang sekitar antara 1 Mbps - 6 Mbps.

Namun, ternyata ada juga yang pernah mendapatkan kecepatan di bawah 1 Mbps. Nah, kalau seperti ini bagaimana?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kecepatan Upload jaringan Smartfren 4G LTE di bawah 1 Mbps.

1. Masuk Jaringan EVDO

Bisa jadi ketika mengukur kecepatan, jaringan tidak berada di coverage 4G LTE atau jaringan beralih di EVDO. Sehingga wajar jika kecepatan Upload berada di bawah 1 Mbps. Untuk itu, pastikan memilih mode network LTE Only agar selalu terkunci pada jaringan LTE.

2. Pemilihan Server Speed Test

Pengetesan kecepatan menggunakan Aplikasi Speed Test (OOKLA) juga mempengaruhi. Apalagi jika kita mendapatkan server yang sedang padat, sehingga ini menentukan kualitas speed test. Sebaiknya sebelum melakukan pengetesan menggunakan Aplikasi OOKLA SpeedTest, Anda menuju ke Setting dulu. Di sana ada pengaturan pemilihan server, apakah bisa Auto Select, atau Anda bisa memilih server yang ingin digunakan untuk melakukan pengetesan.

Itulah alasan mengapa kecepatan Upload Smartfren 4G LTE lebih kecil jika dibanding kecepatan Uploadnya.

Ada pertanyaan? Silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah.



loading...
Alasan Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE Lebih Kecil Daripada Download 4.5 5 S Adi Firmansyah Sabtu, 29 Agustus 2015 Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE hasilnya selalu kecil dibanding kecepatan Download. Ini Alasannya.. Kemarin Kamis (27/8/2015) saya melakukan network Drive Test Smartfren 4G LTE di Solo. Nah, dari hasi...
Sabtu, 29 Agustus 2015Sabtu, Agustus 29, 2015

Alasan Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE Lebih Kecil Daripada Download

Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE hasilnya selalu kecil dibanding kecepatan Download. Ini Alasannya.. 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

11 komentar:

  1. Seneng denger gebrakan smartfren gini, setidaknya ada cadangan kalau sewaktu2 Tri jadi mahal atau jadi lemot.. semoga sinyal smartfren yang bagus juga sampai wonogiri, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Yos, Ehm, mungkin sarannya untuk masalah kuota hehehe

      Hapus
  2. yang penting buat download om, jangan upload hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas, tapi kalau buat yang main YouTube (Publisher) Upload penting tuh :D

      Hapus
  3. wahh.. mas virman ikut speed test, aku ikut pre-launching yg di jakarta gak pake coba2 gini, cuma nyobain streaming dr hapenya..
    btw, makasih infonya mas,, emang bener sih,, aku juga lebih sering donlot drpd upload

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, kemarin ikut Drive Test di Solo. :)

      Hapus
  4. kecepatan upload Smartfren saya sangat amat hancur, kecepatan downloadnya 10Mbps sedangkan uploadnya ga pernah sampai 0,3Mbps. Suram suram

    BalasHapus
  5. Download hp gua cuman 0.3 gan. Bangsat gak? Jalan aja kagak. Gua jual juga ni hanpon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin hapenya sudah support 4G dan jaringan+simcardnya sudah mendukung 4G?

      Hapus
  6. Ane beli mifi m3y, keadaan ponsel connet mifi dan tidak digunakan apa2, dalam 1 menit total uploud sudah 10mb, aneh sekalee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada background apps yang berjalan di Android. Kalau pengen ngecek ya jangan disambungin ke ponsel.

      Hapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.