#Blogging for Human

Senin, 26 Mei 2014

Kegiatan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda

Kegiatan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda - Semakin bertambahnya umur manusia maka itu dapat berdampak pada daya ingatnya. Tetapi hal itu tidak dapat menjadi patokan utama, buktinya ada beberapa yang masih di usia muda tetapi memiliki daya ingat yang rendah.

Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa sebab. Beberapa faktor diantaranya seperti faktor genetika, lingkungan, aktifitas dan lainnya.

Memori manusia dapat ditingkatkan dengan cara dilatih. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa aktifitas sederhana yang dapat meningkatkan daya ingat manusia.

daya ingat wanita
image credit

1. Belajar Bahasa Baru

Bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia. Dengan bahasa seseorang dapat berbagi tentang segala hal. Ada banyak bahasa yang ada di dunia ini sesuai dengan negara dan daerah masing-masing. Tak ada salahnya jika kita belajar bahasa asing yang belum pernah kita tahu sebelumnya. Karena dengan belajar bahasa baru ini dapat melatih memori otak manusia. Adanya kosakata baru yang masuk membuat daya ingat akan terus terlatih. Adanya interaksi mental/memori dengan verbal dalam pelafalan bahasa baru membuat ota bekerja ke tingkat terbaiknya.

2. Bermain Puzzle

Jenis permainan yang satu ini memang tidak terbatas pada umur. Siapa saja dapat memainkan permainan puzzle. Dan jenis permainan puzzle ini sangat beragam. Ada yang menyusun gambar, kata, dan lainnya. Ini sangat baik untuk melatih daya ingat Anda. Karena dapat merangkat otak/pikiran yang selanjutnya diekspresikan ke dalam tindakan. Bahkan sekarang diketahui bahwa bermain permainan kata-kata/puzzle setiap hari dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit Alzheimer di kemudian hari. (Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua. - Baca selengkapnya mengenai Penyakit Alzheimer di Wikipedia)

3. Mendengarkan Musik

Musik selain sebagai media hiburan, juga dapat sebagai alat terapi. Mungkin Anda pernah mendengar sebuah terapi musik atau biasa disebut "melotherapy". Musik dapat merangsang otak manusia untuk meningkatkan fokus mental dan fungsi kognitif dalam jangka panjang. Bahkan ada yang mengklaim, mendengarkan musik klasik dapat membantu bayi dan anak-anak dalam meningkatkan kemampuan otak dan keterampilan kefasihan verbal. Dan musik klasik juga sebagai terapi bagi orang yang kehilangan memori/daya ingat.

4. Senam Otak

Ya, bagi beberapa orang mungkin sudah tau senam otak ini. Bagi yang belum tahu silahkan cari di Google Senam Otak. Senam otak ini melibatkan beberapa anggota tubuh misalnya ada yang menggunakan jari sebagai media latihan merangsang otak. Senam Otak apabila dilakukan dengan rutin memang dapat meningkatkan kemampuan daya ingat manusia.

5. Berbicara Dengan Diri Sendiri

Kelihatannya memang agak aneh dan dikira orang gila. Berbicara sendiri sensasinya akan berbeda dengan berbicara dengan orang lain. Berbicara sendiri membutuhkan mental yang lebih dan dapat melatih emosional.

6. Membaca dan Menulis

Membaca selain dapat memperkaya wawasan juga dapat meningkatkan penyerapan informasi-informasi baru. Tentu ini sangat berdampak baik bagi otak. Menulis juga dapat merangsang otak, karena sebuah kata/tulisan itu akan muncul dari sebuah pikiran/otak/memori lantas diteruskan ke jemari.

Masih ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Dengan melalukan hal-hal sederhana ternyata ada manfaatnya kan.




loading...
Kegiatan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda 4.5 5 S Adi Firmansyah Senin, 26 Mei 2014 Ada beberapa kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat Anda. Kegiatan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda - Semakin bertambahnya umur manusia maka itu dapat...
Senin, 26 Mei 2014Senin, Mei 26, 2014

Kegiatan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda

Ada beberapa kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat Anda. 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.