#Blogging for Human

Sabtu, 02 Februari 2013

Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole)

Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole) | Bagi yang suka dengan dunia fotografi tentunya tidak asing dengan istilah pinhole atau kamera lubang jarum, tapi jika ada yang belum tahu hmm berarti belum 100% suka fotografi nih :D.

Kamera pinhole itu memang cikal bakal dari kamera-kamera yang ada pada saat ini. Sekarang nge-Trend nya Kamera DSLR yang sangat digandrungi para kaum muda, entah mereka memang memiliki jiwa fotografi atau hanya sedekar untuk jepret saja.

Bagi anda yang ingin menekuni dunia fotografi, sebisa mungkin mengerti tentang dasar-dasar fotografi itu. Bagaimana sih caranya kok gambar atau objek bisa ketangkap oleh kamera, bagaimana sih cara kerja kamera itu?

Nah, itu menjawab semua ini, alangkah enaknya jika mencoba Kamera yang satu ini, yaitu Kamera Lubang Jarum atau Pinhole. Karena dengan kamera ini kita akan bekerja mengambil suatu objek dengan cara yang manual semua bahkan alatnya pun manual. Saya pernah mencoba membuat kamera pinhole ini dengan berbagai macam barang seperti kaleng, botol teh kotak dan tempat korek api.

Di sini saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat kamera lubang jarum, tetapi jika kalian ingin mencoba membuat kamera lubang jarum ini saya punya referensinya.

Dengan Kamera Lubang Jarum ini, kita akan bisa melihat cara kerja sebuah kamera dan kita nanti akan dituntut bisa memperhitungkan semuanya misalnya jarak objek, intensitas cahaya dan lain-lain. Beda dengan memotret dengan kamera DSLR tinggal cepret pakai mode otomatis, hasil langsung jadi dengan gambar yang memuaskan.

Tetapi dengan kamera lubang jarum ini kita nanti tidak dapat melihat hasilnya secara langsung karena kita harus memprosesnya terlebih dahulu. Disinilah asyiknya, kita hanya bermain insting kira-kira nanti hasilnya gimana. Media rekamnya pun juga termasuk jadul, yaitu berupa Kertas BW atau bisa juga memakai role film.

Berikut beberapa hasil dari kamera lubang jarum saya, ada beberapa yang belum sempet saya scan soalnya dalam bentuk kertas BW.








Bagi yang ingin mencoba kamera lubang jarum, silahkan gunakan referensi dari Cakpii http://cakpii.co.uk/membuat-kamera-pinhole-sederhana-dari-kaleng/



loading...
Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole) 4.5 5 Adi Firmansyah Sabtu, 02 Februari 2013 Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole) | Bagi yang suka dengan dunia fotografi tentunya tid...
Sabtu, 02 Februari 2013Sabtu, Februari 02, 2013

Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole)

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.