Jenis-Jenis Lensa Kontak (Contact Lens)

Jenis-Jenis Lensa Kontak (Contact Lens) – Seseorang menggunakan kacamata pasti kalau matanya sedang bermasalah ya mungkin hanya untuk bergaya saja. Tetapi ada juga orang yang tak suka memakai kacamata karena berbagai faktor.
Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan lensa kontak. Khususnya bagi penderita mata minus/plus yang tidak suka menggunakan kacamata, Lensa Kontak adalah solusi yang dapat digunakan. Namun, lensa kontak ini terbilang mahal dan perawatannya pun tidak boleh sembarangan. Untuk mengetahui tips merawat Lensa Kontak anda bisa baca di sini.
Lensa Kontak itu sendiri ada beberapa jenis, dan menurut dr. Nadia Octavia – Klik Dokter, ada 3 Jenis Lensa Kontak, yaitu :
3 jenis lensa kontak - contact lenses

1. Soft Contact Lenses

Soft contact lenses adalah jenis lensa kontak yang sering disukai serta digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah mata seperti:
  • Rabun jauh (miopi)
  • Rabun dekat (hipermetropi)
  • Astigmatisma
  • Presbiopi
Contact Lens ini mengikuti bentuk mata, lebih nyaman dan cenderung berada pada posisi yang statis. Sehingga, lensa kontak jenis ini adalah pilihan yang dianjurkan jika Anda adalah seseorang yang memiliki keaktifan yang tinggi dan juga senang berolahraga.
 

2. Hard Contact Lenses

Contact Lens jenis ini memberikan pandangan yang lebih jelas dan lebih tajam pada beberapa masalah mata tertentu, terutama jika Anda sudah mencoba menggunakan soft contact lenses dan tidak puas dengan hasilnya.
 
Pada Lensa Kontak jenis ini memiliki sirkulasi udara yang lebih baik daripada soft contact lenses sehingga dapat mengurangi resiko infeksi. Untuk dapat menggunakan lensa kontak jenis ini dibutuhkan waktu hingga kurang lebih 1 minggu untuk dapat beradaptasi dengan lensa kontak ini karena lensa kontak jenis ini seringkali berpindah posisi.

3. Lensa kontak jenis khusus

  • Hybrid contact lenses

Hybrid contact lenses memiliki fitur pusat lensa yang keras (permeabel terhadap udara) yang dikelilingi dengan lapisan yang lunak. Hybrid Contact Lenses lebih cocok untuk Anda yang memiliki masalah dengan kurvatura kornea yang ireguler (keratoconus).
  • Bifocal or multifocal contact lenses

Bifocal or Multifocal Contact Lenses tersedia dalam bentuk lunak dan keras, dapat mengkoreksi berbagai kelainan seperti: miopi, hipermetropi, presbiopi dan astigmatisma.
  • Tinted contact lenses

Tinted Contact Lenses digunakan sebagai fungsi kosmetik atau terapeutik serta digunakan untuk meningkatkan persepsi warna dan membantu kompensasi pada penderita buta warna.
Nah bagaimana sudah sedikit tahu kan tentang jenis lensa kontak, sehingga anda nanti dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan mata anda. Tetap jaga kesehatan mata ya 🙂

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *