CMS WordPress adalah? Ini Sejarah dan Fiturnya

Dikategorikan dalam Teknologi
CMS WordPress

CMS WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan orang. CMS ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. CMS WordPress ini sangat populer sebagai blog engine, namun meskipun dikategorikan sebagai CMS blog, CMS ini sangat powerfull dan dapat dikembangkan untuk dijadikan sebuah CMS website lainnya karena CMS WordPress termasuk Open Source.

Karena Open Source, CMS WordPress ini mudah untuk dikembangkan dan dimodifikasi oleh penggunanya. Hal mudah yang dapat dimodifikasi adalah dari struktur templatenya.

Dan bagi yang sudah familiar dengan pemrograman php mysql, maka modifikasi akan berlanjut ke penambahan function-function CMS ini, sehingga akan dihasilkan sebuah website yang powerfull.

Sejarah CMS WordPress

Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog. (sumber : Wikipedia)

WordPress.org adalah situs resmi dari CMS WordPress ini. Di sini, anda dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Untuk CMS WordPress Bahasa Indonesia dapat di download di https://id.wordpress.org, ada beberapa kontributor atau pengembang di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro / UNDIP Semarang.

Dengan memanfaatkan situs https://id.wordpress.org, seseorang yang tidak mengerti Bahasa Inggris masih dapat menggunakan WordPress dengan mudah. Selain itu juga ada CMS WordPress  Versi Bahasa Jawa yang dapat di download di https://jv.wordpress.com

Kelebihan dan Fitur CMS WordPress

  • CMS WordPress Gratis. Untuk mendapatkan CMS WordPress Anda tinggal download dari situsnya di www.wordpress.org tanpa dipungut biaya sepersen pun, kecuali biaya internet anda.
  • Berbasis Open Source. Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun CMS WordPress tersebut secara bebas, sehingga anda yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas dan leluasa melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program CMS WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan Anda.
  • Template atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis (https://wordpress.org/extend/themes/).
  • Pengoperasiannya mudah. Bagi pemula, tentu hal ini amat membantu.
  • Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
  • Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger / Blogspot, LiveJournal, TypePad, dan beberapa mesin blog lain, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan CMS WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan CMS WordPress. Karena di dalam CMS WordPress sudah tersedia fitur Export Import.
  • Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress. Banyak forum yang mendukung pengembangan WordPress ini. Contohnya : https://wordpress.org/support/, https://id.forums.wordpress.com/, dan https://id.forums.wordpress.com/.
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang (https://wordpress.org/extend/plugins/), karena para pengembang web di Indonesia juga memberikan kontribusinya kepada WordPress. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, dan sebagainya. Sehingga dengan tambahan plugin ini, website atau blog Wordpres Anda akan lebih powerfull.
  • Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  • Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  • Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi (https://wordpress.org/extend/).
  • Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikategorisasikan ke dalam beberapa kategori. Misalnya jika kita mempunyai artikel tentang “Sejarah WordPress” kita dapat memasukkan artikel tersebut dalam kategori “Blog”, “Informasi”, atau “Internet”. Dengan multi kategorisasi ini pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback.
  • Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
  • Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).
  • SEO Friendly. Salah satu alasan mengapa banyak yang menggunakan WordPress adalah dari segi SEO nya. CMS WordPress dapat dengan mudah dikelola dalam hal SEO karena selain banyak plugin SEO, juga customisasi permalink dan template sangat mudah.

Versi CMS WordPress

Saat artikel ini dipublish, CMS WordPress sudah masuk dalam versi 5.9 (Josephine) yang dirilis pada 25 Januari 2022. Dalam pembaharuan terbarunya ini, WordPress 5.9 sudah mendukung PHP 8.0 dan 8.1. Serta adanya perbaikan dari sisi desain dan antarmuka theme.

CMS WordPress juga dapat digunakan untuk membuat toko online, karena tersedia plugin seperti WP E-Commerce,Plugin YAK, eShop, dll.

Saya juga pernah posting tentang Panduan Membuat Toko Online WordPress dengan Plugin eShop, dengan plugin eShop sangat gampang, namun kurang powerfull. Jika ingin yang lengkap, dengan plugin WP E-Commerce.

Jika anda sudah menguasai CMS WordPress dan syukur-syukur bisa membuat templatenya sendiri. Anda pun bisa membuka sebuah Jasa Pembuatan Website dengan menggunakan CMS WordPress, lumayan bukan untuk menambah penghasilan, apalagi saat ini media internet sudah menjadi hal biasa yang sebuah gaya hidup. Apalagi untuk Toko Online, saat ini bisa menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan produk.

Meskipun dari segi fitur sangat banyak, namun WordPress juga masih memiliki kelemahan disisi Keamanan, meskipun juga ada plugin yang membantu dari segi Security tetapi juga harus tetap berhati-hati. Oleh karena itu, Pihak Pengembang WordPress selalu mengupdate versi dan memperbaiki bugs yang ada di versi sebelumnya. Namun tidak jarang, celah keamanan WordPress justru datang dari penggunaan plugin-plugin yang sembarangan atau penggunaan template.

Jika anda ingin menggunakan CMS WordPress ini, anda sebelumnya harus memiliki sebuah Domain dan Hosting. Dan selanjutnya anda tinggal install CMS WordPress ini di hosting anda.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Teknologi

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *