#Blogging for Human

Senin, 17 April 2017

Kuliner Unik Manado Yang Wajib Kamu Coba Saat Traveling Ke Manado

Artikel ini disponsori oleh Airy Rooms, sebuah layanan booking hotel online yang melayani akomodasi hotel di berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara.

Kuliner Khas Manado

VIRMANSYAH.info - Traveling ke Manado pasti yang dituju adalah objek-objek wisata alamnya. Ya, karena di Manado banyak sekali wisata alam yang memanjakan mata kita selama di sana.

Misalnya saja taman laut Bunaken yang udah terkenal sejagad dunia itu. Terus ada danau Tondano, Kota Bunga Tomohon, Taman Wisata Tandurusa dan masih banyak lainnya.

Tapi tahukah kamu kalau selain kaya akan wisata alam, Manado juga menyimpan kuliner yang unik dan khas Manado yang ciamik sekali?

Kali ini aku mau share ke kalian apa-apa saja kuliner unik dan khas yang ada di Manado.

Yang pertama adalah :

#1 Panada

Sekilas kalau dilihat mirip kayak makanan bernama "pastel", ya orang jawa menyebutnya pastel. Tetapi Panada khas Manado ini berbeda dengan pastel. Meski sebenarnya bukan makanan khas Manado, tetapi panada ini cukup digandrungi masyarakat di sana.

Panada
Foto diambil dari dapurzahira.blogspot.co.id
Lhoh kok bukan makanan khas?

Ya, karena Panada ini asal usulnya merupakan makanan peninggalan masa Portugis dulu yang pernah datang ke Minahasa. Nah dari abad itu hingga sekarang Panada ternyata menjadi makanan yang populer di Manado.

Dinamakan Panada karena makanan ini memiliki arti "empanada" yang juga berarti makanan yang berisi ikan dan dibungkus roti. Biasanya Panada diisi dengan ikan cakalang yang diolah dengan bumbu dapur seperti daun jeruk, bawang merah putih, cabe, kemangi.

#2 Klappertaart

Duh namanya sulit ya, dan Klappertaart ini juga bukan khas Manado. Tetapi berasal dari Belanda yang diolah dengan sentuhan budaya Indonesia. Makanan ini berjenis kue yang dibuat dari bahan kelapa muda dan air kelapa.

Klappertaart
Foto diambil dari http://anekatempatwisata.com
Teksturnya lembut dan rasanya manis, tidak seperti makanan-makanan khas manado lain yang rasanya asam dan pedas.

#3 Sambal Roa

Wah ini mah wajib banget diburu kalau lagi ke Manado. Sambal Roa ini dibuat dari ikan roa atau ikan julung namanya. Cara pembuatannya pun unik, ikan yang sudah dibersihkan sisiknya lalu dilakukan pengasapan setelah itu diolah dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan bumbu lainnya.

Sambal Roa
Foto diambil dari doyanmasak.com
Sambal Roa ini sangat mencerminkan makanan khas Manado yang pedas. Rasanya pedasnya ini unik dan beda dengan sambal-sambal yang ada di daerah lain. Inilah yang menjadi populer di kalangan para wisatawan.

#4 Cakalang Fufu

Menikmati kuliner ikan yang digoreng atau bakar sudah biasa, tetapi kalau diasap rasanya gimana yaa? Nah kamu mesti coba makanan khas Manado ini. Namanya Cakalang Fufu.

Cakalang Fufu
Foto diambil dari bisnisukm.com
Cakalang Fufu adalah ikan cakalang yang diasap dengan cara dibelah dua lalu dijepit dan diolesi bumbu garam dan bubuk soda. Proses pengasapan sekitar 4 jam sampai warnanya kemerahan dan kering.

Meski cuma diolah seperti itu, Cakalang Fufu ini tetap enak dinikmati secara langsung maupun menjadi teman makan kuliner lain. Biasanya kuliner ini ditemukan di daerah pesisir pelabuhan Belitung. Silahkan dicari kalau ke sana.

Hotel murah di Kota Manado

Sebenarnya masih banyak kuliner unik dan khas yang ada di Manado. Nggak akan cukup kalau mau nyoba sehari. Jadi kamu perlu siapkan waktu beberapa hari untuk traveling ke Manado.

Hotel Murah di Manado

Untuk itu jangan lupa untuk menyiapkan akomodasi yang nyaman saat di Manado. Aku punya rekomendasi hotel murah di Kota Manado. Kamu bisa booking hotelnya di Airy Rooms.

Di sana kamu akan mendapatkan banyak pilihan hotel murah mulai dari yang dekat dengan tempat strategis hingga yang terpencil. Banyak sih keuntungan yang kamu dapat, selain hotel Airy Rooms itu harganya murah-murah, hotel juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Apalagi pemesanan dalam dilakukan di berbagai platform, seperti web, aplikasi Android maupun iOS. Masalah pembayaran juga mudah, bisa lewat transfer bank maupun kartu kredit. Yang jelas jaringan hotel Airy Rooms itu banyak banget. :)


Kuliner Unik Manado Yang Wajib Kamu Coba Saat Traveling Ke Manado 4.5 5 S Adi Firmansyah Senin, 17 April 2017 Tapi tahukah kamu kalau selain kaya akan wisata alam, Manado juga menyimpan kuliner yang unik dan khas Manado yang ciamik sekali? Artikel ini disponsori oleh Airy Rooms , sebuah layanan booking hotel online yang melayani akomodasi hotel di berbagai kota di Indonesia da...
Senin, 17 April 2017Senin, April 17, 2017

Kuliner Unik Manado Yang Wajib Kamu Coba Saat Traveling Ke Manado

Tapi tahukah kamu kalau selain kaya akan wisata alam, Manado juga menyimpan kuliner yang unik dan khas Manado yang ciamik sekali? 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.