#Blogging for Human

Rabu, 30 November 2016

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

VIRMANSYAH.info - Masih banyak stigma di masyarakat kalau berwisata ke museum itu hanya untuk anak-anak kecil dan sekolahan saja. Ini perlu diluruskan. Karena berwisata ke museum itu sebenarnya bebas untuk siapa saja dan tidak perlu ada gengsi diantara kita. Apalagi museum itu tempat wisata yang kaya akan ilmu pengetahuan. Jadi kita nggak sekedar melepas penat, tapi juga dapat mengupgrade khasanah keilmuan dan wawasan.

Sabtu (19/11) kemarin, saya bersama rekan-rekan blogger Jogja mendapat undangan dari pihak Museum Gunung Merapi untuk berkeliling dan melihat koleksi yang ada di museum tersebut. Jujur, ini pertama kalinya saya ke Museum Gunung Merapi yang terletak di Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ya...alamatnya memang panjang, tapi kalau kamu bingung, buka Google Maps saja minta panduan rute sama Mbah Google.

Karena letaknya di daerah Pakem dan kaki gunung, wajar jika berkunjung ke MGM akan merasakan hawa sejuk. Kalau cuaca cerah, kamu bisa melihat view Gunung Merapi lebih jelas. Mengasyikan memang lokasi MGM ini.

Selain itu, banyak banget yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Museum Gunung Merapi. Dan berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus ke sini!

#1 Belajar Seputar Kegunungapian

Karena ini Museum Gunung Merapi, maka kamu akan mendapatkan informasi baru seputar Gunung Merapi dan gunung-gunung berapi lainnya. Tapi di museum ini porsinya lebih ke Gunung Merapi baik itu dari karakteristiknya, potensi alam di sekitar Gunung Merapi, dan tentunya bahaya yang bisa ditimbulkan dari Gunung Merapi.

Belajar Seputar Kegunungapian

Pemandu Gunung Merapi

Jangan khawatir bengong jika di MGM, karena kamu akan dipandu sama mbak-mbak pemandu yang siap memberikan informasi seputar Gunung Merapi dan menjawab segala keresahan kamu soal kegunungapian. Tapi ingat, jangan curhat masalah pribadi. Ngisin-ngisini....

#2 Bisa Melihat Gunung Merapi Lebih Dekat

Kalau belum pernah atau nggak berani hiking ke Gunung Merapi, cukup datang ke MGM saja kamu sudah bisa melihat Gunung Merapi. Maksudnya adalah melihat dari foto-fotonya. :D Koleksi foto gunung merapi dari tahun ke tahun di MGM ini sangatlah lengkap. Apalagi waktu terjadi letusan, kamu bisa melihat model-model letusan gunung merapi dari jaman dulu hingga letusan terakhir tahun 2014.

Museum

Yang menarik, nanti kamu akan dibawa juga ke Teater Mini yang ada di Museum Gunung Merapi. Di ruangan teater ini kamu bukan untuk menonton film bioskop yang sedang tayang, tapi untuk menonton pemutaran film "Mahaguru Merapi" yang memiliki durasi kurang lebih 20 menit.

Kemarin pun saya sempat menontonnya, dan sempat membuat merinding, haru, sekaligus semakin menambah rasa syukur adanya Gunung Merapi. Pokoknya kamu jangan melewatkan untuk nonton di teater mininya Museum Gunung Merapi.

Karena dari film dokumenter itu akan memunculkan cara pandang baru kalau dibalik musibah pasti ada berkah. Bahwa sebenarnya alam itu sudah memberikan bekal kehidupan untuk kita di dunia ini dan kita harus merawatnya.

#3 Bisa Melihat Sisa-Sisa Peninggalan Jaman Dulu

Tak ada yang tahu dulu Merapi seperti apa dan bagaimana orang-orang terdahulu memonitoring Merapi. Tapi dengan berkunjung ke Museum Gunung Merapi, kita bisa tahu beberapa alat yang digunakan untuk memonitor Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Saya sempat melihat peralatan seismik era dulu, serta perangkat komputer jadul yang sekarang di museumkan.

Selain peralatan lawas, nantinya juga bisa melihat beberapa koleksi barang-barang bekas letusan Gunung Merapi. Beberapa barang seperti peralatan makan yang terkena pasir masih tersimpan di Museum Gunung Merapi. Ini membuat kita tersadar bahwa bahaya Gunung Merapi itu sangatlah besar.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Api

#4 Museum Yang Instagramable

Bagi yang suka foto-foto, museum ini cukup instagramable. Kamu pun bisa narsis manis di museum ini tanpa ragu untuk membagikannya ke social media. Baik di luar museum maupun dalam, cocok untuk mengabadikan momen kunjungan ke museum ini. Ya itung-itung sebagai bukti kalau sudah pernah ke Museum Gunung Merapi.

#5 Dekat Dengan Tempat Wisata Lain

Nggak usah bingung mau ke mana setelah berkunjung ke Museum Gunung Merapi. Karena di dekat-dekat sini ada banyak sekali objek wisata yang layak dikunjungi. Mau wisata alam ya tinggal naik lagi, ke Kaliurang, pengen nuansa desa ya tinggal ke desa-desa wisata yang ada di sana.

Kemarin pun saya bersama yang lainnya mampir ke Omah Petroek yang letaknya kurang lebih 1 KM dari MGM. Sebelum MGM itu ada patung petruk, nah itu ke kiri lurus sana nanti ketemu. Di sana bisa melihat berbagai karya-karya dari seniman Jogja yang sangat awesome.

Omah Petroek

Jadi menurut saya itu alasan mengapa kamu harus ke Museum Gunung Merapi. Tapi yang jelas, dengan berwisata ke museum, kita akan lebih berwawasan luas lagi. Karena di museum adalah tempat belajar yang tepat untuk menambah wawasan seputar sejarah.

Museum Gunung Api Merapi
Address: Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Phone:(0274) 896498
Hours: 8AM–3:30PM


5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Museum Gunung Merapi 4.5 5 S Adi Firmansyah Rabu, 30 November 2016 Sabtu (19/11) kemarin, saya bersama rekan-rekan blogger Jogja mendapat undangan dari pihak Museum Gunung Merapi untuk berkeliling dan melihat koleksi yang ada di museum tersebut VIRMANSYAH.info - Masih banyak stigma di masyarakat kalau berwisata ke museum itu hanya untuk anak-anak kecil dan sekolahan saja. Ini pe...
Rabu, 30 November 2016Rabu, November 30, 2016

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berkunjung ke Museum Gunung Merapi

Sabtu (19/11) kemarin, saya bersama rekan-rekan blogger Jogja mendapat undangan dari pihak Museum Gunung Merapi untuk berkeliling dan melihat koleksi yang ada di museum tersebut 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

1 komentar:

  1. saya akan mengunjungi ini pake Gojek heheh :D dari Jogja sih..

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.