#Blogging for Human

Kamis, 21 Juli 2016

10 Pesan Gizi Seimbang, Bacalah!

Pas lagi buka Twitter, tiba-tiba lihat akun @KemenkesRI share infografis soal 10 Pesan Gizi Seimbang. Karena menarik, ya sudah saya buat postingan ini saja. Ya semoga bisa semakin banyak masyarakat yang tahu bagaimana sih gizi yang seimbang itu?

Saya sendiri sebenarnya juga belum tahu gizi yang seimbang itu bagaimana. Kalau makan ya sekedar makan.
10 Pesan Gizi Seimbang

Jadi menurut infografis tersebut, 10 Pesan Gizi Seimbang adalah :

#1 Syukuri dan Nikmati Anekaragam Jenis Makanan

Pernah nggak sih kita itu kalau lihat makanan bawaannya pengen nyinyir itu makanan. Makanannya kurang ini lah kurang itu lah, seakan-akan makanan itu hina...

Padahal makanan itu ada untuk kebutuhan kita juga. Tapi karena kitanya nggak ada rasa syukur-syukurnya sama sekali, akhirnya yang ada cuma menghina.

Nah, sebaiknya hal seperti itu kita hindari. Kita harus mulai mensyukuri makanan yang ada di depan kita. Cara mensyukurinya yaitu dengan menikmatinya.

Sebenarnya makanan yang tidak enak itu tidak ada. Yang ada adalah lidah dan pikiran kita yang tidak bisa menerima makanan itu. Kalau sebuah makanan tidak enak, pastinya nggak ada orang yang makan. Misalnya saja jengkol, jengkol itu ada sebagian orang yang menganggapnya tidak enak karena alasan baunya. Tapi kenyataannya ada juga orang yang memakannya.

So, kita harus mensyukuri apapun makanan yang ada disekitar kita agar apa yang kita makan bisa mendatangkan keberkahan untuk hidup kita. Aamiin.

#2 Banyak Makan Sayuran dan Cukup Buah-buahan

Saya heran dengan orang yang nggak suka makan sayuran. Ini orang jangan-jangan karnivora ya. Sodara saya dulu juga gitu, nggak doyan sayuran. Kalau makan mesti muntah. Entah...

Tapi kalau ada dari sebagian pembaca blog ini yang tidak suka makan sayuran atau buah, cobalah browsing tentang kandungan apa saja yang ada di dalam sayuran dan buah-buahan. Kalau memang nggak ada kandungan yang bermanfaat, ya sudah tinggalkan saja. Tapi itu sepertinya kagak mungkin...ngimpi...

#3 Konsumsi Lauk-pauk Berprotein Tinggi

Makan sayuran saja juga nggak baik, jadi perlu asupan gizi dari lauk-pauk seperti tempe, tahu, daging, ikan, dan lainnya. Makanlah lauk-pauk yang memiliki protein tinggi. Karena tubuh kita itu butuh protein.

Protein itu sebagai sumber energi, mengatur metabolisme tubuh, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, menangkal radikal bebas, menambah vitalitas biar kuat, dan masih banyak lagi cuy.

Ikan laut itu proteinnya tinggi, selain itu juga ada telur, daging, kacang-kacangan juga banyak.

#4 Konsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok

Sebenarnya makanan pokok itu tidak hanya beras atau nasi saja, tapi juga bisa berupa gandum, jagung, ketela/singkong, dan lainnya. Coba diselang-selingi untuk makan makanan pokok tersebut.

Semuanya bisa sebagai sumber karbohidrat. Masalahnya cuma karena tidak biasa saja, sebenarnya sih sama. Dulu, orang jawa, mbah-mbah saya dulu, makanannya bukan pakai nasi/beras, tapi makan pakai jagung dan ketela, sebutannya "sego jagung, tiwul". Kenyatannya mereka tetap kuat-kuat, dan bahkan orang jaman dulu jarang kena penyakit kronis.

#5 Batasi Konsumsi Makanan Manis, Asin dan Berlemak

Setiap orang butuh makanan yang manis, asin dan berlemak. Karena itu juga berpengaruh untuk keseimbangan tubuh. Tapi jika berlebihan ya tidak baik. Untuk itu batasi makanan manis, asin apalagi yang pakai micin, dan berlemak.

Coba ganti gula pakai madu, madu itu sangat menyehatkan. Orang diabetes saja bisa tetep konsumsi madu, karena madu adalah obat sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al Qur'an Surat An-Nahl Ayat 69.

#6 Biasakan Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas

Sarapan itu penting, dan pastikan sarapan sebelum jam 09.00. Kalau kalian masih sekolah, usahakan sarapan, meskipun cuma pakai segelas susu dan roti. Karena otak dan tubuh Anda perlu asupan gizi sebelum tubuh mengeluarkan energi.

#7 Minum Air Putih Yang Cukup dan Aman

Saya itu termasuk orang yang doyan konsumsi air putih. Nggak ada alasan sudah kenyang atau belum, yang penting selama air putih masih ya saya minum. Saya nulis ini saja sambil ngadep segelas air putih, nanti kalau habis ambil lagi ke belakang.

Tapi pastikan juga konsumsi air putih yang aman. Maksudnya adalah kandungan dari air putih itu benar-benar bersih. Karena sekarang ini banyak air putih yang terkontaminasi. Kelihatannya sih putih eh bening, tapi pas dilakukan tes ternyata mengandung zat yang berbahaya.

#8 Biasakan Baca Label Pada Kemasan Makanan

Sekarang ini banyak orang suka beli dan konsumsi makanan cepat saji yang instant. Boleh-boleh saja sih, tapi perlu hati-hati. Pastikan untuk selalu melihat label kandungan gizi dan komposisinya.

Kalau makanan kemasan itu nggak punya kandungan gizi yang sempurna, lebih baik jangan sering-sering memakannya.

#9 Biasakan Cuci Tangan Dengan Sabun dan Air Mengalir

Mungkin makanan yang kita makan memang bergizi, tapi karena tangan kita ada kumannya, alhasil apa yang kita makan jadi sia-sia. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk memastikan tidak ada kuman yang menempel di tangan.

Dan ketika mencuci tangan, harus dengan air yang mengalir. Supaya kotorannya nggak menempel di tangan lagi.

#10 Berolahragalah Secara Teratur dan Jaga Berat Badan Normal

Supaya gizi yang masuk juga seimbang dengan energi yang keluar, maka berolahragalah secara teratur. Dengan olahraga maka akan bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh supaya berat tubuh menjadi ideal.

Itulah 10 pesan gizi seimbang yang dapat kita jadikan pedoman untuk kesehatan tubuh kita. :D


loading...
10 Pesan Gizi Seimbang, Bacalah! 4.5 5 S Adi Firmansyah Kamis, 21 Juli 2016 Pas lagi buka Twitter, tiba-tiba lihat akun @KemenkesRI share infografis soal 10 Pesan Gizi Seimbang. Karena menarik, ya sudah saya buat postingan ini saja. Pas lagi buka Twitter, tiba-tiba lihat akun @KemenkesRI share infografis soal 10 Pesan Gizi Seimban...
Kamis, 21 Juli 2016Kamis, Juli 21, 2016

10 Pesan Gizi Seimbang, Bacalah!

Pas lagi buka Twitter, tiba-tiba lihat akun @KemenkesRI share infografis soal 10 Pesan Gizi Seimbang. Karena menarik, ya sudah saya buat postingan ini saja. 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.