#Blogging for Human

Senin, 21 Maret 2016

6 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginap di Hotel Berbintang

Artikel ini tidak wajib untuk dibaca bagi yang sudah pernah menginap di hotel berbintang. Tapi buat kamu yang belum pernah sama sekali, sepertinya memang harus melanjutkan membaca ini. Supaya nanti ketika sudah menginap di hotel tidak bingung, heran atau malah malu-maluin.

Hotel Berbintang
image via http://mozaic.co.id/
Karena gini, sistem perhotelan itu berbeda-beda tiap kelasnya. Dari hotel melati sampai hotel bintang paling atas punya pelayanan dan sistem yang berbeda-beda. Tapi, secara umum hotel berbintang itu punya sistem yang hampir sama.

Nah, sebagai blogger yang pernah menginap di hotel berbintang, tentu aku harus peka sama sesuatu yang ada di sekitar ku yang menurutku itu layak untuk dibagi ke banyak orang. Termasuk pengalaman menginap di Hotel Berbintang. Tapi tenang, aku nggak akan cerita kapan aku datang di hotel, ngapain aja di hotel, dll.

Di sini aku mau cerita sisi lain yang menurutku unik dan layak perlu diketahui sebelum menginap di Hotel Berbintang.

Hotel berbintang itu nggak seperti hotel kelas melati, namanya juga berbintang cuy, pasti soal pelayanan juga lebih maksimal, termasuk juga keamanannya. Ya sudah daripada panjang lebar, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

#1 Hotel Berbintang Nggak Pakai Kunci

Ketika kamu check-in, kamu akan diberi kunci kamar hotel. Tapi kunci ini bukan kunci pada umumnya. Kuncinya berupa kartu, bentuknya kayak kartu SIM/Debit Card. Nah, dengan kartu ini (CardLock Hotel) kamu bisa gunakan untuk masuk ke kamar caranya dengan menempelkan CardLock di atas gagang pintu.

CardLock Hotel
image via deluns.com
Kalau mau secara teknisnya, Cardlock Hotel ada beberapa jenis yang sering digunakan. Yaitu Kartu Magnet (Magnetic Stripe), Kartu Mifare (Contactless), dan Kartu Chip.

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Misalnya saja untuk kartu jenis Magnetic Stripe, kartu ini akan mudah rusak apabila kamu dekatkan dengan telepon seluler. Jadi, kalau kalau di hotel dan ternyata menggunakan Cardlock hotel jenis ini, hati-hati ketika membawanya, jangan taruh dekat ponsel.

Owh ya, cardlock hotel biasanya telah menggunakan teknologi RFID, jadi tinggal ditempel saja pada sensor kuncinya.

Perlu kamu ketahui juga, kalau CardLock Hotel ini biasanya tidak hanya bisa digunakan untuk masuk ke kamar hotel saja. Tapi juga untuk akses ke beberapa ruangan atau area hotel tertentu. Coba lihat-lihat saja kalau kamu masuk ke area tertentu pasti disuruh memakai kartu tersebut. Untuk akses ke lift biasanya juga ada yang membutuhkan Cardlock hotel ini.

Pastikan ketika keluar kamar selalu bawa kartu (CardLock Hotel)!

Jadi jangan bingung kalau check-in kok dikasih kartu...

#2 Lampu/Listrik Kamar Tidak Nyala? Jangan Bingung Dulu

Masih soal Cardlock Hotel, ketika kamu sudah masuk ke kamar dan menyalakan lampu dan listrik kamar, mungkin tidak nyala. Tenang, tidak perlu tanya ke resepsionis atau ke tukang listrik, cukup masukkan CardLock hotel di tempat yang telah disediakan. Biasanya letaknya di dekat pintu (bagian dalam ruangan), atau didekat saklar lampu.

Alat ini namanya KeyCard / Hotel Switch / Key Tag.

Hotel Switch
Image via ihomeapple.hk
Jadi alat ini fungsinya untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik ke dalam kamar hotel tersebut. Bisa dikatakan ini saklar utama di sebuah kamar hotel. Tapi, untuk bisa memutus dan menyambungkan kamu harus menggunakan CardLock Hotel yang juga digunakan untuk kunci kamar hotel tersebut. Caranya tinggal memasukkan saja. Setelah itu coba nyalakan lampu, pasti nyala. :)

#3 Hotel Sudah Menyediakan Perlengkapan Mandi Kamu

Ketika kamu ingin menginap di Hotel Berbintang, dan kamu ternyata lupa bawa perlengkapan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo, handuk, dll nggak usah nyari warung kelontong buat beli alat-alat mandi itu.

Alat Mandi Hotel
image via tripadvisor.com
Soalnya di hotel sudah menyediakan. Cek saja kamar mandinya, pasti di situ sudah ada pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, shampo, body lotion, plastik sampah untuk naruh pembalut, dan juga handuk.

Semua ini bisa kamu gunakan secara free, dan bisa dibawa pulang, kecuali handuk. :))

#4 Hati-Hati Dengan Sajian Makanan/Snack Yang Ada Di Kamar Hotel

Mungkin ketika kamu masuk kamar, saking laparnya terus lihat ada makanan/snack yang tersusun rapi di kamar langsung makan saja. Padahal biasanya itu dijual, iya dijual, bukan disajikan secara gratis. Tapi kalau minuman gratislah.

Makanan Kamar Hotel
image via pegipegi.com
Yang penting teliti saja, itu makanan apakah sudah include atau belum. Jangan sampai saking rakusnya Anda ditagih buat bayar dengan biaya yang cukup mahal. :))

#5 Cek Fasilitas Apa Saja Yang Include Dalam Harga Kamar

Fasilitas Hotel
image via klikhotel.com
Biasanya dengan harga kamar hotel berbintang yang mahal itu sudah termasuk fasilitas yang ada. Tapi ada baiknya jika kamu cek dahulu ke resepsionis ketika check-in fasilitas apa saja yang didapatkan, misalnya gym, spa, termasuk makan, apakah dapat makan pagi (sarapan), makan siang, makan malam atau tidak.

#6 Nggak Bisa Masuk Kamar? Tenang, Kartu Kamu Nggak Rusak

Mungkin kamu akan mendapati masalah ketika kamu akan masuk kamar atau akses ke tempat-tempat yang membutuhkan CardLock Hotel. Meskipun sudah menggunakan CardLock Hotel tapi ternyata kamu tetap tidak bisa masuk kamar. Tenang, ini bukan salah kartunya, mesinnya, apa lagi karena kerjaan hacker. Biasanya hal ini disebabkan karena kamu telah melebihi waktu check-out.

Pintu Kamar Hotel

Jadi di hotel berbintang itu sistem check-in & check-out sudah diintegrasikan dengan CardLock Hotel sesuai jamnya. Ada yang membuat regulasi waktu menginap satu malam dengan aturan waktu pukul 12.00 hingga 12.00 hari berikutnya. Nah, jika kamu dihari terakhir jam 12.00 belum check-out, maka ketika jam 12.00 lebih kamu ingin masuk kamar tidak bisa. Hal ini dikarenakan sistem CardLock Hotel tersebut otomatis mati ketika setelah jam 12.01. Lebih baik ketika check-out, dipersiapkan dengan cermat.

Itu beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menginap di hotel berbintang, kira-kira apa lagi yang unik yang perlu diketahui? Kalau kamu tahu silahkan share di komentar ya. :)



loading...
6 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginap di Hotel Berbintang 4.5 5 S Adi Firmansyah Senin, 21 Maret 2016 Menginap di Hotel Berbintang itu nggak seperti menginap di hotel melati. Ada sisi lain yang perlu kamu ketahui! Artikel ini tidak wajib untuk dibaca bagi yang sudah pernah menginap di hotel berbintang. Tapi buat ...
Senin, 21 Maret 2016Senin, Maret 21, 2016

6 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginap di Hotel Berbintang

Menginap di Hotel Berbintang itu nggak seperti menginap di hotel melati. Ada sisi lain yang perlu kamu ketahui! 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

2 komentar:

  1. alhamdulillah sudah tau semua, ada satu yang blm tau..waktu nginep di hotel ternyata liftnya pake kartu kamar hahaha

    BalasHapus
  2. Oh iyah om..seandainya kita nginap di hotel kelas bintang 3 sama pacar..itu bakalan di mintain surat nikah ga om.so kita masih cane cabean om.thk.

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.