5 Tips Sebelum Membeli Speaker Portable

Dikategorikan dalam Teknologi, Tips

Setiap orang pasti suka dengerin musik sesuai dengan genrenya masing-masing. Ada yang suka lagu-lagu pop, metal, rock, reggae, religi, dangdut, keroncong dan lainnya.

Selain suka mendengarkan musik sesuai yang diinginkannya, ternyata tiap orang juga memiliki cara mendengarkan musik yang berbeda-beda. Ada yang suka mendengarkan musik lewat keping DVD langsung, terus ada yang suka lewat headset saja, ada yang suka lewat speaker dan lainnya.

Speaker pun sekarang ada bermacam-macam, speaker aktif, speaker mini (biasa) dan speaker portable.

Speaker Portable

Nah, buat kalian yang mau nyari speaker portable, kali ini saya akan sedikit memberikan tips bagaimana memilih speaker portable yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Berikut tipsnya.

#1 Pengen Merek Apa?

Sekarang ini banyak sekali merek-merek speaker yang masing-masing memiliki kualitas yang baik. Tapi, tentu tiap-tiap merek ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu silahkan cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Just info saja, beberapa merek speaker yang menyediakan speaker portable diantaranya Speaker Bose, Speaker JBL, dan Speaker Simbadda. Ketiga merek speaker ini menurut saya memiliki kualitas yang bagus. Selebihnya tinggal kalian milih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

#2 Perhatian Desain & Ukuran

Yang namanya speaker portable pasti dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Mudah dibawa, mudah dihidupkan, dan tentunya ringan.

Jadi sebaiknya cari desain dan ukuran speaker portable yang memang sesuai dengan kebutuhan nanti. Meski portable, speaker tipe ini juga memiliki fitur yang berbeda-beda, ada yang memang satu unit saja yang di dalamnya sudah ada sub woofer dan te tek bengeknya, ada juga yang komplit (speaker subwoofer sendiri, satelit sendiri).

#3 Fitur & Konektifitas

Ketika mencari speaker portable, pastikan juga memperhatikan fitur dan konektifitas yang tersedia. Usahakan yang support Flashdisk, SD card, MMC, Mobile Phone (Wireless & Bluetooth).

Lalu fitur fungsi utama seperi control volume, Play/Pause, Next and Previous harus ada.

#4 Kapasitas Baterai

Nah ini yang tak kalah penting. Speaker portable mengandalkan daya dari baterai. Untuk itu carilah speaker portable yang memiliki kapasitas baterai besar. Jenis baterai yang digunakannya pun juga harus dicek, apakah hanya menggunakan baterai tipe AAA itu, atau sudah memakai baterai rechargeable jenis Li-ion / Li-po.

Akan lebih baik jika mencari speaker portable yang memiliki kapasitas baterai 10.000 mAh dan tentunya bisa diisi ulang.

#5 Garansi

Sebelum memastikan untuk membeli, sebaiknya cek dulu keaslian produk tersebut. Ingat, sekarang ini banyak barang KW, meskipun luarnya sama, tapi dalemannya kadang barang rakitan KW. Jadi, salah satu caranya adalah dengan melihat garansi yang diberikan. Kalau merek speaker ternama biasanya memberikan garansi minimal 1 tahun. Tapi itu juga sesuai dengan masing-masing tipe.

Itu beberapa tips yang bisa kalian jadikan referensi sebelum membeli speaker portable. Moga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

2 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *