Koneksi Internet XL ‘HotRod 3x Kuota’ Kurang Greget di Windows 10

Dikategorikan dalam Informasi

Lagi-lagi kendala yang saya alami dalam pekerjaan sehari-hari adalah dari sisi koneksi internet. Ya, karena pekerjaan saya 100% online, jadi mau tidak mau harus mengandalkan koneksi internet yang ada.

Sayangnya, di kampung saya belum terjamah Telkom IndiHome atau BizNet. Padahal jika ada, saya mau pakai ISP itu. Jadinya koneksi internet saya hanya mengandalkan dari paket data seluler.

Yang cukup saya gunakan dalam waktu lama adalah Three (Tri). Karena provider yang satu ini memberikan kuota paket data yang cukup besar namun harganya dibilang paling murah. Dengan harga sekitar Rp 270.000 dapat kuota internet 24 jam 16,3GB, dan NetMax (Jam 00.00 – 12.00) 40,9GB.

Tapi apa daya, sudah beberapa minggu ini mengalami kenaikan harga (Paket Kuota Tri 9GB harganya Rp 130rb, awalnya cuma Rp 99rb) dan kualitas jaringan yang malah semakin buruk. Alhasil, saya pun harus mencari cadangan pengganti agar bisa selalu terkoneksi dengan jaringan internet.

Saya memilih kuota besar karena saat di rumah, saya pakai modem GSM yang ditancapkan ke Wireless Router. Alasannya supaya bisa digunakan oleh beberapa device yang saya miliki seperti dua laptop dan ponsel saya.

Nah, karena provider Tri lagi ada kendala, akhirnya saya ganti pakai Indosat Mentari 5GB. Kemarin beli dapat harga Rp 70.000 dengan masa aktif 1 Bulan. Tapi belum sampai 1 bulan udah habis. Terus kemarin nyoba provider XL.

Nah, ini pengalaman pertama saya pakai XL. Soalnya dulu sinyal XL di sini nggak banget. Karena sekarang ini sudah ditest sinyal, saya pun mantap untuk membeli paket kuota XL yang lagi promo yakni ‘HotRod 3X Kuota’. Paket ini menawarkan kuota total 13,5GB + bonus kuota 4G 1GB dengan harga hanya Rp 100.000,-.

Paket Internet XL

Isi ulang pulsa sebesar Rp 100.000 lalu saya daftar paket tersebut melalui aplikasi My XL di Android.

Setelah aktif, saya langsung coba dan ternyata cuma dapat sinyal HSDPA saja di tempat saya. Nggak apa lah, pengennya dapat 4G tapi belum tercover.

Di sini mulai muncul kendala…

Seperti biasa, kartu XL saja gunain di modem yang tertancap di Wirelesss Router. Lalu saya coba akses internet seperti biasa di laptop saya, ASUS A455L dengan sistem operasi Windows 10 Pro versi 1511. (Baca juga: ASUS A455L Diinstall Windows 10? Ini Reviewnya)

Apa yang terjadi?

Saya buka email, facebook, blog, dll lemot banget. Padahal indikator modemnya warga biru tua yang artinya dapat sinyal HSDPA.

Awalnya sih saya tenang-tenang saja, mungkin cuma masalah DNS (soalnya WiFi saya set pakai DNS), atau mungkin lagi ada gangguan (soanya pas lagi hujan deras nyobanya).

Karena pas hujan, takut kena petir, akhirnya laptop dan modem saya matikan. Keesokan harinya saya coba lagi, berharap sudah bisa lancar.

Pagi-pagi buta saya hidupkan Wireless Router, lalu saya coba internetan lewat ponsel. Wow…lancar banget, plus cepet. Saking keponya, saya install SpeedTest buat ngecek bandwidth nya. Dan ternyata bener, kenceng banget, dapat segini lho. Lumayan lah daripada provider lain yang sama-sama dapat HSDPA.

SpeedTest XL

Sudah waktunya kerja, buka laptop buka browser. Tapi….lha kok masih lemot. 😮 Sumpah lemot banget. Buka GMail cuma muter-muter.

Heran dong saya, terus aku coba buka lewat ponsel lagi, eh ternyata cepet. Cek speedtest lagi, hasilnya juga kenceng. Wah… berarti ini laptop saya yang bermasalah.

Karena prediksi awal masalah ada di laptop, saya pun coba hidupkan laptop satunya lagi yang ber-OS Windows 7 + Ubuntu. Saya coba tuh, dan hasilnya juga cepet, kayak di ponsel. Wah, prediksi saya salah. Berarti masalah ada di Laptop ASUS ku.

Lalu saya mencoba menganalisa apakah ini dikarenakan laptop (hardware/driver) atau OS Windows 10 nya?

**Ganti Driver

Oke, langkah awal saya coba untuk fokus di hardware dengan mengganti driver Wireless. Berbagai driver udah aku coba tapi tetep sama aja. Lalu aku coba koneksikan modem langsung di laptop. Eh ternyata juga sama aja, lemot.

Akhirnya nyoba untuk nanya teman yang juga pakai XL. Ternyata dia juga mengalami hal sama di Windows 10.

Wah berarti masalahnya ada di OSnya. Setelah googling ‘Windows 10 internet slow‘, dan mencoba tipsnya ternyata kok masih sama aja.

Hhm…bingung juga, apanya yang bermasalah ini.

Avast SecureLine VPN

Setelah iseng buka anti virus AVAST terus nyoba Avast SecureLine VPN, eh lha kok langsung kenceng koneksinya. Wah berarti harus pakai VPN ini.

Nyoba pakai VPN lain, lha kok malah jadi lemot. hahaha. Haduh,…

Alhasil, sekarang ini masih pakai Avast SecureLine VPN yang cuma trial 7 hari. -_-

Dan masalah pun datang lagi, kalau menjelang siang, koneksi rekonek terus. Tak ganti pakai kartu lain aman saja. Wah ada apa ini XL?

Kesimpulan : Sampai saat ini saya belum mendapatkan solusi pasti soal perbaikan masalah ini khususnya untuk yang internet lemot di Windows 10. Nah, kalau ada pembaca artikel ini yang mengalami hal sama dan sudah mendapatkan solusinya, mohon infokan caranya di kolom komentar ya. 🙂

Terima kasih.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Informasi

Baca Artikel Lainnya :

17 komentar

  1. Sekarang solusi selain pake Avast VPN gimana gan??? Kendalanya sama nih pake xl lemot banget di windows 10…

  2. ane sekarang pakai ZenMate VPN Premium gan 😀 kemarin-kemarin dapat promo gratis 3 bulan 😀

  3. Gimana caranya bang biar bisa dapat yang premium??? ane instal kok cuman dapat 7 hari aj…

  4. Jadi bisanya pake ZenMate itu doang bang biar lancar??? atau harus instal aplikasi lain lagi??

  5. intinya pakai VPN, salah satunya Zenmate. Kalau pakai zenmate nggak perlu install aplikasi lain. Yang penting pakainya Zenmate versi Desktop bukan yang extention di browser. Untuk dapat ZenMate Desktop kudu pakai yang Premium.

  6. wah ini kasus sama seperti saya, laptop Asus seri A455ln, modem aku pake langsung ataupun via wireless router sama aja lemot, tapi kalau tengah malam sampai subuh bisa kenceng, dan udah saya tes pake smartphone maupun laptop lain lancar jaya, dan juga pernah saya tes menggunakan laptop windows 10 merk selain asus ternyata lancar, masa iya karena merk sih, intinya dari survey saya laptop asus dengan os windows 8 keatas lemot jika pake xl, tapi jika provider lain lancar semua

  7. ane juga heran nih gan, ini pakai indosat lancar2 saja. kalau pakai xl aku mesti sambungin ke VPN dulu biar ngacir

  8. Pake PC mobo gigabyte jg lemot. Wifi tp link/colok modem jg sama aja..wkwkk memang windows 8 keatas yg gak cocok sama si exel.. Pake ubuntu/android aja lancarr

  9. tapi akhir-akhir ini agak lumayan cepet, justru kalau pakai vpn malah agak lemot

  10. wah, caranya gimana tuh, bisa di share di sini dong, nanti aku update di artikel ini.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *