Atasi Masalah Partisi Hard Disk Kamu Dengan EaseUS Partition Master

Dikategorikan dalam Software, Sponsored Post

Menyepelekan masalah yang ada di hard disk laptop/komputer akan berakibat sangat fatal. Data-data penting yang kamu miliki bisa hilang begitu saja jika dalam merawat dan mengelola hard disk tidak bisa dilakukan dengan benar.

Masalah seperti membuat partisi, merubah ukuran partisi ketika sudah muncul low disk space, dan masalah-masalah lain tentu harus dilakukan dengan benar. Karena jika salah, bisa jadi ancamannya adalah data yang hilang begitu saja atau hard disk bisa mati total.

Untuk itu kamu perlu mempelajari bagaimana caranya mengatasi permasalah yang ada pada tiap-tiap partisi hard disk.

Masalah yang sering ditemui adalah ketika pengguna terlalu banyak menyimpan data pada sebuah partisi sehingga mereka tidak saya jika kapasitas partisi tersebut penuh.

Jalan satu-satunya adalah dengan memindahkan data ke partisi yang lain. Tapi tentu itu akan menyita waktu karena harus memilih data yang memiliki ukuran besar yang layak untuk dipindahkan.

Supaya menghemat waktu, lebih waktu melakukan Resize/Move Partition agar partisi yang penuh tadi bisa ditambahi space dari partisi lain.

Gampang banget caranya. 

Jika kamu pengguna sistem operasi Windows, sebenarnya kamu bisa melakukan manajemen partisi melalui fitur Disk Management bawaan Windows. Tapi, menurut aku buat kamu yang masih awam fitur ini agak terlalu kurang mudah dipahami dan fitur-fitur pendukungnya juga tidak lengkap.

EaseUS Partition Master

Sehingga kamu harus memakai software lain untuk mengatasi permasalah hard disk kamu itu. Software EaseUS Partition Master bisa kamu coba untuk melakukan perbaikan segala masalah yang ada di partisi HDD kamu.

Karena software ini menurut aku sudah sangat lengkap. Fitur-fitur manajemen partisi seperti Merge partition, Move partition, Resize volume, Create-Delete-Format Partition juga ada. Dan yang menarik adalah ada fitur Partition Recovery yang bisa kamu gunakan untuk merecovery partisi yang rusak atau hilang.

Di artikel aku sebelumnya tentang alasan kenapa kamu harus merawat laptop, salah satunya berisi tentang melakukan defragment pada harddisk untuk menjaga kesehatan HDD. (Baca : Kenapa kamu harus rutin merawat laptop?)

Nah, di EaseUS Partition Master ini juga telah tersedia fitur tersebut.

Kembali ke masalah Resize Partition, dengan EaseUS Partition Master ini kamu bisa melakukannya dengan mudah. User Interface yang mudah dipahami akan membuat kamu yang awam sekalipun bisa menggunakan software ini.

Untuk melakukan Resize Partition, kamu bisa memiliki fitur Resize/Move partition dan akan muncul tampilan yang mudah dipahami.

EaseUS Partition Magic

Aku mencoba menginstall software ini di sistem operasi Windows 10 dan ketika menginstall dan menjalankannya, EaseUS Partition Master ini berjalan sempurna di Windows 10.

Tapi buat kamu yang masih pakai Windows 8, software partition magic for Windows 8 ini juga bisa digunakan dengan optimal.

EaseUS Partition Master ini terdapat versi gratisnya. Partition Master Free 10.8 versi gratis ini tetap memiliki fitur lengkap seperti disk partition management tool, settle low disk space problem, manage disk space easily on MBR dan GPT disk.

Versi gratis ini sudah mendukung sistem operasi Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *