#Blogging for Human

Rabu, 23 September 2015

Cara Membuat Anak Supaya Lebih Berani dan Mandiri

Artikel berikut ini dikhususkan untuk para orang tua yang sedang memiliki seorang anak di bawah umur. Terkadang, ada anak yang sudah SD tetapi masih saja tidur bersama orang tuanya. Secara psikologis, jelas ini tidak akan baik untuk tumbuh kembang karakter anak. Karena kondisi semacam ini membuat si anak menjadi kurang berani dan mandiri.

Cara Membuat Anak
(c) http://www.hersays.com/
Untuk itu perlunya pengajaran yang harus dilakukan oleh orang tua. Untuk menumbuhkan karakter anak menjadi berani, tanggung jawab, dan mandiri tidak bisa dengan dinasehati secara verbal saja. Tetapi karakter semacam ini harus dilakukan dalam bentuk tindakan secara nyata.

Cara yang sederhana adalah dengan membuatkan kamar tersendiri untuk anak. Cara ini cukup ampuh untuk membiasakan anak menjadi lebih berani.

Selain itu, menjadikan anak tidak terlalu bergantung pada orang tuanya khususnya bunda. Kan ada tuh anak yang nggak mau jauh dari bundanya. Ditinggal bentar nyariin, apa-apa minta ditemenin bunda, dan lain-lain. Hal-hal semacam ini sebaiknya mulai dirubah sejak dini minimal ketika anak berusia 6 tahun ke atas atau SD kelas 1.

Membuatkan kamar khusus untuk anak adalah salah satu cara yang tepat. Mungkin ini terlihat sepele, tetapi di sini akan ada banyak sekali pelajaran yang bisa diajarkan untuk si anak.

Yang pertama, Melatih Keberanian Anak. Ya, suasana ketika anak yang biasanya tidur bersama dengan orang tua lalu dipisah agar tidur sendiri jelas akan beda. Mulanya memang anak takut untuk tidur sendiri, tetapi jika sudah terbiasa ini akan membentuk karakter anak menjadi lebih berani dan tidak cengeng. Jika awalnya anak Anda takut ketika tidur sendiri dalam kondisi gelap (lampu dimatikan), orang tua bisa mencoba menemaninya hingga si anak tertidur dulu, baru nanti ditinggal dan bisa juga membuat hiasan di kamar anak agar anak tidak merasa takut tidur sendirian. Misalnya dengan menggunakan Lampu Tidur Proyektor. Lampu yang bisa memancarkan berbagai jenis bentuk-bentuk karakter lucu, misalnya bentuk bintang-bintang, Hello Kitty, Doraemon, Spongebob, dll. Sehingga anak Anda merasa senang dan tidak takut ketika tidur sendirian.

Lampu Proyektor Kamar Tidur
Lampu Proyektor

Yang kedua, Melatih Kedisiplinan Anak. Ketika anak sudah memiliki kamar sendiri, orang tua bisa memberikan nasehat-nasehat soal jam tidur dan bangun si anak. Karena anak sudah tidur sendiri, maka tidak ada anggota keluarga yang terganggu, untuk itu berikan anak jam tidur dan bangun agar tumbuh sikap disiplinnya.

Yang ketiga, Menjadikan Anak Untuk Lebih Tanggung Jawab. Segala yang ada di kamar anak itu sudah menjadi tanggung jawab anak. Meskipun masih kecil cobalah untuk diberi tanggung jawab seperti melipat selimut setelah bangun tidur, merapikan kamar tidur agar tidak berantakan, menjaga kebersihan kamar dan lain-lain.

Yang keempat, Melatih Anak Lebih Mandiri. Secara tidak langsung dengan tidur sendiri, anak bisa menjadi lebih mandiri. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa tugas-tugas yang diberikan, misalnya seperti di atas tadi, merapikan tempat tidur setelah bangun, mematikan lampu kamar jika sudah pagi, dll.

Nah, itu beberapa cara membuat anak agar lebih berani dan mandiri. Karena jika tidak dibiasakan seperti itu maka akan berdampak ketika sudah nanti sudah beranjak dewasa.


loading...
Cara Membuat Anak Supaya Lebih Berani dan Mandiri 4.5 5 S Adi Firmansyah Rabu, 23 September 2015 Banyak cara membuat anak supaya lebih memiliki keberanian, rasa tanggung jawab dan kemandirian. Salah satunya adalah dengan cara berikut ini Artikel berikut ini dikhususkan untuk para orang tua yang sedang memiliki seorang anak di bawah umur...
Rabu, 23 September 2015Rabu, September 23, 2015

Cara Membuat Anak Supaya Lebih Berani dan Mandiri

Banyak cara membuat anak supaya lebih memiliki keberanian, rasa tanggung jawab dan kemandirian. Salah satunya adalah dengan cara berikut ini 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.