Ayo Hemat Listrik Dengan Lampu Sensor Cahaya

Dikategorikan dalam Informasi

Hayo siapa yang sering lupa matiin lampu di rumah kalau sudah menjelang pagi? Pasti beberapa di antara pembaca di sini ada yang lupa kan, termasuk saya sendiri. hehehe.

Kadang kalau sudah pagi tak sadar lampu di rumah atau lampu kamar masih saja menyala, padahal lampu yang saya gunakan bukan jenis LED, sehingga masih memiliki konsumsi daya yang tinggi.

Lampu Sensor Cahaya

Biasanya kita lupa mematikan lampu kamar itu kalau lagi terburu-buru, entah buru mau masuk kerja atau sekolah. Sehingga lampu kamar kadang menyala seharian. Hmm, ini tentu nggak baik selain bisa mengurangi umur lampu juga tidak hemat energi.

So, mulai sekarang harus membiasakan untuk mematikan lampu jika sudah menjelang pagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebenernya.

1. Menggunakan Lampu Kamar Untuk Penerangan Selama Tidur

Lampu kamar ini maksudnya bukan lampu kamar utama ya, tetapi lampu kamar yang ukuran watt nya kecil. Selama tidur, alangkah baiknya lampu di kamar dimatikan, tetapi jika takut gelap-gelapan, bisa memakai lampu kamar yang model duduk itu, sehingga cukup untuk menghemat listrik karena dayanya kecil.

2. Gunakan Lampu LED

Supaya lebih hemat lagi, bisa menggunakan lampu LED. Lampu LED memang terkenal dengan ramah lingkungannya, yakni mampu menghemat konsumsi daya listrik. Nah, kalau bisa lampu-lampu utama di rumah diganti dengan lampu LED ini. Harganya memang sedikit lebih mahal, tetapi lampu LED lebih awet dan hemat energi.

3. Menggunakan Lampu Sensor Cahaya

Mungkin ada yang belum tahu soal ini. Ya, sesuai namanya, lampu ini dilengkapi dengan sensor cahaya yang fungsinya akan memudahkan kita agar tidak perlu menghidupkan maupun mematikan lampu ini. Karena dengan adanya sensor cahaya, lampu ini akan menyala sendiri ketika kondisi ruang menjadi gelap, dan tentunya akan mati sendiri ketika terkena cahaya di siang hari. Wuenak ya, nggak perlu ceklak ceklek saklar. Saat ini juga sudah banyak yang Jual Lampu Sensor Cahaya, di Toped banyak yang jual. Modelnya pun beragam dan menarik, ada yang bisa digunakan untuk ruangan utama dan ada juga yang berbentuk lampu tidur. Saya sendiri rencana mau beli lampu ini untuk ditaruh di kamar.

Lampu Sensor Cahaya

Owh ya, jangan khawatir, soal Lampu Sensor Cahaya pakainya lampu LED ya, jadi sangat hemat dan awet.

Ayo mulai hemat energi listrik dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, seperti mengganti lampu rumah dengan jenis LED. 🙂

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Informasi

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *