#Blogging for Human

Jumat, 28 Agustus 2015

Ini Hasil Drive Test Jaringan Smartfren 4G LTE di Solo

Akhirnya kegalauan saya sedikit berkurang karena sudah bisa menikmati jaringan 4G LTE. Sebelumnya, saya sempat galau dan risau karena banyak provider seluler yang meluncurkan jaringan 4G LTE tetapi tidak menyambangi kabupaten saya, yakni Klaten.

Nah, kenapa sekarang kegalauan saya tersebut sedikit sirna? Karena Kabupaten Klaten sudah mendapatkan jaringan yang disebut-sebut memiliki kecepatan 10X lipat dari jaringan sebelumnya. Ya, jaringan Smartfren 4G LTE kini sudah bisa dinikmati di Kabupaten Klaten.

Tetapi, kali ini saya tidak akan menjelaskan dulu mengenai bagaimana jangkauan dan kecepatan jaringan Smartfren 4G LTE di Kab. Klaten ini. Karena kemarin Kamis (27/8/2015), saya berkesempatan menjajal jaringan Smartfren 4G LTE ini di Kota Solo dalam acara Drive Test yang diselenggarakan oleh Smartfren. Ini artinya kali ini saya akan sedikit memberikan kesimpulan bagaimana hasil dari Drive Test tentang jangkauan dan kecepatan Smartfren 4G LTE kemarin di Kota Solo.

Drive Test Smartfren 4G LTE


Smartfren Andromax Q Menemani Drive Test Smartfren 4G LTE

Untuk bisa menikmati jaringan Smartfren 4G LTE, tentunya harus memiliki handset Smartfren yang sudah mendukung 4G LTE. Dan kemarin saya menggunakan Smartfren Andromax Q yang sudah support 4G LTE. Sebenarnya ada beberapa handset Andromax yang sudah mendukung 4G LTE, seperti Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax  Es, dan Andromax Ec. Namun, kebetulan kemarin saya menggunakan Andromax Q. Hehe. Untuk melihat bagaimana spesifikasi dan performa dari seri ini, akan saya bahas di postingan selanjutnya. Tapi jika Anda tidak sabar untuk melihatnya, bisa akses www.smartfren.com/4g.

A photo posted by S Adi Firmansyah (@virmansyah) on
Jadi kemarin Drive Test Smartfren 4G LTE di mulai dari Novotel Hotel Solo. Di sana saya langsung mengecek kecepatan jaringan menggunakan aplikasi Android SpeedTest dan hasilnya kecepatan Download hingga 34.43 Mbps, sedangkan Upload 5.96 Mbps. Bahkan ada yang lebih tinggi, yakni sekitar 37 Mbps. Mungkin, jika nanti teman-teman mencobanya di daerah sana dan ternyata hasilnya berbeda (bisa naik bisa turun) itu wajar, karena banyak faktor penyebabnya ketika melakukan pengecekan melalui Aplikasi SpeedTest. Penjelasannya ditunggu di postingan selanjutnya.

Namun, pada dasarnya kecepatan Smartfren 4G LTE di sana masih di atas 10 Mbps untuk Downloadnya.

Drive Test Dilakukan Dengan Mengelilingi Kota Solo

Drive test kemarin di mulai dari Novotel Hotel Solo menuju ke SMA N 2 SURAKARTA. Ketika dalam perjalanan menuju SMAN 2 Surakarta, saya mendapatkan kesimpulan bahwa sinyal 4G LTE Smartfren masih stabil dan full bar. Untuk masalah hasil pengecekan melalui Aplikasi SpeedTest Download sekitar 12 Mbps - 25 Mbps. Terutama ketika berada di Jl. Monginsidi daerah Stasiun Balapan Solo di sana ada yang mendapatkan speed Download lebih rendah, mungkin dikarenakan di sini adalah pusat keramaian (stasiun) dan banyak orang yang mengakses internet, sehingga berpengaruh pada kecepatannya. Hasil ini tentu akan berbeda dengan yang lain, karena faktor pengecekan inilah yang juga mempengaruhi. Apa itu faktor pengaruhnya? Tunggu dipostingan selanjutnya.

Saat berada di SMAN 2 Surakarta, saya mencoba lagi dan kali ini saya berada di ruang seminar SMAN 2 Surakarta. Meskipun di dalam ruangan tertutup, saya berhasil mendapatkan kecepatan Download 15.10 Mbps dan Upload 1.26 Mbps.


Lalu perjalanan Drive Test Smartfren 4G LTE dilanjutkan menuju Jl. Urip Sumoharjo. Jika Anda tahu, di Jl. Urip Sumoharjo ini merupakan pusat bisnis yang cukup ramai. Artinya kegiatan orang menggunakan gadget juga banyak. Namun, saya berhasil mendapatkan kesimpulan di sekitar daerah ini jaringan Smartfren 4G LTE tetap stabil.

Dari Jl. Urip Sumoharjo lalu berbelok ke kiri menuju Jl. Kapten Mulyadi. Di sepanjang Jl. Kapten Mulyadi khususnya dekat Kustati, saya sempat mendapatkan sinyal bar turun. Namun, saya tidak sempat mengukur kecepatan menggunakan SpeedTest. Tapi, berdasarkan hasil speedtest yang dilakukan oleh rekan lain, di daerah masih cukup stabil dalam hal kecepatan yakni masih di atas 10 Mbps.



Perjalanan terus melaju menuju barat, bukan untuk mencari Kitab Suci tetapi menuju Jl. Veteran. Di sepanjang jalan ini, saya sempat menikmati beberapa streaming video HD di YouTube dan hasilnya No Buffering. Bahkan indikator download (warna putih) berjalan cepat. Artinya, di daerah ini Gemblegan dan sekitarnya masih stabil untuk jaringan Smartfren 4G LTE.

Selepas melewati Jl. Veteran, akhirnya kita berbelok ke arah Jl. Bhayangkara menuju ke Soga Resto. Nah, pas di Jl. Veteran ini saya mencoba untuk mengunduh game di PlayStore. Bukan game HD sih, tapi ukurannya cukup besar yakni 30 MB. Waktu yang diperlukan untuk download ini cuma 10 detikan nggak nyampe deh kayaknya. Ini artinya di daerah ini jaringan #Smartfren4GLTE tetap maksimal.



Sesampainya di Soga Resto, saya dan teman beralih memegang sendok dan piring, soalnya pegal juga pegang ponsel terus. Sembari menikmati hidangan sate, sop, dan lain-lain, di sini juga diadakan bincang-bincang terkait hasil Drive Test Smartfren 4G LTE dari Novotel Hotel tadi. Perjalanan berakhir di Soga Resto ini dan kami diantar kembali ke Novotel Hotel Solo.

Kesimpulan

Meskipun saya dan rekan-rekan kemarin belum menyambangi seluruh wilayah dan pelosok Kota Solo, tapi dari sini bisa disimpulkan bahwa jaringan Smartfren 4G LTE di Kota Solo sudah merata. Namun, saya yakin meskipun belum 100% tapi hasil perjalanan kemarin sudah cukup membuktikan bahwa jaringan 4G LTE nya Smartfren ini mampu menjadi solusi bagi warga Solo untuk bisa menikmati jaringan internet yang cepat dan tidak lelet lagi.

Nah, kabar baiknya jika saat ini ada diantara kalian yang memiliki smartphone Andromax yang belum support 4G LTE, bisa ditukarkan di outlet atau gerai Smartfren yang ada di Solo Grand Mall atau di Jl. Adi Sucipto. Katanya dapat penawaran menarik jika ingin menukarkannya. Tapi kalau ingin membeli lagi ya monggo.

Nah, buat yang ingin menikmati jaringan Smartfren 4G LTE ini tanpa harus memiliki smartphone, juga bisa. Caranya dengan membeli modem router dari Smartfren yang namanya MiFi. Ada dua jenis MiFi yakni MiFi Andromax M2P dan Andromax M2Y. Dengan MiFi ini Anda tinggal membeli SIMCARD Smartfren 4G LTE lalu dipasang di MiFi ini. Bisa digunakan untuk 32 user.

Mungkin ini dulu yang bisa saya sampaikan hasil dari Drive Test Smartfren 4G LTE kemarin. Jika ternyata ada rekan-rekan khususnya yang berada di Kota Solo mendapatkan jaringan Smartfren 4G LTE yang buruk, entah itu sinyal bar maupun kecepatannya. Segera informasi ke pihak Smartfren melalui akun twitter @smartfrenworld

Semoga informasi ini bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis via kolom komentar di bawah ini. Terima kasih. #Go4GSolo #GoForIt #Smartfren4GLTE


loading...
Ini Hasil Drive Test Jaringan Smartfren 4G LTE di Solo 4.5 5 S Adi Firmansyah Jumat, 28 Agustus 2015 Drive Test Smartfren 4G LTE di Kota Solo membuah hasil yang maksimal. Hal ini terbukti dari uji test jaringan di sepanjang... Akhirnya kegalauan saya sedikit berkurang karena sudah bisa menikmati jaringan 4G LTE. Sebelumnya, s...
Jumat, 28 Agustus 2015Jumat, Agustus 28, 2015

Ini Hasil Drive Test Jaringan Smartfren 4G LTE di Solo

Drive Test Smartfren 4G LTE di Kota Solo membuah hasil yang maksimal. Hal ini terbukti dari uji test jaringan di sepanjang... 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

13 komentar:

  1. jadi penasaran kepingin ikutan njajal, soalnya yang ada sekarang masih EvDo rev A he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sragen sepertinya sudah ada LTE, namun kalau yang rasa *pelosok kayak tempat saya mungkin belum stabil :D

      Hapus
    2. Kalau untuk wilayah Sukoharjo Kota bagaimana mas?

      Hapus
  2. misi gan klaten yang dah ready bagian mana ya? klo kecepatan untuk wilayah klaten tengah gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek aja di sini gan www.smartfren.com/4g/web/coverage

      Hapus
  3. untuk karanganyar kota sudah ada yang coba belum ya mas, niat mau beli mifi andromaz mumpung promo

    BalasHapus
  4. unt sukoharjo pelosok sdh ada blm mz

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau, belum pernah nyoba sampe sana...

      Hapus
  5. solo baru gimana ? seputaran kampus ATW , kampus yulita

    BalasHapus
  6. Polokarto sukoharjo belom ada sama sekali mohon disegerakan
    Karena daerah pedalaman membutuhkan akses internet

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.