Mudahnya Mendapatkan Koleksi Batik Nusantara

Dikategorikan dalam Budaya

Beruntung kita terlahir dan tinggal di tanah Nusantara ini. Mengapa? Karena bunyak sekali harta karun yang ada di Nusantara ini. Dari Sabang sampai Merauke kita bisa mendapatkan keunikan kekayaan Nusantara di tiap daerah provinsi maupun kabupaten.

Batik Nusantara
Gambar via batikbesurek.com

Mau makanannya, mau adatnya, mau tempat wisatanya, mau orang-orang, semuanya unik dan ini menjadi kekuatan dari Nusantara kita. Jadi, lebih baik kamu ngaca jika saat ini kamu nggak bangga tinggal di Nusantara tercinta ini.

Jika kita lihat dari segi kerajinannya, beuh…koleksinya banyak. Tiap daerah aja memiliki ciri khas yang berbeda. Sebut saja batik, meski sama-sama batik tapi tiap daerah memiliki perbedaannya dan biasanya terletak pada motif maupun bahannya. Sungguh Luar Biasa!

Selain batik juga ada tenun, lurik batik dan masih banyak lagi. Tak heran jika UNESCO mengakuinya sebagai warisan budaya dunia dan ini ada di Nusantara. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Di dukung dengan kreatifitas anak-anak Nusantara, Batik bisa disulap menjadi berbagai bentuk kerajinan dan produk. Sekarang ini tidak hanya pakaian saja yang menggunakan batik, tetapi sudah menjalar ke produk-produk lain seperti sepatu batik, tas batik, dan lain-lain.

Jadi jika kita bangga dengan Nusantara tercinta ini wajib memiliki batik. Mengapa?

  • Batik Sebagai Warisan Budaya. Kita hidup di dunia ini tak bisa lepas dengan yang namanya budaya. Budaya adalah jati diri bangsa, budaya sebagai tempat belajar bukan hanya masa lalu tetapi juga masa yang akan datang.
  • Sebagai Identitas. Ketika kamu bepergian ke luar negeri dengan menggunakan batik, maka akan memunculkan identitas diri sebagai penduduk Nusantara.
  • Melestarikan Budaya. Secara tidak langsung kita tetap menjaga dan melestarikan batik agar tetap eksis. Batik dan Nusantara adalah satu kesatuan yang tak bisa dilepaskan. Bayangkan jika kita sebagai pemilik budaya batik tapi tidak menggunakan batik? Tentu batik pun akan punah.

Untuk itu kita harus memiliki kecintaan terhadap batik, dan itu dibuktikan dengan memilikinya.

Sekali-kali coba beli koleksi batik dari daerah lain, seperti tenun ikat, batik tenun, dll.

Beruntunglah saat ini sudah banyak toko online yang menjajakan koleksi batik dari berbagai daerah di Nusantara. Sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan koleksi batik yang diinginkan.

Tak hanya itu, jika kita memiliki produk kain batik yang unik, juga bisa menjualnya secara online melalui Tokopedia. Sehingga produk batik daerah kita juga bisa dinikmati oleh seluruh orang di Nusantara ini.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Budaya

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *