Mau Nikah? Jangan Lupa Nyiapin Souvenir Pernikahan Yang Berguna

Dikategorikan dalam Gaya Hidup, Tips

Katanya sih nyiapin pre wedding itu bikin pusing. Hmm, apa iya? Biasanya kalau pas menjelang pernikahan itu baik keluarga ataupun calon pasangan pengantin jadi giat mencari souvenir. Ya, sekarang ini souvernir pernikahan memang sudah dianggap hal wajib yang harus ada saat acara resepsi pernikahan.

Souvenir Pernikahan

Nyiapin souvenir pernikahan itupun bikin pusing, katanya. Karena bingung milih souvenir apa yang cocok untuk diberikan.

Kalau aku nyaranin sih, cari souvenir yang emang berguna buat para tamu nantinya. Aku sendiri sering mendapati souvenir yang pada akhirnya hanya untuk pajangan dan tidak bisa bermanfaat untuk tamu undangan. Ini kan sia-sia? 

Bukannya lebih baik mencari souvenir pernikahan yang bisa berguna? Yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari? Sehingga apa yang diberikan tidak hanya berkesan namun juga berguna.

Tapi sebenarnya souvenir pernikahan itu penting nggak sih? Gimana nyiapinnya?

Kalau masalah penting nggak penting, itu sih tergantung dari pribadi masing-masing ya. Dan yang utamanya adalah ada budget atau tidak. Kalau tidak punya budget ya tidak perlu dipaksain harus pakai souvenir pernikahan. Tidak perlu gengsi dan malu jika tidak memberikan souvenir.

Namun, dengan memberikan souvenir itu bisa sebagai :

1. Bentuk Ucapan Terima Kasih
Kita sebagai pemilik acara yang telah mengundang sanak saudara rekan dan sahabat, tidak bisa memberikan ucapan terima kasih yang lebih atas kedatangannya di acara pernikahan kita. Akan tetapi sebagai simbolis bentuk ucapan rasa terima kasih dan kasih sayang, souvenir pernikahan bisa mewakili rasa itu.

2. Sebagai Kenang-Kenangan
Selain sebagai rasa terima kasih, souvenir pernikahan juga bisa digunakan sebagai kenang-kenangan kepada para tamu undangan. Terlebih jika Anda mengundang rekan yang lama tak bertemu atau sahabat kecil Anda, atau mungkin mantan Anda, hehe, tentu itu akan sangat berkesan.

Sayangnya, saat ini memberikan souvenir pernikahan hanya sebatas sebagai bentuk gengsi saja.

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,

“Hendaknya kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, lihat Shahihul Jami’ [3004] dan Al Irwa’ [1601])

Lalu gimana mempersiapkan souvenir pernikahan? Ada 3 Poin Penting yang harus kamu ketahui.

1. Lihat Dulu Budgetnya
Ya, yang paling penting adalah budget yang dimiliki. Kamu punya budget berapa untuk anggaran souvenir pernikahan ini. Jika anggaran tak terbatas, syukurlah :p Berarti kamu bisa mencari souvenir dengan bebas.

2. Berapa Jumlah Tamu Undangan
Cek dan ricek jumlah tamu undangan. Dengan mengetahui jumlah tamu undangan, kamu bisa menghitung anggaran souvenir per orangnya. Tinggal hitung budget yang dimiliki dibagi jumlah tamu undangan.

3. Cari Souvenir Pernikahan Yang Sesuai
Kalau sudah ketemu anggarannya, tinggal cari souvenir yang sesuai dengan biaya yang dimiliki. Jangan khawatir, cari saja Souvenir Pernikahan di Tokopedia. Di sana yang jual banyak dan beraneka ragam harga tentunya. Selain itu kamu juga berpotensi mendapatkan souvenir yang unik dari daerah lain. Sehingga membuat lebih berkesan.

Jadi itu yang perlu kamu perhatikan ketika akan mempersiapkan pernikahan, terutama untuk masalah souvenir pernikahan. Sekali lagi, carilah souvenir yang tidak hanya berkesan tetapi juga memberikan manfaat untuk para tamu undangan. 🙂

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *