Cara Mengatasi Sinyal Modem Yang Tidak Stabil

Dikategorikan dalam Teknologi, Internet
Sinyal Modem Lemot

Saya itu paling sebel kalau waktu kerja tiba-tiba jaringan lemot yang diakibatkan karena sinyal tidak stabil. Ya maklumlah, soalnya lokasi saya berada di desa yang hanya bisa mengandalkan internet dari provider seluler. Sebenarnya sudah terjangkau oleh jaringan yang bagus (HSDPA) tapi kadang entah kenapa sinyal naik turun.

Saat ini saya memakai provider 3 (Three) sebagai koneksi internet saya sehari-hari. Alasan memakai 3 adalah karena biaya kuota internetnya tergolong murah dibanding yang lainnya. Tapi sayang, sinyal 3 belum maksimal sehingga sering naik turun tidak stabil.

Gangguan teknis seperti ini kadang membuat saya jenuh juga, apalagi kalau sudah memasuki jam 15.00 ke atas.

Sinyal Modem Lemot

Nah, kalau temen-temen juga ada yang mengalami masalah seperti ini, lebih baik menggunakan beberapa cara yang berikut ini.

1. Menaruh Modem Di Tempat Yang Lebih Tinggi

Biasanya pengaruh sinyal modem yang buruk dikarenakan posisi modem itu sendiri tidak ditempat yang terbuka atau yang memang dijangkau oleh sinyal. Di kamar yang tertutup kadang itu juga membuat sinyal menjadi buruk. Untuk itu, taruhlah modem di posisi yang lebih tinggi, atau di luar ruangan. Caranya dengan menambahkan kabel USB Ekstention. Tapi pastikan memakai kabel USB yang bagus agar powernya juga kuat.

2. Mengganti Modem Yang Lebih Bagus

Bisa jadi kekuatan sinyal yang didapatkan lemah disebabkan karena modem memiliki kecepatan atau kualitas yang jelek. Kita bisa mencoba mengganti modem yang sudah bisa menjangkau jaringan LTE.

3. Memasang Antena Penguat Sinyal

Dengan memasang Antena Penguat Sinyal, maka sinyal yang didapatkan lebih stabil dan meningkat. Saat ini telah banyak model Antena penguat sinyal. Ada penguat sinyal indoor dan juga outdoor. Kita bisa memilih sesuai kondisi dan kebutuhan.

Tapi sebelum memakai beberapa cara di atas, perlu kita sadari dulu bahwa kadang sinyal tidak stabil memang dikarenakan dari pihak provider. Misalnya, kurangnya dukungan tower BTS di daerah kita, sehingga jangkauan sinyal sedikit.

Bisa juga di daerah kita terhalangi oleh benda atau alat yang memang membatasi sinyal masuk.

Jadi pastikan dulu daerah kita memang sudah tercoverage jaringan yang paling bagus. Misalnya sudah tercover jaringan 4G LTE tapi sinyal tidak stabil, maka bisa menggunakan alat penguat sinyal dan lainnya. Karena bisa jadi itu dipengaruhi oleh faktor bangunan dan lain-lain.

Baca Artikel Lainnya :

2 komentar

  1. sama nih

    saya juga make tri memang suka gitu
    paling parah kalau udah jam 7… lelet banget

    btw, saya baru tahu yang penguat sinyal itu

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *