Waspada Download Aplikasi Di Play Store, Gratis Tapi Bahaya!

Dikategorikan dalam Android
Aplikasi Android Play Store

Semua sudah tahu kalau download aplikasi di Play Store itu selain ada yang berbayar juga ada yang gratis. Tapi, dibalik gratis itu, ada bahaya yang mengancam para pengguna gadget bersistem operasi Android.

Sayangnya belum banyak yang mengetahui tentang bahaya ini. Karena bagi pengguna awam, yang ia tahu hanya download di Play Store itu gratis. Dalam postingan kali ini aku ingin memberi tahu kepada kamu semua buat yang belum tahu tentang bahaya ini.

Karena bahaya ini menyangkut privasi kamu. Gadget Android kamu yang sering terkoneksi internet berpeluang untuk dicuri data-data privasi kamu. Dan itu bisa disebabkan karena kesalahan download aplikasi di Play Store.

Fakta ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh ESET. Seperti yang dilansir dari Okezone Techno, Kamis (28/5), pihak ESET telah mengungkapkan ada sekitar 2,8 juta pengguna Android yang sudah mengunduh aplikasi berbahaya Minecraft.

Selain aplikasi Minecraft yang mengandung program jahat, ternyata ada 33 aplikasi berbahaya yang tersebar di Play Store.

Tentu sebagai orang awam, tidak bisa mengetahui bagaimana ciri-cirinya aplikasi yang berbahaya ini. Namun, jika telah diunduh dan dijalankan biasanya akan muncul notifikasi aneh yang mengatakan smartphone kita telah terinfeksi virus sehingga mengharuskan kita untuk mengunduh aplikasi tertentu.

Jika kamu mendapatkan notifikasi seperti ini, hiraukan saja. Segera tutup jendela informasi tersebut dan menghapus aplikasinya. Jangan pernah mengikuti apa yang diperintahkan pada notifikasi tersebut. Karena bisa jadi itu adalah perintah untuk mengunduh program berbahaya lain.

Baca juga : Tips Mempercepat Kinerja Android Dengan Clean Master

Beberapa kasus ada yang diminta untuk mengunduh aplikasi SMS Premium untuk bisa menghapus virus tersebut. Lantas aplikasi SMS Premium itu akan menyedot pulsa kamu. Itu salah satu kasus terjadi dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti keamanan ESET.

Jadi pastikan menggunakan gadget Android kamu secara aman. Tidak perlu mengunduh aplikasi yang aneh-aneh. Kalau sudah terlanjur mengunduh aplikasi yang ternyata memiliki program berbahaya, pastikan untuk segera menghapusnya. Meskipun sistem operasi Android itu ada yang mengatakan aman dan bebas dari virus, tapi justru melalui aplikasi-aplikasi yang tersebar di Play Store itulah virus atau program jahat di tanam untuk disebar ke perangkat Android. Dampaknya pun berbeda-beda. Yang terpenting tetaplah waspada menggunakan perangkat Android.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Android

Baca Artikel Lainnya :

1 komentar

  1. Wah baru tau kalau aplikasi minecraft itu bahaya.

    Sekarang jadi lebih berhati-hati lagi nih mendownload aplikasi gratis yang ada di Google Play Store. Nice info ^^

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *