Supaya Hari Mu Di Bulan Puasa Tetap Sehat dan Semangat

Dikategorikan dalam Gaya Hidup

Alhamdulillah yah, sekarang sudah masuk hari pertama Puasa Ramadhan 🙂 Tentu sebagai seorang muslim, kita sangat menunggu momen indah penuh berkah ini. Ya yang jelas di bulan ini kita bisa banyak belajar menjadi pribadi yang lebih baik, lebih sabar, dan lebih sehat tentunya.

Tips Agar Puasa Tetap Semangat

Dari yang semula tiap jam doyan ngemil dan makan, sekarang satu bulan ini kita di uji supaya menahan nafsu tersebut. Sehingga secara tidak langsung di berdampak pada kesehatan kita. Owh ya, meskipun di bulan puasa ini makan cuma pas waktu buka sama sahur tapi beberapa pengalaman yang ada berat badan malah bisa naik lho. Inilah berkah ramadhan 🙂

Nah, buat kamu yang doyan ngemil di hari-hari biasa, tentunya ini menjadi tantangan tersendiri. Kamu harus ekstra sabar dan menahan diri agar tetap sehat serta semangat.

Tapi tak apa, ini adalah momen yang bagus untuk merubah kebiasaan buruk kamu itu yang doyan ngemil. Hhehe. Jadi, jangan sia-siakan momen indah ini. Supaya kamu lebih maksimal dalam merubah kebiasaan itu, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Bangun Sahur Lebih Awal

Aku itu paling nggak suka kalau bangun tidur langsung makan. Soalnya emang rasanya nggak enak gitu lagian jadi kurang bisa nikmatin makanan. Kalau kamu juga seperti itu, aku saranin bangun sahur lebih awal. Misalnya Imsak pukul 04.16 WIB, kamu bangun pukul 03.30 WIB, itu maksimal lho ya. Terus kamu cuci muka dulu, setelah itu santai dulu 10-15 menit. Yang penting jangan langsung makan. Nah, kalau nyawa udah terkumpul, hehe, kamu bisa mulai ambil makan sahur.

2. Makan Sahur Yang Komplit

Hhm, komplit gimana nih? Maksudnya kamu kalau sahur menunya usahakan komplit, ada proteinnya, karbohidrat, dll. Kalau diimplementasikan ya hampir mirip sama 4 Sehat 5 Sempurna. Karena agar kamu bisa mendapatkan gizi yang terpenuhi untuk satu hari. Dan yang penting, tidak perlu makan terlalu banyak. Sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Makanlah yang cukup dan itu tadi, harus komplit.

3. Minum Madu

Aku doyan madu nih, soalnya madu itu emang banyak banget manfaatnya. Nah, kalau kamu abis makan sahur, kamu bisa minum madu satu sendok makan saja. Kalau aku enggak suka minum teh kalau abis makan, jadi minumnya air putih yang banyak. Gulanya diganti pakai madu itu.

4. Jangan Banyak Bengong

Nah kalau pas siang nih, kamu jangan banyak bengong. Selain bisa kesambet setan 😀 kamu juga bakal merasa perut kamu tiba-tiba lapar 😀 Mungkin itu karena tipu daya setan. Hee, pokoknya cari aktifitas, misalnya ngeblog, hehee. Dengan banyak aktifitas kamu justru akan lebih menikmati puasa kamu. Beda kalau kamu banyak bengong, malas-malasan. Yang ada kerjaannya cuma liatin jam, ngitung detikan kapan buka puasa 😀

5. Buka Puasa Pakai Yang Manis-Manis

Selain kamu bisa ngelihat foto aku yang manis, hahaha, kamu juga bisa konsumsi makanan atau minuman yang manis. Nah, disarankan makan buah kurma kalau pas buka puasa.

Buka Puasa Dengan Buah Kurma

Tenang, buah kurma nggak mahal kok, kamu bisa cek di Tokopedia disana banyak yang jual dengan berbagai jenis dan harga. Terus, jangan langsung makan berat ya. Abis buka langsung makan berat itu bikin perutmu nggak enak. Buka puasa cukup minum dan makan makanan yang ringan dulu. Setelah itu sholat maghrib, nah abis sholat boleh deh makan berat.

Jadi yang penting di bulan puasa ini adalah bulan penuh keberkahan. Sekarang tinggal bagaimana kita bisa menjalankannya dengan maksimal dalam waktu yang hanya satu bulan ini. Jangan disia-siakan dan tetap bikin badanmu sehat bersemangat.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Gaya Hidup

Baca Artikel Lainnya :

1 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *