#Blogging for Human

Minggu, 28 Juni 2015

Pentingkah Merubah URL Wordpress Login?

Jika saat ini memakai CMS Wordpress sebagai engine website kamu, pasti url login yang digunakan adalah domainkamu.com/wp-login.php atau bisa juga domainkamu.com/wp-admin. Ya, karena itu sudah menjadi alamat default Wordpress Login.

Nah, yang menjadi topik kali ini adalah seberapa penting sih merubah URL Wordpress Login?

WordPress Login Page


Perlu kita ketahui kalau CMS WordPress ini sudah digunakan oleh jutaan website dan bisa diunduh secara bebas. Dari segi kode program pun sangat bebas untuk dimodifikasi penggunanya. Itu artinya CMS WordPress yang sangat powerfull ini juga memiliki lubang keamanan yang begitu besar. Karena pastinya di luar sana sudah ada pihak-pihak yang memang dengan sengaja mencoba menbobol sistem keamanan dari CMS WordPress ini.

Meskipun pihak pengembang WordPress rutin dalam pengembangkan dan mengupdate CMS ini, tetap saja peluang celah keamanan itu masih terbuka lebar. Sehingga kita sebagai pengguna WordPress tetap saja akan selalu dihantui bobolnya keamanan website yang kita bangun menggunakan CMS WordPress ini.

Aku bukan orang yang paham soal keamanan website, namun berdasarkan dari pengalaman yang dulu sering dibobol, kini mulai memperhatikan celah-celah mana saja yang seharusnya ditutup. Ya, meskipun dengan menutup celah itu tetap saja ada celah kosong tetapi paling tidak sudah mengantisipasinya.

Sesuai dengan topik kali ini, aku katakan sangat penting untuk merubah URL WordPress Login. Ya, meskipun pada akhirnya nanti masih ada Username & Password yang harus diisi tapi paling tidak dengan menutup gerbang utama ini maka pihak yang tidak bertanggung jawab sulit menemukan pintu masuknya.

(Baca juga: Pengertian CMS dan Macam-Macamnya)

Merubah URL Wordpress Login sangat penting terlebih jika kita menggunakan Username dan Password yang lemah. Peluang untuk ditebak oleh mesin jahat sangat besar jika username dan password sangat lemah. Untuk itu akan lebih baik jika segera merubah URL Login default CMS Wordpress menjadi sesuai keinginan kita.

Misalnya dirubah menjadi domainkamu.com/ayomasuk18836

Sepele sih, tapi bagi aku ini penting. Kalau kamu pengen merubah URL Wordpress Login kamu, aku saranin pakai tambahan plugin yang bernama All In One WP Security. Karena plugin ini selain ada fitur untuk merubah URL Login page Wordpress, juga ada fitur keamanan lain seperti Filesystem Security, Brute Force, Firewall dan lain-lain.

Untuk merubah URL WordPress Login ini berada di bagian Brute Force.

Apa salahnya jika mengamankan CMS WordPress kita dengan cara-cara yang sederhana ini. Semoga bermanfaat.


loading...
Pentingkah Merubah URL Wordpress Login? 4.5 5 S Adi Firmansyah Minggu, 28 Juni 2015 Merubah URL Wordpress Login penting nggak sih? Mengingat URL Login page Wordpress sudah banyak yang tau... Jika saat ini memakai CMS Wordpress sebagai engine website kamu, pasti url login yang digunakan adal...
Minggu, 28 Juni 2015Minggu, Juni 28, 2015

Pentingkah Merubah URL Wordpress Login?

Merubah URL Wordpress Login penting nggak sih? Mengingat URL Login page Wordpress sudah banyak yang tau... 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.