#Blogging for Human

Selasa, 26 Mei 2015

Gigi Anda Ngilu? Ini Dia Penyebabnya Gigi Ngilu

Bersyukurlah jika kita memiliki panca indra yang sempurna. Dengan panca indra yang sempurna, kita pun bisa merasakan nikmatnya suguhan dunia. Namun, kita tidak boleh terlena begitu saja. Ada kewajiban yang perlu kita lakukan, salah satunya tanggung jawab untuk merawatnya. Ya, meskipun kita sudah dikaruniai panca indra yang sempurna sejak lahir, tapi jika semasa hidup tidak kita jaga dan rawat justru akan berdampak buruk bagi kesehatan panca indra yang kita miliki.
Penyebab Ngilu Gigi
Ilustrasi via udoctor.co.id


Salah satunya adalah indra perasa. Lidah dan beberapa bagian tubuh disekitar mulut perlu kita jaga, karena di area ini banyak sekali jaringan-jaringan syaraf yang langsung berhubungan dengan otak. Biasanya yang sering menjadi masalah adalah gigi.

Gigi yang notabene bekerja setiap hari terkadang jarang untuk dijaga dan dirawat. Alhasil, timbulah gigi berulang, dan sakit gigi ngilu yang amat sangat. Bahkan karena sakitnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Saya pun pernah mengalaminya, dan sakitnya ngilu sekali. Ternyata bukan di giginya tapi pada gusi yang bengkak. Gigi ngilu tidak hanya dirasakan ketika gigi tersebut sakit, tetapi kadang ketika kita makan makanan yang panas atau minuman dingin, gigi pun terasa ngilu.

Nah, bagi Anda yang pernah mengalami gigi ngilu, atau yang belum pernah mengalami sebaiknya mengetahui apa penyebab gigi ngilu itu. Agar nantinya bisa mencegah dan merawat gigi dengan baik dan benar.

Menurut drg. Sarah Andini MARS, *Sp.Ort dari Udoctor.co.id, gigi ngilu atau bisa disebut gigi sensitive diakibatkan oleh kondisi saraf gigi terbuka. Hal ini bisa disebabkan karena gusi memang sudah turun atau adanya penipisan lapisan email pada gigi.

Penurunan gusi ini adalah kondisi alamiah karena faktor penuaan. Sehingga tak jarang orang yang semakin tua merasa giginya bertambah lebih besar, padahal itu diakibatkan karena penurunan gusi.

Mengapa terjadi penurunan gusi? Hal tersebut disebabkan karena leher gigi terbuka dan mendekati saraf gusi, sehingga ini lah yang menyebabkan rasa ngilu.

Selain faktor penuaan, ternyata penurunan gusi juga bisa diakibatkan oleh kecerobohan kita sendiri, seperti ketika menggunakan tusuk gigi dan cara menyikat gigi yang tidak benar. Sehingga menyebabkan struktur gusi akan mengalami penurunan. Untuk itu, sebaiknya kurangi aktivitas membersihkan sisi makanan yang kadang nyelip di gigi menggunakan tusuk gigi.

Lalu pakai apa dong?

Solusinya bisa menggunakan dental floss (benang gigi) yang bisa membersihkan sisi makanan di gigi.

Kalau untuk gigi yang sudah berlubang, ngilu pada gigi itu biasanya diakibatkan oleh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang yang aktifitasnya sudah masuk pada lapisan dentin gigi.

Untuk mengatasi gigi ngilu Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitive. Jadi, kalau pakai pasta gigi sebaiknya jangan hanya sekedar termakan iklan di tv. Tapi sesuaikannya dengan kondisi gigi. Jika masih ragu, konsultasikan kepada dokter gigi. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali agar gigi lebih terawat.


loading...
Gigi Anda Ngilu? Ini Dia Penyebabnya Gigi Ngilu 4.5 5 S Adi Firmansyah Selasa, 26 Mei 2015 Pernahkah Anda mengalami gigi ngilu? Takukah Anda penyebab gigi ngilu itu? Simak artikel berikut Bersyukurlah jika kita memiliki panca indra yang sempurna. Dengan panca indra yang sempurna, kita pu...
Selasa, 26 Mei 2015Selasa, Mei 26, 2015

Gigi Anda Ngilu? Ini Dia Penyebabnya Gigi Ngilu

Pernahkah Anda mengalami gigi ngilu? Takukah Anda penyebab gigi ngilu itu? Simak artikel berikut 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.