Pilih WhatsApp atau Telegram? Yuk Simak Dulu Kelebihannya

Dikategorikan dalam Teknologi

Aplikasi instant messaging saat ini memang sudah menjamur dan sudah menjadi kebiasaan pengguna telepon seluler untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tak heran jika peran Short Message Service (SMS) sekarang mulai tergantikan dengan berbagai layanan instant messaging yang tinggal diinstall di ponsel ini.

Saya sendiri merasakan dampaknya, pernah suatu ketika saya sms dengan kawan saya, tak lama kawan saya membalasnya dengan menanyakan ID instant messaging yang saya miliki. Intinya dengan memakai instant messaging bisa lebih irit daripada komunikasi lewat SMS. 😀

Nah, sekarang ini IM yang banyak digunakan itu WhatsApp dan BBM. Saya sendiri memiliki beberapa IM di ponsel saya, yaitu WhatsApp, BBM, Line, dan Telegram.

Pilih WhatsApp atau Telegram? Yuk Simak Dulu Kelebihannya
Image (c) thefusejoplin.com

Nah, Telegram ini belum lama sih saya install dan saat ini juga jarang banget ada yang komunikasi dengan saya melalui Telegram. Padahal saya rasa Telegram ini lebih ringan dibanding BBM. Kalau secara interface hampir mirip WhatsApp.

Ya, WhatsApp dan Telegram memang hampir saya dari segi interface maupun beberapa fiturnya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan antara WhatsApp dengan Telegram.

WhatsApp dulu ya,

WhatsApp
  • Fitur Chat Group, sehingga kita bisa membuat ruang percakapan bersama dengan teman-teman kita dalam sebuah grup yang sama.
  • Broadcast, layaknya BlackBerry Messenger, WhatsApp juga punya fitur broadcast yang bisa digunakan untuk mengirim pesan langsung ke banyak pengguna.
  • Status, Fitur status ini bisa dirubah-rubah sesuai dengan kesukaan kita.
  • WhatsApp Web, ini fitur terbaru WhatsApp yang mana kita membuka percakapan WhatsApp kita di komputer melalui website. Jadi, tinggal membuka browser dan mengetik alamat http://web.whatsapp.com, sehingga tidak perlu install aplikasi.
  • Bisa mengirim file (Gambar, Audio,Video, vCard, Location)  

Sekarang Telegram, 

Telegram%2BApps
  • Fitur Chat Group, Telegram juga memiliki fitur chat group yang memungkinkan kita bisa membuat sebuah grup percakapan dengan teman-teman kita.
  • Secret Chat, fitur ini hanya ada di Telegram, fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan chat secara aman dan rahasia dengan pengguna lain.
  • Broadcast Chat, sama dengan WhatsApp, Telegram juga memiliki fitur Broadcast yang dibatasi hanya 100 penerima saja.
  • Multi Platform, yang saya suka dari Telegram adalah bisa digunakan disemua platform OS. Bisa juga dibuka melalui Web (http://web.telegram.org), bisa juga diinstall di Mac OS X, di PC/Mac/Linux, dan juga bisa di ponsel Android, iPhone/iPad maupun Windows Phone.
  •  Bisa mengirim segala macam file.

Overall, sebenarnya saya lebih menyukai menggunakan Telegram dibanding WhatsApp, namun dikarenakan banyaknya teman-teman saya yang menggunakan WhatsApp, akhirnya ya sering menggunakan WhatsApp. Jadi kalau kamu, Pilih WhatsApp atau Telegram ?

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Teknologi

Baca Artikel Lainnya :

5 komentar

  1. Semoga sukses yaaa telegran messanger,gua yakin lu number 1 soalnya line@ akan prabayar.. gua dukung lo telegram

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *